Thursday , October 22 2020

Catat! Ini Benda Selain Rambut yang Bisa Menyebabkan Saluran Pembuangan Tersumbat

Seringkali usai mandi, kita melihat saluran pembuangan tertutupi oleh helaian rambut yang rontok tanpa sengaja. Untuk mencegah penyumbatan, ambil gumpalan rambut itu dan buang ke tempat sampah.

Jangan pernah menyiramnya! Sebab bila rambut sampai masuk ke saluran pembuangan, maka itu akan terjebak di dalamnya dan menggumpal sehingga memerangkap kotoran lainnya.

Oleh karenanya, hindari menyisir rambut dalam kamar mandi atau dekat wastafel, dan rapikan mahkotamu itu sebelum mandi saja.

Selain rambut, ternyata masih ada beberapa benda lain yang sebaiknya tidak masuk dalam saluran pembuangan, apakah bak cuci piring, wastafel, kamar mandi, maupun WC. Apa sajakah itu?

1.Nasi dan pasta

Bagi beberapa orang, nasi hanyalah butiran-butiran kecil yang bisa terguyur air dengan mudah. Padahal faktanya tidak demikian. Setelah masuk dalam saluran pembuangan, nasi atau pasta justru akan menyerap air yang lewat sehingga ukurannya jadi lebih besar dari sebelumnya. Selain itu, butuh waktu lama bagi 2 jenis sumber karbohidrat ini untuk tersapu oleh air sehingga risiko tersumbatnya saluran tetap besar.

2.Kulit telur

Walau sudah dipecah-pecah menjadi serpihan kecil sekalipun, kulit telur tetap bisa nyangkut dan membuat saluran pembuangan tersumbat.

3.Tepung

Sama seperti nasi, beberapa orang menganggap tepung dapat terguyur air dengan cepat. Padahal ketika bercampur dengan air, tepung justru berubah menjadi adonan lengket mirip lem. Otomatis kotoran lain yang masuk dalam saluran akan tersangkut di dalamnya sehingga menyebabkan penyumbatan.

4.Obat-obatan

Sayangnya tak seperti yang kebanyakan orang pikir, obat yang dibuang dalam saluran pembuangan tidak akan larut dalam air, melainkan malah mencemarkannya. Selain itu ketahuilah, alat penyaring mungkin bisa mengeliminasi mikroorganisme dalam air, tapi tidak mampu memurnikan air yang sudah terkontaminasi obat.

5.Stiker dari buah dan toples

Sebelum mencuci buah atau toples, ada baiknya lepas dan buang dulu stiker labelnya di tempat sampah. Memang sih lebih mudah melepaskan stikernya di bawah guyuran air. Namun tetap jangan lakukan itu. Ingat, stiker mengandung perekat dan bahannya sendiri juga butuh waktu lama untuk bisa terurai.

6.Bahan bangunan

Alasan mengapa penting sekali untuk menutupi saluran pembuangan baik-baik saat renovasi rumah adalah karena serpihan bahan bangunan sekecil apapun bisa masuk dan menumpuk di dalamnya. Ini otomatis menyebabkan penyumbatan.

7.Kondom

Ya, kamu mungkin tak pernah melakukan kecerobohan ini. Tapi tak ada salahnya alat kontrasepsi satu ini dibahas juga kan?!

Kondom lateks yang sifatnya elastis bisa dengan mudah tersangkut dalam pipa. Nah, kalau itu sampai terisi udara, air, atau kotoran lain, maka kasus penyumbatannya bisa sangat parah sehingga perbaikannya butuh dana dan usaha ekstra.

8.Puntung rokok

Sama seperti nasi dan pasta, diperkirakan hanya butuh waktu 1 jam bagi puntung rokok untuk membesar. Alasannya sama, puntung rokok terbuat dari bahan sintetis yang dapat menyerap air sehingga ukurannya dapat bertambah besar.

Bagian terburuknya adalah, bahan puntung rokok takkan pernah bisa terurai. Belum lagi, kandungan zat berbahayanya seperti nikotin juga dapat mengontaminasi air.

9.Pembalut

Yang terakhir adalah pembalut. Alasan mengapa pembalut tak boleh dibuang di saluran pembuangan WC adalah karena benda ini dirancang untuk menyerap kelembaban. Dengan demikian, ukurannya bisa bertambah besar secara dramatis dan memicu penyumbatan serius.

Jadi kawan, itulah tadi beberapa benda yang sebaiknya tidak sampai masuk ke dalam saluran pembuangan. Please be careful!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *