Wednesday , October 28 2020

6 Cara Merawat Sepatu yang Tepat Agar Tidak Cepat Rusak

Memiliki banyak koleksi sepatu tentunya cukup menyenangkan, bukan? Selain Kamu bisa bergonta-ganti dalam menggunakannya, kamu bisapula pilih yang matching sesuai dengan outfitmu. Seru sih! Tapi begitu, punya banyak sepatu juga enggak segampang yang dibayangkan. Kamu harus tahu cara merawatnya dengan tepat agar sepatu-sepatu kesayanganmu enggak mudah rusak.

Nah, berikut ini tips-tips merawat sepatu yang bisa kamu praktekkan di rumah. Cekidot!

1. Letakkan di rak penyimpanan yang kering

Rak Sepatu Bulat.
Rak Sepatu Bulat(alibaba.com)

Tips paling dasar dalam merawat sepatu adalah memperhatikan tempat penyimpanannya. Jangan sesekali meletakkan sepatu di sembarang tempat. Selain bikin susah dicari, juga bikin sepatumu mudah kotor.

Baiknya sediakan rak penyimpan khusus untuk menaruh alas kakimu. Pastikan juga rak tersebut berada di ruangan yang kering. Apabila ruangnya lembab, maka efeknya bisa memicu tumbuhnya jamur pada sepatu.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat meletakkan kamper di sekitar rak sehingga areanya terbebas dari serangga ataupun jamur.

2. Jangan biasakan menaruh kaos kaki dalam sepatu

Siapa nih yang sering lupa menaruh kaos kaki di dalam sepatu? Tahu nggak, ternyata kebiasaan tersebut kurang baik, loh! Kuman dan bakteri dari kaos kaki bisa saja berpindah ke bagian dalam sepatu, sehingga efeknya bisa menyebabkan timbulnya bau tak sedap.

So, maka itu, usahakan meletakkan kaos kaki di tempat yang terpisah dari sepatu. Jangan dijadikan satu, ya?

3. Rajin membersihkan sepatu

Tips selanjutnya yang enggak kalah penting adalah rutin membersihkan sepatu. Usahakan mengelap sepatu dengan kain setiap hari untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel. Sedangkan untuk membersihkannya dengan air, kamu bisa melakukannya cukup 1 kali seminggu.

Yang perlu diperhatikan, cara pembersihan setiap sepatu umumnya berbeda-beda bergantung pada jenisnya.

  • Untuk sepatu kulit asli, kamu bisa membersihkannya dengan campuran air dan cuka (perbandingan 1:1).
  • Untuk sneakers, cukup dibersihkan dengan air dan detergen. Kamu bisa mengelapnya dengan sikat berbulu halus atau kain katun.
  • Untuk sepatu berbahan licin (patent leather), dapat dibersihkan dengan petroleum jelly atau glass cleaner.
  • Untuk sepatu berbahan canvas, gunakan campuran air dan baking soda, kemudian oleskan menggunakan sikat gigi berbulu halus.
  • Untuk sepatu berbahan suede, bersihkan dengan campuran air dan cuka putih. Lalu gosokkan menggunakan nailbrush atau kain.

Oiya, saat kamu mengeringkan sepatumu, jangan lupa untuk menjemur sol sepatu secara terpisah. Tujuannya agar sol sepatu benar-benar kering.

4. Letakkan gel silika di dalam sepatu

Gel Silika Transparan untuk Sepatu.
Gel Silika Transparan dalam Sepatu (clubfactory.com)

Kalau kamu mau sepatumu nggak lembab dan enggak mudah bau, maka coba deh membeli bungkusan gel silika (silica gel) di toko. Gel ini memiliki fungsi untuk menjaga suhu dalam sepatu tetap stabil, kering dan terhindar dari kuman. Kamu cukup menaruhnya di area penyimpanan atau di bagian dalam sepatu. Tapi ingat, jangan lupa dikeluarkan saat kamu hendak mengenakannya.

5. Sesekali disemir untuk menjaga warnanya agar tidak pudar

Paparan polusi, seperti debu dan asap kendaraan seringkali membuat permukaan sepatu jadi gampang kotor serta kusam. Nah, salah satu cara untuk menanganinya yakni dengan rutin menyemir sepatu. Namun kamu juga perlu perhatikan, karena menyemir sepatu juga nggak boleh sembarangan!

Pastikan kamu memiliki menggunakan semir atau polish yang sesuai dengan jenis sepatumu. Kemudian, gunakan kain untuk mengoleskannya untuk menghindari gesekan berlebihan.

Agar sepatumu selalu terlihat mengkilap, praktekkan metode ini setidaknya 2-3 kali seminggu.

6. Gunakan kaos kaki saat memakai sepatu

Kaos kaki fungsinya bukan sekedar untuk bergaya atau melindungi kulit kaki. Faktanya dengan kamu mengenakan kaos kaki saat memakai sepatu, maka sol dari sepatu tersebut cenderung lebih awet.

Sebaliknya, jika kamu tidak menggunakan kaos kaki, telapak kaki bisa menimbulkan gesekan pada sol sepatu, sehingga efeknya sol jadi cepat menipis dan berisiko rusak.

Nah, kira-kira itulah guys sederet cara merawat sepatu secara tepat agar tidak mudah rusak.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *