Sunday , October 25 2020

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata Anda

Kesehatan mata Anda adalah bagian yang terpenting dalam kehidupan Anda. Banyak yang bisa Anda lakukan jika memiliki penglihatan yang baik dan jernih.  Penglihatan yang baik dan jernih tentunya sangat diperlukan ketika Anda dalam usia produktif (golden years). Guna menjaga kesehatan mata Anda, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan:

1. Cobalah Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Komprehensif dan Mendalam

Kita mungkin saja kerap kali berpikir bahwa kita masih memiliki penglihatan yang baik dan jernih. Kenyataannya adalah asumsi Anda bukanlah sesuatu yang tepat yang dijadikan patokan. Tak khayal banyak orang yang merasa terlambat ketika penglihatan mulai mengalami gangguan bahkan hingga kehilangan penglihatan. Sebelum terlambat seharusnya Anda melakukan pemeriksaan mata dengan Dokter Spesialis Mata yang telah berpengalaman.

Pemeriksaan mata secara mendalam dilakukan untuk mendeteksi problem mata yang dialami. Setelah mengetahui adanya gangguan mata, maka Dokter Spesialis mata akan memberikan obat tetes yang tepat  untuk mencoba memulihkan penglihatan mata yang kurang baik. Kuncinya dalam hal ini Dokter Spesialis mata adalah yang mampu memberikan keputusan untuk menentukan tingkat kesehatan mata Anda.

2. Ketahui Riwayat Kesehatan Mata Keluarga Anda

Tanyakan kepada seluruh anggota keluarga anda tentang kesehatan mata, hal tersebut sangatlah penting. Banyak penyakit mata yang bersifat keturunan seperti Glaukoma dan Katarak. Hal ini tentunya mampu menentukan jika Anda dalam hal terburuk dalam penglihatan Anda.

3. Pilih Makanan yang Tepat untuk Kesehatan Mata Anda

Pasti Anda selalu mendengar bahwa mengkonsumsi wortel adalah tepat untuk kesehatan Mata.  Perbanyak konsumsi buah serta sayuran, terutama sayuran yang berdaun gelap seperti bayam, kol, dan sawi hijau. Menurut National Eye Institute dalam penelitiannya juga menjelaskan memperbanyak konsumsi ikan yang mengandung nilai omega 3 juga mampu meningkatkan gizi untuk kesehatan mata Anda.

4. Jaga Stabilitas Berat Badan

Kondisi berat badan yang berlebihan atau obesitas tentunya mampu meningkatkan resiko terkena katarak dan glaukoma. Jika Anda memiliki kesulitan untuk mengontrol  berat badan dan konsultasikan kepada dokter kesehatan Anda.

5. Gunakan Kacamata Pelindung Dalam Segala Aktifitas

Terkadang kita selalu sepelekan aktivitas kita sehari-hari, seperti bersepeda, berenang, serta mengendarai sepeda motor. Hal tersebut memang sepele tapi berimbas pada kesehatan mata Anda.  Penggunaan kacamata pelindung tentunya sangat bermanfaat karena biasanya kacamata pelindung terbuat dari polycarbonate yang mampu melindungi mata dari debu dan angin.

6. Berhenti Merokok atau Jangan Mencoba

Merokok todak hanya mampu merusak kesehatan paru-paru Anda, menurut penelitian NEI merokok dapat menyebabkan timbulnya peyakit mata seperti degenerasi makula, katarak, kerusakan saraf optik bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

7. Lakukan Olahraga Senam Mata

Jika Anda memiliki aktifitas yang intens dalam penggunaan komputer ataupun kegiatan yang memerlukan fokus berlebihan yang mengakibatkan mata lelah. Cobalah skema senam mata 20-20-20. Maksudnya adalah setiap 20 menit lakukan penglihatan 20 meter kearah depan selama 20 detik. Tentunya ini akan membantu mengurangi kelelahan mata.

Selamat mencoba dan tetap selalu menjaga kesehatan mata Anda!

About Bas