Saturday , October 24 2020

Ekonomi sisi Penawaran (Supply-side economics) adalah

Supply-side Economics

Ekonomi sisi penawaran adalah teori makroekonomi yang berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi dapat tercipta secara efektif dengan menurunkan pajak dan mengurangi peraturan.

Menurut ekonomi sisi penawaran, konsumen kemudian akan mendapatkan keuntungan dari pasokan barang dan jasa yang lebih besar dengan harga lebih rendah, dan lapangan kerja akan meningkat. Ini dimulai oleh ekonom Robert Mundell selama pemerintahan Ronald Reagan.

Kurva Laffer adalah salah satu konstruksi teoritis utama dari ekonomi sisi penawaran, gagasan bahwa tarif pajak yang lebih rendah benar-benar akan mendorong pendapatan pemerintah karena pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Matematika dasar menyatakan bahwa memotong tingkat pajak dalam setengahnya akan memerlukan ekonomi dua kali ukuran untuk menghasilkan jumlah pendapatan pajak yang sama.

Istilah ekonomi sisi penawaran diperkirakan telah diciptakan oleh wartawan Jude Wanniski pada tahun 1975, namun menurut Robert D. Atkinson, istilah “sisi penawaran” pertama kali digunakan pada tahun 1976 oleh Herbert Stein, mantan penasihat ekonomi untuk Presiden Nixon, dan baru kemudian tahun itu adalah istilah yang diulang oleh Jude Wanniski. Penggunaannya berkonotasi dengan gagasan ekonom Robert Mundell dan Arthur Laffer. Lainnya lebih menyukai istilah trickle-down economics.

About Bas