Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Ngada NTT

Saat di Nusa Tenggara Timur jangan lewatkan Kabupaten Ngada untuk berwisata. Di tengah-tengah Pulau Flores ada Kota Bajawa yang mana sebagai ibukota dari Kabupaten Ngada itu sendiri. Wisata alam yang begitu menakjubkan di Ngada ini mungkin tidak akan bisa Anda temui di wilayah lain di Indonesia. Yuk, catat destinasi wisata apa saja yang paling unggulan di Kabupaten Ngada.

1. Pemandian Air Panas Mangeruda

Setelah sampai ke Pulau Flores, rasanya akan sangat menyenangkan untuk menghilangkan penat setelah melakukan perjalanan. Datang saja ke Pemandian Air Panas Mengeruda untuk menikmati air bersuhu tiga puluh derajat yang dialirkan langsung dari sungai serta melewati bebatuan.

Pemandangannya asri dan sudah pasti membuat Anda nyaman. Pemandian air panas ini terletak di Kecamatan Soa, tepatnya di Desa Piga. Biaya masuknya lumayan murah saja, yaitu hanya 2 ribu rupiah saja untuk anak-anak dan 4 ribu rupiah untuk orang dewasa.

2. Air Terjun Ogi

Air terjun yang seperti apa yang selama ini pernah Anda kunjungi? Bagaimanapun deskripsi Anda mengenai air terjun itu, akan berbeda cerita saat Anda mengunjungi air terjun Ogi. Air terjun Ogi adalah air terjun yang letaknya terpencil namun tak jauh dari Kota Bajawa. Saking terpencilnya, supaya Anda dan teman tidak tersesat jangan ragu untuk bertanya-tanya arah ke warga sekitar.

Air Terjun Ogi kabupaten ngada ntt
Air Terjun Ogi kabupaten ngada ntt ((3.bp.blogspot.com)

Pemandangan alamnya yang berupa air terjun setinggi 30 meter serta pepohonan disekitarnya siap memanjakan mata wisatawan yang datang kesana. Datanglah ke Desa Faobata untuk menyaksikan sendiri keindahan air terjun ini.

3. Gunung Inerie

Mendatangi gunung yang satu ini tak membutuhkan perjalanan yang lama dari pusat Kabupaten Ngada, Anda hanya perlu melakukan transportasi darat saja untuk mencapai gunung yang bentuknya proporsional seperti pramida ini. Ya, bentuknya memang sangat berbeda dengan gunung lain di luar Kabupaten Ngada.

Gunung Inerie kabupaten ngada ntt
Gunung Inerie kabupaten ngada ntt (visitngada.com)

Jika Anda tertarik untuk menikmati panorama gunung ini maka datang saja ke Aimere, karena disanalah titik yang tepat untuk Anda gunakan supaya bisa melihat bentuk gunung ini yang seperti piramida.

Namun jika Anda ingin mendaki gunung ini maka datanglah ke titik awal pendakian yaitu berada di Desa Watumeze. Tinggi gunung ini sekitar 2200 an meter dari permukaan laut, dan dibutuhkan waktu sekitar 3 jam saja untuk sampai ke puncaknya.

Pemandangan yang akan Anda dapat saat sampai di puncak tidak bisa dibohongi lagi keindahannya. Anda akan menyaksikan langsung bentang alam Kabupaten Ngada yang penuh dengan pepohonan hijau serta akan terlihat juga Laut Sawu di ujungnya.

4. Bukit Wolowio

Bukit Wolowio dikenal sebagai taman wisata rohani untuk umat agama Katolik yang juga menjadi wisata unggulan di Kabupaten Ngada. Selain Bukit Wolowio, ada juga wisata rohani lain yang letaknya tak jauh dari Bajawa, yaitu ziarah paskah Larantuka, gereja katedral yang tertua di Ende, serta Museum Santo Yohanes Paulus Sikka.

Terletak di puncak Gunung Ata Gae, Anda tetap bisa menuju wisata ini dengan motor. Namun demikian perlu diketahui kondisi jalan menuju wisata ini berkelok-kelok dan licin sehingga Anda perlu hati-hati.

Meskipun jalannya berkelok-kelok, saat melihatnya Anda akan menyaksikan langsung pemandangan alam berupa kebun kopi Arabika serta hamparan gunung dan lembah. Saat sampai di bukit Wolowio Anda akan melihat panorama alam lebih maksimal dan apabila cuacanya sedang bagus akan terlihat pemandangan Pantai Aimere dari atas sini. Cocok untuk Anda yang suka fotografi atau sekedar selfie.

5. Taman Laut Riung 17 Pulau

Jika Anda ingin wisata perairan maka datang saja ke Taman Laut Riung 17 Pulau. Hampir semua transportasi darat bisa Anda gunakan untuk menuju wisata ini, mulai dari motor, mobil, bus, dan lain-lain. Diperlukan durasi perjalanan selama dua setengah jam atau tiga jam dari Bajawa untuk sampai ke wisata ini, karena jaraknya saja hampir 75 kilometer kalau dihitung dari Bajawa.

Taman Laut Riung 17 Pulau kabupaten ngada ntt
Taman Laut Riung 17 Pulau kabupaten ngada ntt (backpackerjakarta.com)

Disana Anda akan temui gugusan pulau yang semuanya cantik dan indah. Namun salah satu pulau yang mungkin akan Anda sukai adalah Pulau Ontoloe. Disana ada banyak sekali kelelawar yang mana memang disanalah habitat mereka.

Adapun pulau lain yang eksotis dan sayang untuk dilewatkan selama di Taman Laut Riung antara lain Pulau Telu, Pulau Pata, dan Pulau Rutong.

Semuanya terdengar menarik bukan? Jika Anda ingin wisata yang bertemakan air maka pilihlah Taman Laut Riung 17 Pulau atau melakukan relaksasi di Pemandian Air Panas Mangeruda. Namun jika Anda ingin wisata darat yang tak kalah menarik dengan yang di air, maka pilihlah Gunung Inerie atau Bukit Wolowio. Setelah mencatat lima destinasi wisata unggulan di atas, wisata mana dulu yang ingin Anda coba selama di Kabupaten Ngada?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *