Tuesday , October 20 2020

Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri

Apakah kamu seorang penyanyi berbakat, namun hanya bisa menyanyikan lagu milik orang atau penyanyi lain. Mengapa kamu tidak mencoba membuat lagu ciptaan sendiri ? Apakah begitu sulit untuk menciptakan lagu sendiri ?

Banyak para penyanyi yang tidak bisa eksis lama di dunia hiburan karena tidak mampu membuat lagu sendiri. Mereka hanya menunggu karya pencipta lagu dari orang lain untuk mereka nyanyikan. Padahal lagu adalah senjata utama bagi para penyanyi agar bisa eksis dalam waktu yang lama di dunia hiburan.

 

Banyak penyanyi solo maupun Grup Band yang hanya terkenal dalam waktu yang singkat karena mereka tidak mampu lagi memberikan lagu yang baru kepada para penggemarnya. Penyebabnya adalah karena mereka tidak dapat menciptakan lagu sendiri, dan akhirnya mereka hanya membawakan ulang lagu dari Artis atau penyanyi lain yang di aransemen ulang.

Coba kamu perhatikan, jika penyanyi mampu membuat lagu ciptaan sendiri maka mereka dapat eksis di dunia hiburan dalam waktu yang lama.

Contoh Penyanyi sekaligus pencipta lagu yang sukses di Indonesia adalah:

  1. Ahmad Dhani (penyanyi dan grup band).
  2. Nazril Irham ( penyanyi grup band)
  3. Iwan Fals (penyanyi solo).
  4. Rhoma Irama (penyanyi dangdut).
  5. Ebiet G.Ade (penyanyi solo), dan masih banyak lagi.

Modal Menciptakan Lagu

Sebenarnya modal utama untuk menciptakan lagu sendiri hanyalah bisa bernyanyi, itu saja sudah cukup, tak perlu pintar bernyanyi. Akan tetapi bila kamu mempunyai banyak bakat dalam seni musik maka banyak modal yang akan memudahkan kalian dalam membuat lagu ciptaan sendiri.

Berikut adalah 3 modal menciptakan lagu sendiri:

  1. Bisa Menyanyi.
  2. Bisa Membuat Lirik Lagu.
  3. Bisa Bermain Alat Musik.

Jika kamu bisa menguasai 3 hal diatas, maka membuat lagu sendiri adalah hal yang sangat mudah.

 

Tahapan pembuatan lagu

Tahapan pembuatan lagu bisa berbeda-beda tergantung dari kelebihan seorang pencipta lagu.

1. Syair Lagu

Tahap awal dari membuat sebuah lagu adalah membuat syair lagu. Pernahkah kalian mendengar sebuah lagu baru lalu menyanyikannya tanpa musik dan lirik lagu yang belum kalian hafal ? yaaah kalian telah menanyikan sebuah lagu tanpa syair dan lirik.

Alat Perekam

Manusia itu sering lupa. Sayang sekali jika kalian telah membuat syair lagu yang bagus tiba-tiba saja lupa dan harus memulai membuat syair lagu yang baru. Gunakan alat perekam seadanya , semisal handphone agar kalian selalu ingat dengan syair lagu yang baru kalian ciptakan.

2. Alat Musik

Gunakan alat musik semisal Gitar, Keyboard, Biola atau alat musik apa saja yang kalian kuasai. Iringi syair lagu dengan permainan alat musik sesuai dengan aliran musik kalian, bisa pop, dangdut, rock dll.

3. Judul Lagu

Beri judul lagu kalian sesuai dengan lirik yang telah kalian buat. Judul Lagu juga sangat berguna untuk memudahkan kalian dalam membuat lirik lagu. Dengan adanya Judul Lagu yang sudah kalian tentukan sebelumnya maka proses pembuatan lirik lagu akan lebih terfokus.

4. Lirik Lagu

Fungsi Lirik pada sebuah lagu adalah menjelaskan kepada pendengar tentang makna yang terkandung dari sebuah lagu. Seorang pencipta lagu yang sedang sedih akan membuat lagu ciptaan yang sedih pula. Syair lagu yang sedih tersebut akan disampaikan kepada pendengar lewat lirik lagu.

Lewat lirik lagu seorang pencipta lagu bisa myampaikan pesan kepada pendengar tentang apa yang sedang dia rasakan. Buat lirik lagu yang selaras dengan syair lagu kalian. Menguasai banyak kosakata akan sangat membantu kalian dalam membuat lirik lagu yang bagus.

Tentunya tahapan penciptaan lagu berbeda beda tergantung dari kelebihan sang pencipta lagu. Ada yang membuat lirik lagunya dulu, ada yang membuat musiknya dulu dan ada yang membuat syair lagunya dulu.

Kelemahan saya dalam membuat lagu adalah pada pembuatan lirik lagu, maka biasanya saya membuat syair lagu dahulu baru saya akan membuat lirik lagunya yang saya sesuaikan dengan syair lagu yng sudah jadi sebelumnya.

Dalam membuat syair lagu biasanya saya akan langsung bernyanyi dengan diiringi alat musik atau tanpa bantuan alat musik.

 

Cara Mencari Ide Untuk Membuat Lagu

Kadangkala sebuah lagu bisa tercipta tanpa sengaja disaat seorang pencipta lagu mengalami atau melihat peristiwa tertentu. Ide tersebut bisa berupa bekal untuk membuat lirik lagu ataupun hanya berupa syair lagu. Namun kita jangan hanya menunggu ide sebuah lagu datang sendiri, kitapun bisa melatihnya agar ide membuat lagu bisa kita peroleh.

Berikut adalah cara mencari ide pembuatan lagu:

1. Bernyanyi

Sering bernyanyi tanpa atau dengan lirik lagu, kadangkala kita menemukan nada yang dapat kita jadikan modal awal merangkai sebuah lagu. Biasanya hal seperti ini akan membantu kita membuat lagu dari syairnya dahulu.

