Sebenarnya cara merawat sepatu denim hampir mirip dengan sepatu kanvas. Selain sama-sama terbuat dari kain, keduanya juga cocok dipakai saat acara santai atau kasual. Namun di lain sisi, sayangnya sepatu denim gampang kotor. Untungnya, sepatu denim juga mudah dibersihkan. Hanya pastikan bahwa caranya benar.

Cara Mencegah Sepatu Denim Supaya Tidak Kotor

Sebelum mempelajari bagaimana cara membersihkan sepatu denim, ada baiknya kita intip dulu bagaimana sih supaya alas kaki kasual tersebut tidak mudah kotor.

Yang pertama pastinya adalah hindari mengenakannya ketika musim hujan tiba. Ya sepatu dari bahan kain seperti denim atau kanvas sesungguhnya lebih aman dipakai di lahan kering seperti mall, kampus, kantor, maupun tempat hangout yang tidak berbau alam. Mengapa? Karena sekali sepatu denim basah terkena air, maka lebih mudah bagi debu dan kotoran untuk menempel pada bahannya.

Cara Membersihkan Sepatu Denim

Tapi yang namanya malang terkadang tak bisa ditolak. Sudah dijaga baik-baik, ternyata tanpa sengaja, sepatu bahan Denim malah tersiram air. Jika sudah begini, Anda tak boleh membiarkannya berlama-lama dalam keadaan basah dan kotor.

Sepatu denim yang basah atau kotor sebaiknya segera dibersihkan begitu tiba di rumah. Sebelum dicuci, ada baiknya Anda saling mengetukkan sepatu sehingga kotoran dan debunya rontok. Kalau ada noda lumpur pada sepatu denim, tunggulah sampai itu benar-benar kering. Baru setelah itu ketuk-ketuk ulang sepatu guna merontokkannya. Setelah itu lepas talinya dan cuci secara terpisah nanti.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba jika ingin mencuci sepatu denim.

Mesin Cuci

Karena terbuat dari kain, sepatu denim sebenarnya aman-aman saja kalau ingin dicuci menggunakan mesin cuci. Membersihkan sepatu denim dengan mesin cuci tak cuma cepat, namun juga mudah. Akan tetapi sayangnya, ada risiko yang mungkin harus ditanggung bila Anda memutuskan memakai cara ini.

Pencucian dengan mesin tak cuma berisiko membuat sepatu denim mengalami diskolorasi (perubahan/ perbedaan warna), namun juga bisa melemahkan lem perekat sepatunya. Jika tak ingin mengalami risiko ini, apalagi kalau harga sepatu denimnya mahal, maka mending cuci dengan tangan saja.

Tapi bila ingin tetap memilih cara ini, ketahuilah bahwa sepatu denim hanya boleh dicuci memakai air dingin di dalam putaran mesin berkecepatan rendah. Untuk sabun pembersihnya, deterjen cair umumnya sudah ampuh untuk menghilangkan nodanya.

Dan, hanya karena sepatu denim boleh dicuci dengan mesin, tapi tak berarti kalau itu boleh dimasukkan dalam mesin pengering. Sebaiknya tetap keringkan dengan cara diangin-anginkan agar suhu tinggi tak merusak kekuatan lemnya tadi.

Mencuci Dengan Tangan

Walau lebih lama serta membutuhkan energi lebih ketimbang mesin, tapi banyak pihak menyarankan agar sepatu denim dicuci dengan tangan saja. Untuk ini, Anda perlu menyediakan ember berisi air hangat yang diberi detergen.

Sekarang, sikat setiap bagian sepatu (termasuk bagian sol luarnya) dengan sikat gigi atau spon cuci di atas ember. Perlahan celup sepatu denim ke dalam air sambil terus menyikatnya. Hindari merendam seluruh bagian sepatunya.

Selanjutnya bilas sepatu dengan air hangat, dan gunakan handuk untuk mengeringkan sekaligus menyerap airnya. Supaya bentuknya tetap terjaga, masukkan remasan kertas ke dalam tiap sepatu denimnya.

Terakhir, jemur sepatu dengan cara mengangin-anginkannya di tempat teduh dan sejuk. Ingat, jauhkan sepatu dari sumber panas agar lemnya tidak rusak sehingga tekstur sepatunya rusak. Tunggu sampai sepatu denim benar-benar kering bila ingin memakainya. Mengenakan sepatu denim yang masih basah dapat membuka peluang bagi tumbuhnya jamur serta bakteri, penyebab bau kaki.