Dimana-mana, smartphone yang selalu jadi barang pegangan. Kapan saja, smartphone yang selalu dijadikan teman dan tempat menuangkan kreativitas. Bagaimanapun, smartphone yang selalu jadi kawan tersolid. Memang, selalu akan ada baiknya dalam smartphone. Kita bisa melihat dunia lebih luas dengan beragam keunikan dan kekhasan. Namun jika sampai kecanduan dan ?apa-apa? harus smartphone, rasanya tidak hanya tidak nyaman dalam kepribadian, fikiran, juga aktivitas anda. Juga, akan mengacaukan hubungan (relationship) yang anda miliki dengan orang lain yang anda sangat kenal di dunia nyata, bukan lewat internet yang dibuka dari smartphone.

Memang, buruk atau tidaknya sesuatu itu ditentukan oleh pemakaianya. Ikan menjadi hebat ketika di lautan. Namun, akan tergeletak lemah dan meminta pertolongan ketika mereka di darat. Kata-kata dari Bapak Fisika Dunia, Albert Einstein ini sangat mencerminkan pemakaian smartphone dikalangan masyarakat. Siapapun itu yang menggunakannya sebagai lahan bisnis atau sebagai ajang untuk menyalurkan amal, maka akan mendapat kebaikan atau manfaat yang tidak akan pernah lekang oleh kemajuan. Sebaliknya, jika mereka memanfaatkannya untuk hal-hal yang bodoh dan tidak perlu dipublikasikan, mereka akan mendapat akibat buruk dari tindakan ?asal?-nya itu.

Bermain bersama smartphone atau ponsel anda mungkin sudah menjadi kewajiban tersendiri bagi anda. Kegiatan yang sukar untuk dilewatkan. Namun, apakah anda tahu, kegiatan-kegiatan yang sering anda lakukan melalui smartphone bisa memberikan marabahaya bagi anda. Apa sajakah tindakan berbahaya pengunaan smartphone yang berakibat negatif bagi penggunanya ?

1. Membawa Smartphone Sampai ke Tempat Tidur

Saking sulitnya lepas dari smartphone, anda mengharuskan diri anda tidur bersama barang kesayangan anda itu. Tidak peduli apapun itu, takut saja ada info penting yang tiba-tiba masuk, jadi saja anda menaruh smartphone dekat bersama perangkat tidur anda. Namun tahukah anda, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan ponsel alias smartphone termasuk gelombang elektromagnetik yang jika terus-terusan menerpa sistem saraf manusia, maka akan mengakibatkan kelumpuhan sistem saraf anda. Mungkin kecil, tapi tak ingatkah anda dengan peribahasa ?sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit?? Mulai sekarang jika anda masih menerapkan perilaku ini, anda wajib untuk memperbaikinya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

2. Ber-selfie

Kelihatannya biasa saja dan tidak menyalahi norma hukum dan sosial sekitar anda. Sah-sah saja untuk memotret diri sendiri atau selfie. Namun akibat dari self camera tersebut bisa jadi sangat berbahaya bagi manusia. Sebagaimana kita ketahui, manusia adalah makhluk hidup yang ingin selalu tahu dan mencoba hal baru, bahkan nekat. Karena ingin beda dan ingin ditantang, mereka yang narsis dan ingin eksis cenderung melakukan hal gila. Seperti yang sudah banyak diberitakan, yaitu berselfie di puncak Gunung Merapi, hanya gara-gara ingin terlihat beda saja. See? Jadi sebelum itu, kita harus persiapkan mental dan tingkah kita yang lebih matang dan dewasa.

3. Mengunduh Terlalu Banyak Aplikasi

Yang ini tidak baik untuk smartphone anda dan tentunya anda juga. Selain melakukan hal yang sia-sia dan tidak efektif, anda juga memboros kuota serta membuat akselerasi smartphone anda menurun. Anda harus bisa memanage lagi hal ini. Karena jika tidak, maka akan menyebabkan ketidakawetan pada smartphone dan kantong anda.