Contoh Bisnis Online dengan Modal dari Kartu Kredit

Kartu kredit bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai media pembayaran non tunai, tetapi juga bisa dijadikan modal usaha bisnis online. Di masa sekarang, bisnis online memang lebih digandrungi banyak orang dibandingkan toko-toko atau usaha konvensional. Anda pun bisa ikut memanfaatkan kartu kredit yang Anda miliki untuk membangun usaha online yang bisa membantu Anda mendapatkan keuntungan.

Namun, sebelum mencari bisnis online dengan modal dari kartu kredit, ada beberapa hal penting mengenai penggunaan kartu kredit sebagai modal usaha yang harus Anda pertimbangkan.

  1. Syarat pinjaman dari bank. Saat memutuskan untuk membangun usaha dengan modal kartu kredit, perhatikan syarat yang diminta oleh bank. Pastikan bahwa syarat tersebut tidak akan memberatkan usaha Anda di kemudian hari.
  2. Jenis usaha yang cocok. Pilihlah jenis bisnis online yang cocok dengan ketentuan kartu kredit yang Anda miliki. Dengan begitu, usaha yang Anda jalankan akan memberikan aliran pemasukan dana dan perputaran modal yang lancar.
  3. Rasio keuangan bisnis. Setelah bisnis berjalan, pantaulah perputaran modal serta rasio keuangan bisnis Anda secara rutin. Ukur sejauh mana utang dan tagihan dibayar serta periode waktu yang diperlukan untuk memutar modal. Hal ini bisa membantu Anda untuk menentukan bagaimana bisnis akan berkembang.

Jika sudah mempertimbangkan dengan baik hal-hal mendasar di atas, kini saatnya Anda memilih jenis bisnis online yang akan Anda kembangkan. Beberapa contoh bisnis online dengan modal dari kartu kredit di bawah ini bisa Anda jadikan inspirasi awal untuk membangun sebuah jaringan bisnis.

modal bisnis dengan uang receh

1. Reseller produk online

Reseller atau pengecer adalah salah satu bisnis online yang cukup mudah dilakukan hanya dengan menggunakan modal dari kartu kredit. Anda bisa memesan barang dalam jumlah besar dari produsen untuk dijual kembali dengan mengambil keuntungan.

Banyak pengusaha online yang memberikan harga khusus bagi para reseller. Diskon yang ditawarkan oleh produsen ditambah dengan promo yang diberikan oleh penyedia kartu kredit akan membuat modal yang harus Anda keluarkan semakin rendah. Beberapa jenis barang yang bisa dijual adalah produk kosmetik serta produk fashion seperti baju, sepatu, dan tas.

2. Dropshipper produk online

Sedikit berbeda dengan reseller, dropshipper adalah pihak yang tidak perlu membeli dan menyimpan sendiri produk atau barang yang akan dijual. Dropshipper bekerja dengan skema memasarkan produk, menerima pesanan dan pembayaran dari konsumen, melanjutkan pesanan ke supplier atau produsen, lalu mengirimkan barang yang telah diterima ke tangan konsumen.

Dengan mengambil keuntungan yang diberikan kartu kredit, Anda bisa menjadi dropshipper dari produk-produk yang dipasarkan di toko online luar negeri. Konsumen yang memiliki keterbatasan untuk mengakses produk tersebut bisa mengandalkan Anda sebagai dropshipper.

3. Travel agen atau agen perjalanan

Selain memasarkan produk, menjadi agen perjalanan yang menyediakan layanan pemesanan tiket transportasi maupun akomodasi juga bisa Anda pilih sebagai jenis usaha online.

Saat ini, kebutuhan akan penyedia layanan wisata yang mudah dan cepat banyak dicari masyarakat. Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti perkembangan tersebut dengan menerima pesanan untuk layanan wisata dan memanfaatkan promo pemesanan tiket yang diberikan bagi pengguna kartu kredit.

4. Agen pembayaran atau agen transaksi online

Meski permintaan terhadap barang dan jasa online semakin meningkat, masih banyak orang yang tidak bisa membeli langsung produk yang dijual karena terkendala berbagai hal. Salah satunya adalah tidak memiliki kartu kredit yang digunakan sebagai alat pembayaran.

Kondisi tersebut bisa Anda jadikan peluang usaha dengan memikirkan imbalan jasa yang pantas dan menguntungkan. Selain menjadi agen pembayaran barang, Anda juga bisa membuka layanan transaksi online seperti pembayaran tagihan, kredit kendaraan, serta penyedia pulsa atau token.

Di samping beberapa contoh bisnis online dengan modal dari kartu kredit yang telah disebutkan di atas, kartu kredit juga bermanfaat sebagai modal untuk memasarkan usaha Anda. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda dapat menyusun konten, membeli domain, dan membuat situs online Anda sendiri.

Jika sudah memiliki situs pribadi yang memasarkan dan menjelaskan secara rinci jenis barang atau jasa yang Anda tawarkan, usaha online Anda akan semakin mudah untuk dipromosikan. Strategi promosi dan pemasaran yang tepat akan ikut menentukan kelancaran bisnis yang Anda jalankan.

Artikel Terkait: