Wednesday , October 21 2020

Dampak Negatif Gadget Bagi Kesehatan dan Kebahagiaan

Penggunaan gadget secara berlebihan memilki efek negatif terhadap kesehatan dan kebahagiaan Anda.

Di era digital seperti saat ini, penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari rasanya sulit untuk dipisahkan. Seluruh aktivitas pasti dikerjakan menggunakan gadget mulai dari bekerja, berkomunikasi dengan orang yang disayangi hingga melepas penat melalui video game yang dapat diunduh secara gratis. Dibalik segala manfaat yang didapat, gadget ternyata memiliki efek negatif yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya.

1. Gadget Dapat Merusak Tulang Belakang

Para peneliti dari National Library of Medicine menjelaskan kesimpulan baru tentang efek penggunaan gadget berlebih. Peneliti menyimpulkan aktivitas chatting, membaca, atau sekedar berselancar di dunia maya mampu membuat tulang punggung tegang.

Faktanya yang ditemukan adalah ketika dalam posisi berdiri tegak, tulang belakang Anda akan menyangga beban sebesar 10 sampai dengan 12 pon. Bahayanya ketika Anda menggunakan gadget beban tersebut akan meningkat menjadi 17 hingga 60 pon. Hal inilah yang akan menyebabkan kerusakan tulang belakang Anda.

2. Gadget Sumber Penularan Penyakit

Terkadang dengan rutinitas yang terlalu sibuk ternyata gadget dapat menimbulkan penyakit. Secara tidak sadar kuman-kuman yang berasal dari tempat makan, kantor, rumah hingga toilet, kuman akan menempel pada gadget Anda.

Hal ini dibuktikan berdasarkan fakta mengerikan dari sebuah penelitian dimana disebutkan bahwa gadget akan membawa lebih banyak kuman daripada dudukan toilet.

3. Penggunaan Earphone Dapat Merusak Pendengaran

Jika Anda memiliki hobi mendengarkan musik pada gadget menggunakan earphone, berhati-hatilah. Memang mendengarkan musik menjadi rutinitas yang menyenangkan ketika Anda sedang mengalami kejenuhan dan kemacetan. Tetapi bahayanya adalah menggunakan earphone ketika mendengarkan musik akan merusak pendengaran Anda.

Kerusakan pendengaran akan terjadi jika Anda tidak mampu mengatur besarnya volume yang Anda pasang ketika mendengarkan musik. Untuk itu, aturlah volume sesuai dengan kebutuhan kualitas pendengaran Anda.

4. Berkirim SMS Mempengaruhi Keseimbangan

Berdasarkan penelitian dari Australia ditemukan bahwa mereka yang berkirim pesan dalam berkendara sangat berbahaya. Hal ini disebabkan karena berkirim pesan akan memiliki kecepatan lebih rendah dan bahkan akan menyimpang dari garis lurus. Itulah sebabnya pihak kepolisian lalu lintas melakukan pelarangan untuk tidak berkirim pesan saat berkendaraan.

5. Merusak Hubungan

Menjaga hubungan dengan orang yang Anda sayangi adalah sebuah kebutuhan untuk Anda yang berpasangan. Fakta unik yang ditemukan adalah penggunaan gadget untuk kebutuhan untuk berkomunikasi secara berlebihan akan mengganggu hubungan Anda.

Dalam sebuah kesimpulan penelitian dari Brigham Young University, menerima SMS atau pesan dari aplikasi chat lainnya yang berisi permintaan maaf atau obrolan tentang masalah yang dialami akan menurunkan kualitas hubungan Anda bersama pasangan. Mengucapkan kata romantis dapat meningkatkan kualitas hubungan Anda.

6. Mengganggu Kualitas Tidur

Fakta yang didapatkan dalam kehidupan era digital saat ini banyak orang yang tampak mesra tidur dengan gadget ketimbang pasangan Anda. Perlu Anda ketahui pancaran sinyal yang berasal dari alat elektronik akan memiliki efek yang berbahaya. Cahaya biru yang dipancarkan gadget mampu mengganggu kinerja hormon melatonin yang akan membuat kualitas tidur Anda berkurang. Cara yang terbaik adalah jauhkan gadget Anda ketika tidur.

7. Gadget Banyak Menyita Waktu

Sudah dapat disimpulkan, zaman sekarang dimana gadget tidak bias lepas dari kehidupan manusia. Mulai dari mencatat menu pesanan di restoran, mengerjakan tugas bagi pelajar, sampai menjadi alat yang menunjang pekerjaan.

Bukan tidak bisa lepas dari gadget/digital, mungkin semua akan bilang, “Bukan tidak bisa lepas, sekarang, semua barang (gadget) ini menjadi alat penting dalam pekerjaan maupun sehari-hari kita”.

Padahal ternyata berdasarkan Study yang dilakukan di Kanada pada 2014 lalu, menunjukkan bahwa mengecek email saja dapat meningkatkan level stress seseorang.

