Saturday , October 24 2020

Contoh dan Keuntungan Kerjasama Bisnis Waralaba ( Franchise )

Franchise atau Waralaba adalah konsep bisnis yang terbilang berjalan dengan sukses. Dengan memanfaatkan nama dan merek barang dan jasa yang sudah tenar, tentu menjadi jauh lebih mudah untuk menjalankan bisnis.

Contoh Kerjasama Waralaba yang Cukup Sukses di Indonesia:

  1. Ritel Mini Outlet : Indomaret, Yomart, AlfaMart.
  2. Bidang makanan : Wong Solo, Sapo Oriental, CFC, Hip Hop, Red Crispy, Papa Rons.
  3. Di bidang Telematika atau Information & Communication Technology : Inke, X4Print, Veneta.
  4. Pendidikan komputer : Widyaloka, Binus.
  5. Distribusi peralatan komputer : Micronics Distribution.
  6. Warnet / NetCafe : Multiplus, Java NetCafe, Net Ezy.
  7. Bidang pendidikan : Science Buddies, ITutorNet, Primagama, Sinotif.
  8. Sekolah Robot : Robota Robotics School.
  9. Taman bermain : SuperKids.
  10. Taman kanak-kanak : FastractKids, Kids2success, Townfor Kids.
  11. Pendidikan Bahasa Inggris : EF/English First, ILP, Direct English.

Apa Saja Keuntungan Kerjasama Franchise ?

1. Memulai Bisnis Dengan Modal Terjangkau

Setiap kali ada pelaku bisnis yang ingin menjalankan bisnis Franchise, maka tinggal membeli pilihan harga yang ditawarkan. Masing-masing harga akan berbeda dari fasilitas yang akan diberikan oleh pemilik bisnis Franchise. Namun yang pasti adalah menguntungkan dari segi modal. Sebab terbilang terjangkau untuk banyak orang. Kini telah banyak bisnis Franchise dapat dimulai dengan modal beberapa juta rupiah saja.

2. Promosi Tidak Perlu Menggebu-gebu

Pelaku bisnis Franchise tidak perlu melakukan promosi yang menggebu-gebu. Nama dan merek dari bisnis yang diambil untuk bisnis sudah pasti dikenal luas. Jikalau Anda ingin mempromosikannya, maka cukup dengan cara yang sederhana. Tidak perlu mempromosikannya melalui berbagai media. Dengan begitu Anda akan diuntungkan dari segi biaya untuk promosi. Bahkan Anda pun juga dapat lebih beruntung karena ada pemilik bisnis Franchise yang juga akan suka rela membantu Anda dalam mempromosikan bisnis tersebut.

3. Pelatihan Bagi Pelaku Bisnis Franchise

Tidak sekadar menjual apa yang ada pada bisnis Franchise. Namun sebelum Anda memulai, pemilik dari bisnis Franchise akan terlebih dahulu memberikan pelatihan. Pelatihan sangat penting dalam bisnis Franchise untuk dilakukan oleh pemilik resminya. Agar mereka yang mengambil Franchise tetap dapat mengikuti cara berjualan dari bisnis Franchise yang diikuti. Sebab biasanya pemilik resmi dari bisnis Franchise sangat menekankan kesamaan konsep berjualan.

Meskipun banyak orang yang membeli bisnis Franchise, tetap harus mengikuti syarat dan prosedur dari pemilik resmi atau utama dari bisnis Franchise itu. Pelatihan ini terbilang menguntungkan, karena Anda akan memperoleh ilmu baru yang tentunya bermanfaat dalam dunia bisnis.

4. Mitra Bisnis Yang Bertanggung-jawab

Meskipun Anda adalah pemilik yang bukan pemilik resmi dari bisnis Franchise tersebut, tetap saja ketika ada hal-hal yang terjadi selama bisnis, mitra bisnis Franchise akan membantu. Mitra bisnis yang dimaksud adalah pemilik resmi dari bisnis Franchise tersebut. meskipun sudah menjadi hak Anda dan juga kewajiban Anda dalam mengurus semua bisnis Franchise tersebut. Tetap mitra bisnis akan membantu. Seperti ketika bisnis yang dijalankan sedang tersendat, konsumen yang sepi, sampai hal-hal yang kompleks akan dibantu penyelesaian bersama sang mitra bisnis Franchise Anda.

5. Wilayah Bisnis Franchise Terbatas, Target Konsumen Terjaga

Pemilik bisnis Franchise tidak asal mengiyakan permintaan orang-orang yang ingin membeli bisnis Franchisenya. Pemilik bisnis resmi tersebut juga sudah menentukan wilayah mana saja yang memang diperbolehkan untuk berbisnis Franchise. Tentu harus sama-sama menguntungkan. Tidak sekedar mengejar setoran keuntungan dengan menjual Franchise. Sehingga jika sudah ada di wilayah tertentu, Anda tidak dapat membelinya. Namun jika belum, maka Anda akan diperbolehkan membuka di wilayah tersebut.

Ini berkaitan dengan keuntungan dalam hal target konsumen. Sehingga tidak ada kejadian saking banyaknya bisnis Franchise yang sejenis di wilayah yang sama, maka akan berlomba merebut target konsumen. Semua sudah diatur oleh pemilik resmi dari bisnis Franchise dan tetap menguntungkan bagi kedua belah pihak.

About Bas