Thursday , October 22 2020

Cara Sehat dan Alami Menurunkan Berat Badan

Ada usaha tersendiri yang harus kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara sehat dan alami. Konsisten dalam pemenuhan gizi yang seimbang guna memenuhi kebutuhan tubuh agar tidak lemas dan tetap bergairah dalam beraktivitas.

Mengapa Berat badan tidak kunjung turun ?

Kita harus benar-benar tepat untuk memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh kita agar tidak salah langkah ketika menjalankan diet. Supaya diet yang Anda lakukan berhasil dan bebas dari hambatan, berikut ini beberapa tips mengurangi berat badan secara sehat dan alami.

1. Terapkan Target Yang Tepat dan Masuk Akal

Untuk mendapatkan berat badan yang sesuai dengan impian, tetapkan target yang masuk akal di awal program. tidak perlu muluk-muluk. Coba untuk menyemangati diri Anda, usahakan untuk menurunkan berat badan sebanyak 0,5 kg selama satu minggu. Apabila berat badan yang ingin Anda turunkan dalam seminggu berlebihan, justru hal tersebut malah akan membahayakan kesehatan Anda. Untuk memberikan motivasi, gantung ukuran busana yang kecil dan tidak muat pada tubuh Anda agar Anda termotivasi untuk mendapatkan ukuran tubuh tersebut.

2. Jangan Diet Terlalu Cepat

Diet ketat atau diet terlalu cepat justru sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Setidaknya, dalam sehari Anda pasti butuh 1.200 – 1.500 kalori supaya kondisi tubuh tetap benar-benar prima. Dengan mengikis kalori yang tersisa antara 600 – 800 kalori per hari justru akan membuat proses metabolisme dalam tubuh Anda malah terhambat. Apabila metabolisme Anda berjalan dengan sangat lambat, kesempatan lemak yang tertimbun di dalam tubuh pun akan menjadi lebih besar. Hal itulah yang malah bisa menyebabkan timbulnya beragam penyakit.

3. Lakukan Sarapan Pagi Lebih Cepat

Sarapan pagi memang sangat penting. Anda tidak boleh melewatkan sarapan pagi setiap harinya. Seseorang yang dapat menurunkan berat badan dalam jumlah besar, justru mereka tidak pernah melewatkan sarapan pagi setiap hari. Usahakan untuk sarapan pagi mulai dari jam 07.00 pagi supaya proses pembakaran kalori di dalam tubuh dapat dimulai dengan lebih cepat.

4. Perhatikan Asupan Makanan

Sarapan pagi tidak boleh dilewatkan bagi Anda yang sedang diet. Makanlah makanan yang mengandung 300 – 400 kalori ketika sarapan di pagi hari. Jangan konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Supaya Anda tetap dapat sarapan dengan gizi yang seimbang dan makanan tersebut termasuk sebagai makanan sehat, pilihlah jenis makanan yang benar-benar tepat. Lebih baik pilihlah roti gandum sebagai menu sarapan Anda. Dengan roti gandum Anda bisa menambahkan 1 butir telur dadar dan 1 mangkuk salad. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan 100 gram nasi dengan 1 potong ikan yang ditambah 1 mangkuk sayur.

5. Kunyah Makanan Sebanyak 36 Kali

Coba lakukan perhitungan berapa jumlah kunyahan yang Anda lakukan ketika makan. Apabila masih kurang dari 36 kali, usahakan untuk membiasakan diri mengunyah makanan setidaknya 36 kali dan kalau bisa lakukan penambahan ketika mengunyah. Semakin lama Anda mengunyah, semakin mudah pula makanan yang akan dicerna. Hal itulah yang bisa membuat Anda menjadi mudah merasa kenyang lebih lama.

6. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Kurang minum bisa membuat kinerja ginjal semakin berat. Hal itulah yang dapat menyebabkan timbulnya dehidrasi. Proses kerja ginjal yang berat itulah yang bisa mengganggu kerja pada sistem metabolisme tubuh. Apabila Anda rajin mengkonsumsi air putih sebanyak 1,5 liter ataupun 8 – 10 gelas perhari tanpa melakukan diet, percayalah berat badan Anda bisa turun hingga 2,5 kg. Wah luar biasa ya!

7. Olahraga

Diet yang akan efektif jika Anda menyertai kegiatan olahraga di dalamnya. Anda perlu memahami bahwa olahraga sangat berperan penting dalam membantu diet Anda supaya dapat berjalan maksimal. Lakukan olahraga sebanyak 60 – 90 menit atau 3 – 4 kali seminggu. Olahraga sangat penting dilakukan. Anda bisa memilih jenis olahraga apa yang paling Anda sukai, bisa dengan berjalan kaki ataupun jogging. Lakukan secara bergantian setiap 3 menit sekali. Olahraga tersebut sangat efektif dalam membantu membakar lemak. Apabila tidak sempat berjalanlah ketika di kantor selama 5 menit setiap satu jam sekali agar dapat membakar 200 – 300 kalori per hari.

8. Konsumsi Serat Lebih Banyak

Serat sangat efektif dalam membantu mengusir lemak di dalam tubuh. Semakin banyak serat yang masuk ke dalam tubuh, volume feses pun juga semakin cepat besar karena bisa menyerap air lebih baik. Untuk orang dewasa, perlu sebanyak 21 gram serat yang dibutuhkan setiap hari. Apabila Anda terbiasa makan buah dan sayur, tambahkan porsi sebanyak 5 mangkuk per hari. Bagilah menjadi 5 kali makan.

9. Konsumsilah Protein

Mengkonsumsi buah atau sayur tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan tubuh ketika diet. Masukkan 15% – 20% protein pada setiap menu untuk meningkatkan sistem metabolisme. Pasalnya, setiap manusia pasti membutuhkan protein karena sistem pencernaan butuh energi untuk melakukan proses metabolisme.

About Bas