2. Bermain Alat Musik

Bermain alat musik sendiri dengan Gitar, Keyboard dan alat musik lainnya akan membuat kita terlatih dengan permainan nada. Bermain alat musik pada saat kita sedang sedih, senang atau marah kadang kita akan sering mendapatkan nada awal yang sangat bagus bila dirangkai menjadi sebuah syair lagu.

3. Mendengarkan Lagu

Sering mendengarkan lagu dari penyanyi yang kita sukai juga dapat membantu kita menemukan ide mebuat lagu baru.

4. Menyaksikan Peristiwa Penting

Peka terhadap peristiwa, misalnya masalah dalam keluarga, pacar, teman, atau berita populer di televisi maupun media sosial bisa memunculkan ide untuk menciptakan lagu. Banyak sekali judul lagu yang bisa kita buat dari peristiwa tersebut dan tugas kita selanjutnya adalah menulis Lirik lagu yang tepat sesuai dengan judul tersebut.

 

Synchronisasi Syair, Musik dan Lirik Lagu

Tahapan inilah yang paling sulit dalam penyelesaian sebuah lagu. Jika kalian pandai membuat syair lagu, pandai membuat lirik lagu dan bermain musik maka proses penyelesaian sebuah lagu tentunya akan sangat mudah. Namun bila tidak, tentunya kalian harus bekerjasama dengan teman atau orang lain yang mempunyai keahlian untuk menutupi kekurangan kalian.

Terkadang Lirik lagu yang telah kalian buat ternyata tidak pas dengan syair lagu yang telah kalian buat dan tentu saja kalian harus mencari kata-kata lain untuk digunakan dalam lirik lagu agar lirik lagu yang kalian buat pas dengan syair lagu kalian.

 

Contoh Dari Pengalaman Pribadi Saya

Ini adalah pengalaman pribadi saya ketika tiba2 saja saya dapat membuat sebuah lagu. Singkat cerita…..Pada zaman dahuluuuuu……heheheeee

Disuatu hari yang sangat membosankan, ketika itu saya sedang menonton sebuah film. Dan ternyata cerita dalam film tersebut sangat menyentuh hati saya karena jalan cerita dan hasil akhir dari film tersebut mirip sakali dengan rumitnya kisah cinta saya saat itu ciyyeeeeee…..

Saya benar-benar larut dalam kesedihan dan akhirnya masuk kedalam kamar lalu mendengarkan sebuah lagu kesukaan saya dan sayapun makin larut dalam kesedihan.

Setelah mendengarkan lagu sayapun mencoba menyanyi sendiri, meraung2 seperti seekor kucing yang ditinggal kekasihnya… dan tiba-tiba menemukan sebuah nada yang menurut saya bagus untuk melampiaskan kesediahn di hati ini. Kemudian saya rangkai nada demi nada tersebut dan jreeeengg….jadilah sebuah lagu setengah matang…heheee

Lalu saya ambil sebuah gitar dan saya iringi lagu baru saya tersebut dengan petikan suara gitar. Tak lupa saya ambil telepon genggam saya untuk merekam kegiatan yang saya lakukan. Dan akhirnya jadilah sebuah lagu lengkap dengan musik pengiringnya.

Saya lalu mengambil sebuah kertas dan pena lalu saya mulai menulis sebuah lirik lagu tentang semua kesedihan yang sedang saya rasakan. Kata demi kata yang melukiskan betapa hancurnya hati ini kutulis dan kurangkai dalam selembar kertas.

Setelah lirik lagu selesai saya buat lalu saya nyanyikan lirik lagu tersebut dengan syair lagu yang sudah saya buat sebelumnya. Ketika ada kata-kata dalam lirik lagu yang tidak sesuai maka saya akan mencari kata2 lain yang pas dengan syair lagu ciptaan saya.

Akhir cerita saya berhasil membuat lagu ciptaan sendiri lengkap dengan musik pengiring dan lirik lagunya. Ternyata bagus juga lhooo lagu ciptaanku….menurutku siiih…

 

Cara Kalian ?

Tentu kalian sendiri yang mengetahui kemampuan kalian, Bagaimana cara kalian dapat dengan mudah menciptakan lagu ciptaan sendiri. Jika kalian jago dalam bermain alat musik serta membuat lirik lagu, tentunya sangat mudah bagi kalian untuk membuat lagu ciptaan sendiri.

Tapi jika kalian tidak pandai bermain musik ataupun membuat lirik lagu, cukup bermodalkan membuat syair lagu saja sudah cukup untuk menciptakan lagu sendiri, walaupun lagu tersebut tentu hanya layak kalian dengarkan sendiri.

Jika kalian ingin lagu karya kalian di dengarkan oleh orang lain, tentunya kalian harus bekerjasama dengan orang lain yang pandai bermain musik dan pandai dalam membuat lirik lagu.

 

Kesimpulan :

Membuat lagu ciptaan sendiri itu sangat mudah, namun membuat lagu ciptaan sendiri menjadi bagus dan layak di dengarkan orang lain itu sangat sulit. Perlu memiliki keahlian yang lebih untuk membuat sebuah lagu menjadi bagus.

Tapi tetaplah kalian berbangga hati, karena kalian bisa membuat karya berupa lagu yang tidak semua orang bisa membuatnya. Serahkan saja kepada pasar atau pendengar, karena semua orang mempunyai selera musik yang berbeda. Belum tentu lagu yang kita anggap jelek dinilai jelek juga oleh orang lain. Begitu juga sebaliknya, belum tentu juga lagu ciptaan yang kita anggap bagus di nilai bagus juga oleh orang lain.

About Bas