Wednesday , October 21 2020

Ekonomi Mapan (Steady-state Economy) adalah

Steady-state Economy

Perekonomian mapan adalah ekonomi yang terdiri dari persediaan kekayaan fisik (modal) konstan dan ukuran populasi konstan. Akibatnya, ekonomi semacam itu tidak tumbuh. Istilah ini biasanya mengacu pada ekonomi nasional suatu negara tertentu, namun juga berlaku untuk sistem ekonomi suatu kota, wilayah, atau seluruh dunia.

Di awal sejarah pemikiran ekonomi, ekonom klasik Adam Smith dari abad ke-18 berteori tentang konsep keadaan stasioner ekonomi. Smith menduga bahwa ekonomi nasional manapun di dunia akan cepat atau lambat dalam keadaan akhir dari stasioneritas.

Sejak tahun 1970an, konsep ekonomi mapan telah dikaitkan terutama dengan karya ekonom ekologis terkemuka Herman Daly. Karena konsep Daly tentang keadaan mapan mencakup analisis ekologis tentang sumber daya alam yang mengalir melalui ekonomi, konsepnya berbeda dari konsep klasik asli negara diam. Satu perbedaan lainnya adalah Daly merekomendasikan tindakan politik segera untuk membangun ekonomi keadaan mapan dengan memberlakukan pembatasan pemerintah secara permanen terhadap semua penggunaan sumber daya, sementara para ekonom periode klasik percaya bahwa keadaan stasioner akhir dari setiap ekonomi akan diselesaikan dengan sendirinya tanpa intervensi pemerintah.

Perekonomian mapan tidak menjadi bingung dengan stagnasi ekonomi: Padahal ekonomi negara mapan ditetapkan sebagai hasil tindakan politik yang disengaja, stagnasi ekonomi adalah kegagalan ekonomi yang tak terduga dan tak diinginkan.

Permasalahan ekologi di dunia telah membawa minat meluas pada konsep ekonomi mapan. Kritik terhadap ekonomi keadaan mapan biasanya menolaknya dengan mengatakan bahwa decoupling sumber daya, pengembangan teknologi, dan mekanisme mekanisme pasar yang tidak terkendali sepenuhnya mampu mengatasi kelangkaan sumber daya apapun, polusi yang merajalela atau populasi berlebih yang pernah dihadapi di Bumi. Para pendukung ekonomi steady-state, di sisi lain, membantah bahwa keberatan ini tetap tidak penting dan salah – dan bahwa kasus untuk ekonomi steady-state mulai meningkat setiap hari.

About Bas