Monday , October 19 2020

Cara Salah Menyuapi Anak Yang Sering Dilakukan Orang Tua

Tanpa disadari orang tua sering sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk saat menyuapi anaknya makan. Berikut ini adalah sejumlah kesalahan saat menyuapi anak yang harus Anda hilangkan.

1. Menyuapi Sambil Jalan-jalan

Banyak sekali orang tua yang mengasuh dan menyuapi anaknya sambil jalan-jalan. Mereka membawanya menyusuri pinggir jalan di dekat tempat tinggalnya, ini sangat membahayakan kesehatan anak, karena di jalan mereka berpotensi menghisap debu, asap kendaraan, lalat yang membawa kuman dan menempel di piring anak, dalam hitungan detik saja mereka menempel di makanan anak kemungkinan anak Anda bisa terkena tifus, diare, muntaber, dan disentri.

Sebaiknya makan yang baik dilakukan di meja makan, bukan jalan-jalan. Kalau Anda membiasakan anak untuk makan di kursi makan, lama-lam akan tertanam di benaknya bahwa waktu makan adalah ketika ia duduk di kursi makan. Kalau ia belum bisa duduk, pangku anak Anda, tapi tetap di meja makan. Dari segi medis, hal yang harus Anda perhatikan, jangan terlalu lama memberi makan anak. Sebab makanan bisa terkontaminasi kuman-kuman. Makanan juga menjadi berair dan tidak enak lagi.

2. Meniup Makanan

Meniup makanan kerap dilakukan orang tua atau pengasuh. Padahal mendinginkan makanan dengan cara meniup dengan mulut Anda berpotensi menularkan penyakit orang dewasa kepada anak. Jika orang dewasa yang tengah menyuapi sedang menderita flu, batuk, atau TBC, secara tidak sadar ia telah mentransfer bibit penyakit tersebut lewat udara yang ia tiupkan, untuk mendinginkan makanan sebaiknya dikipasi dengan kipas, buku atau lipatan kertas tapi bukan ditiup-tiup dengan mulut Anda.

3. Memaksa

Hal ini kerap dilakukan orang tua atau pengasuh, yakni menjejali mulut anak walaupun masih ada makanan. Ini mereka lakukan agar acara makan cepat selesai. Anak pun kerap dijejali makanan yang tidak ia suka. Akibatnya anak pasti menolak dan tindakan ini menyisakan trauma makan, dan ia menjadi tidak menikmati kegiatan makan ini.

Seharusnya orang tua atau pengasuh memperhatikan respon anak terhadap setiap sendok makanan yang disuapkan ke mulut anak.

  • Apakah ia suka ?
  • Lahap atau tidak ?
  • Apakah suapannya kepenuhan ?
  • Apakah masih ada sisa makanan di mulutnya ?
  • Apakah anak sudah kenyang ? dan lain sebagainya.

Anda tak seharusnya memaksa Anak.

4. Ekspresi Tak Menyenangkan

Penting dipahami, ekspresi orang tua atau pengasuh pada mood anak. Kalau kita menyuapinya sambil cemberut atau marah-marah anak pasti menolak untuk makan. Akan lebih baik jika kita menyuapi anak sambil terus diajak berkomunikasi, bercerita tentang kejadian lucu yang Anda alami, kisah masa kecil Anda ketika acara makan, dan lain sebagainya.

About Bas