Saturday , October 24 2020

Efek Janji yang Tidak Ditepati Orang Tua

Prof. Dr. Seto Mulyadi atau lebih populer dengan nama Kak Seto dalam bukunya Membantu Anak Balita mengelola Amarahnya menjelaskan tentang efek janji yang tidak ditepati orang tua dan cara mengelolanya, marilah kita simak uraiannya.

Semua orang tua tentu ingin anaknya bahagia. Salah satu caranya adalah dengan menjanjikan suatu hal kepada mereka. Anak pasti merasa senang jika orangtuanya berjanji akan memberinya hadiah atau mengajaknya ke taman hiburan. Membayangkan senangnya mendapat hadiah atau asyiknya berjalan-jalan membuat anak menanti-nantikan janji itu dengan sepenuh hati. Ketika orang tua berjanji kepada anaknya yang berusia tiga tahun untuk pergi ke Taman Safari minggu depan, sejak hari itu juga si anak mulai membayangkan apa yang akan ia lakukan di Taman Safari. Kemungkinan ia terus menerus membayangkan akan melihat gajah, harimau, dan hewan-hewan lainnya, merasakan udara sejuk dan pohon-pohon yang rindang. Hal itu akan membuat harapan si kecil semakin hari semakin kuat untuk segera pergi ke Taman Safari.

Hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam berjanji adalah dapatkah kita menepati janji ? Salah satu akibat dari janji yang tidak ditepati adalah munculnya kemarahan pada anak. Kemarahan anak tidak boleh dianggap sebagai perkara yang mudah karena dapat mengakibatkan pengaruh yang buruk pada hubungan anak dan orang tua.

1. Berkurangnya Kepercayaan Anak Kepada Orang Tua

Rasa saling percaya adalah hal yang penting dalam membangun hubungan yang harmonis antara anak dan orang tua. Anak pun mempunyai kemampuan untuk menilai apakah orangtuanya dapat dipercaya atau tidak. Jika kita tidak menepati janji, buah hati kita akan merasa bahwa kita bukanlah orang yang dapat dipercaya. Hal ini membuat kepercayaannya pada kita semakin berkurang. Terlebih lagi jika kita berkali-kali mengingkari janji, anak mungkin tidak akan mempercayai kita lagi.

2. Berkurangnya Wibawa Orang Tua Dihadapan Anak

Mengingkari janji dapat membuat anak-anak kurang menghormati kita. Mengingkari janji juga menunjukkan bahwa orang tua melanggar apa yang selama ini diajarkan kepada anak, yaitu agar selalu menepati janji.

3. Anak Bersikap Masa Bodoh Dengan Aturan Yang Telah Disepakati

Kemarahan pada diri anak akibat kita ingkar janji membuat ia merasa memperoleh legitimasi untuk dengan sengaja melanggar aturan yang telah dibuat. Selanjutnya anak pun akan berdalih dengan memberi alasan yang dikaitkan dengan kelalaian kita dalam menepati janji.

 

Solusi

1. Mengakui Ketika Kita Gagal Menepati Janji

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengakui kesalahan karena kita gagal menepati janji. Pengakuan kita tidak hanya bertujuan untuk meredakan amarahnya, tetapi juga untuk memberikan contoh dan mengajarkan kepda anak untuk bertanggung jawab atas segala tindakan , baik tindakan yang benar, maupun yang salah. Tak perlu malu mengakui kesalahan kita kepada anak. Justru kita tengah mendidik anak untuk menghadapi kenyataan bahwa siapa saja dapat melakukan kesalahan termasuk orangtuanya.

2. Berikan Penjelasan Kepada Anak Bahwa Kita Tidak Mampu Menepati Janji

Hal berikutnya yang dapat kita lakukan adalah memberikan penjelasan kepada anak mengenai alasan kita mengingkari janji. Dalam memberikan penjelasan kita harus bersikap jujur dan jangan mencari-cari alasan agar kesalahan kita dimaklumi anak.

3. Meminta Maaf Kepada Anak

Jangan sungkan meminta maaf kepada anak atas tindakan kita, serta lakukan dengan tulus dan bersungguh-sungguh. Kata maaf akan memperkuat ikatan batin antara orang tua dan anak, bahkan anak akan merasa dihargai, sehingga penghargaannya kepada kita meningkat.

4. Meminta Anak Untuk Mengutarakan Perasaannya

Mintalah anak mengutarakan perasaannya kepada perbuatan kita. Kadang anak tidak menunjukkan perasan yang sebenarnya karena takut dimarahi orangtuanya. Berilah dorongan kepada anak untuk mengekspresikan perasaannya. Yakinkan bahwa kita dapat menerima apapun yang dia utarakan.

5. Bersedia Menerima Segala Konsekuensi

Bicarakan konsekuensi yang akan kita lakukan atas kelalaian kita dalam menepati janji. Diskusikan mengenai kemungkinan yang dapat diberikan. Misalnya, besok kita akan pergi ke Taman Safari seperti yang ia minta.

About Bas