Permasalahannya adalah kita tidak bisa lepas 100 persen dari gadget kita, lebih baik luangkan sedikit waktu kita untuk melakukan hal berikut untuk kembali ke dunia nyata dan kabur sebentar dari layar gadget kita untuk mewarnai kegiatan sehari-hari kita selain dengan filter instagram:

a. Hapus Aplikasi yang sangat menyita waktu kita

Semakin banyak aplikasi yang beterbaran di luar sana membuat pekerjaan kita semakin gampang dan mudah. BEtapa enaknya memesan makanan saat kita masih bermacet-macet ria, kemudian saat kembali ke rumah, makanan sudah tersaji dengan hangat.

Tapi coba intropkesi diri, lihat, apakah ada aplikasi yang sering menyita waktu kita bahkan saat kita dikejar deadline atu sedang rapat? Matikan saja notification aplikasi tersebut, dan focus dengan apa yang kita lakukan, atau uninstall saja.

b. Jangan terlalu banyak membuka tab saat Browsing

Semakin banyak kita membuka tab saat browsing akan semakin menyita waktu kita. Karena membuka banyak tab hanya akan membuat kita berlama-lama bermain dengan gadget kita, dan biasanya ketika kita membuka lebih dari 3 tab, itu akan menyita waktu kita kurang lebih 15 menit sebelum kembali focus.

c. Matikan HP/ganti ke Airplane Mode saat berada di Gym

Ini biasanya adalah kebiasan mereka yang baru saja memulai latihan. Niat utama pergi ke gym adalah untuk olahraga, tetapi karena membawa gadget, lebih banyak waktu tersita untuk tertawa di depan layar gadget ketimbang mengangkat beban dan latihan. Kalau memang perlu mendengarkan music lewat gadget, matikan saja sinyal atau ganti mode ke mode pesawat.

d. Matikan Suara

Hampir sama dengan yang nomor satu, matikan suara gadget kita saat kita sedang focus mengerjakan sesuatu. Satu kali bunyi Ping dari bbm mungkin tidak menyita perhatian kita, kalau ping berkali-kali atau notification grup Line, Whatsapp, Path yang kadang hanya menyita perhatian kita? Buat apa?

f. Pakailah Jam Alarm Asli

Banyak juga mereka yang kadang terlambat bukan karena kesiangan, tapi karena terlalu lama mengeck gadget saat bangun tidur. Itu karena menyetel alarm di HP bisa berkahir dengan mengupdate status di facebook atau sekedar melihat foto teman atau mantan di Instagram.

g. Taruh Jauh-Jauh Saat Sedang Berkumpul

Hal ini sempat menjadi tren dengan sebutan “Sentuh, Bayar”, saat nongkrong letakkan hape/gadget tertumpuk jadi satu di tengah meja. Barang siapa yang menyentuh gadget mereka pertama kali akan membayar semua pesanan makan dan minuman yang dipesan. Mungkin sudah tidak menjadi tren lagi, karena sepertinya gadget sudah mengakar di tubuh kita.

h. Baca Koran/komik fisik

Memang sekarang sudah banyak media yang beralih menuju digital platform, seperti Detik.com dan kompas.com. Tapi tulisan yang panjang dan berat tidak akan ditulis dalam bentuk digital, biasanya berita-berita yang ditulis hanya sepenggal-sepenggal, dan juga apakah kalian tidak rindu dengan bau Koran dipagi hari sama seperti kalian dulu saat membaca komik Doraemon?

Hal yang sama terjadi juga dengan komik, memang lebih update jika kita membaca lewat online, tapi dengan membaca komik online lebih cepat merusak mata kita ketimbang dengan komik berbentuk buku fisik, karena semakin lama menatap layar mata akan semakin cepat lelah.

i. Jangan Tidur Bersama Gadget

Saya pribadi, saat sampai di rumah setelah bekerja atau melakukan aktivitas di luar, sangat jarang menyentuh gadget, bahkan saat ingin tidur saya mematikan gadget sambil men-charge nya. Semakin jarang kita memegang gadget, akan semakin lama kita bisa beristirahat. Jangan biarkan waktu istirahat kita yang berharga dikalahkan oleh gadget!

j. Break 10 menit dari layar

Technology is wonderful, tapi sebagian dari kita terlalu berlebihan menggunakannya. Otak kita selalu bekerja bahkan saat kita istirahat makan siang. Betapa tidak, saat akan menyantap makanan, bukannya berdoa kita malah mengambil gambar makanan kemudian update status.

Istirahatkan mata 10 menit dari layar setiap 90 menit bekerja. Jadi setiap 90 menit kita menatap layar, istirahatlah selama 10 menit. Berjalan di sekitar ruangan atau merenggangkan badan dan mengobrol sebentar dengan rekan kerja.

About Bas