Sumba Tengah adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di Pulau Sumba.

Di Kabupaten Sumba Tengah ada apa saja?

 

Bandara (Bandar Udara)

Belum Punya.

 

Pantai

1. Pantai Mamboro

2. Pantai Lenang

3. Pantai Waiurang

4. Pantai Pahar

5. Pantai Kapulit

6. Pantai Tarapa

7. Pantai Konda Maloba

 

Air Terjun

  1. Air Terjun Praikalala, berlokasi di Desa Watu Asa, Kecamatan Mamboro, sekitar 20 km dari pusat kota Waibakul.
  2. Air Terjun Wakaipori, berlokasi di Desa Mara Desa, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, sekitar 30 km dari pusat kota Waibakul.
  3. Air Terjun Harangi, berlokasi di Desa Wangga Waiyengu, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, sekitar 15 km dari pusat kota Waibakul.
  4. Air Terjun Mbola, berlokasi di Desa Wangga Waiyengu, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, sekitar 9 km dari pusat kota Waibakul.
  5. Air Terjun Matayangu, berlokasi di Desa Manurara, Kecamatan katikutana Selatan, sekitar 25 km dari pusat kota Waibakul.
  6. Air Terjun Prai Alala, berlokasi di Desa Bulu Bokat, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, sekitar 35 km dari pusat kota Waibakul.
  7. Air Terjun Harunda.

 

Taman Nasional

1. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru (TNMT).

  • Luas: 879 km².
  • 118 jenis tumbuhan.
  • 87 jenis burung.
  • 57 jenis kupu-kupu.
  • 0 – 918 Mdpl.

 

Kampung Adat

1. Kampung Adat Pasunga

2. Kampung Adat Wawarongu

 

Budaya

1. Tari Kataga

Sebuah tarian representatif dari perang antar-suku yang dahulu marak di Pulau Sumba. Kini Tari Kataga lebih sering ditampilkan untuk menyambut tamu atau dalam acara adat.

2. Pawolung Manu: Ritual sebagai ungkapan syukur yang di perlambangkan dengan 2 ekor ayam jantan yang di adu sebagai pertanda hasil panen di darat maupun di laut berhasil atau gagal. Biasanya dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Wendewa Selatan, Kecamatan Mamboro.

3. Tauna Usu Manua: Ritual yang menunjukkan kekerabatan Manusia dan Hewan (Ayam Hutan ) lewat mantra / mistik untuk memanggil dan memberi makan di telapak tangan manusia di rumah adat khusus. Biasanya dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Wendewa Selatan, Kecamatan Mamboro.

4. Purung Ta Kadonga Ratu: Ritual sebagai ungkapan syukur untuk mengetahui musim tanam pada tahun berjalan, berhasil atau gagalnya panen di Kabupaten Sumba Tengah. Melalui tahapan adat yang di tandai simbol adat lewat peragaan Upacara adat Purung Takadonga Ratu dengan menggunakan tombak budaya yang di sebut Loda Pari dan Mehang Karaga. Biasanya dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Makata Keri, Kecamatan Katikutana.

5. Purung Ta Liangu Marapu: Ritual sebagai Ungkapan yang di perlambangkan dengan Batu atau Emas yang akan mendatangkan Murkah atau Berkah pada hasil – hasil panen yang akan datang. Biasanya dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Umbu Pabal, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat yang diadakan setiap tahunnya pada bulan Oktober.

Sumber: wisata.nttprov.go.id