Saturday , October 24 2020

Cara Merawat Kucing Persia dan Anggora

Berbicara mengenai kucing, pasti dua jenis kucing inilah yang akan keluar namanya, Persia dan Anggora. Bukan hanya nama dan ciri-cirinya saja yang berbeda, cara merawat kucing Persia dan Anggora pun berbeda pula. Bagi mereka yang masih awam dengan kucing, sebetulnya tidak terlalu sulit untuk mengenali perbedaan antara kucing Persia dan Anggora tersebut.

Kucing jenis Persia terkenal dengan kelucuan yang dimilikinya. Jenis ini memiliki perawakan yang gemuk, cenderung seperti keberatan dengan badannya yang tambun tersebut. Terkenal dengan sifat malasnya namun patuh dan memiliki bulu yang lembut yang enak untuk dielus-elus. Wajahnya memiliki bentuk yang bulat, Ditambah bulu yang tebal pada seluruh tubuhnya, membuat kucing ini seperti tidak ada lehernya. Bagian yang khas yaitu mata bulat dan hidung peseknya. Antara dahi, hidung, serta dagu posisinya sepert garis lurus. Bentuk kakinya pendek tapi besar. Bagian cakar di ujung kakinya juga besar dengan bentuk yang membulat. Ekor yang dimilikinya berbentuk memanjang.

Ciri ciri kucing Persia tersebut kontras sekali dengan kucing Anggora. Kucing Anggora yang merupakan kucing yang berasal dari Turki ini memiliki perawakan yang aktif dengan tatapan yang tajam. Mirip dengan kucing lokal yang berbulu seperti musang. Namun, bulunya tidak seperti pada kucing Persia. Leher dari kucing Anggora terlihat. Bentuk kepalanya seperti segitiga yang lonjong. Kucing aktif ini sangat cerdas dan ‘kepo’ sekali. Kelucuan diperlihatkan dengan pose-posenya yang imut.

Cara merawat kucing Persia dan Anggora yang baik

Merawat Kucing Persia yang bulunya tebal memang sedikit sulit dan terhitung mahal. Bulu harus dipertahankan agar tetap indah dan sehat. Nilai jualnya pun akan tinggi bagi kucing Persia yang terawat dengan baik tersebut. Dalam menjaga bulunya kita harus rajin dan rutin untuk menyikat dan menyisirnya setiap hari. Gunakan sisir logam agar mudah untuk menyisirnya. Dalam sehari, setidaknya penyisiran diusahakan dilakukan dalam dua kali. Untuk merawatnya tetap sehat, gunakan juga tissue bayi yang basah untuk menyeka bulunya tersebut. Tissue bayi yang lembut dan harum akan membuat kucing terasa enak untuk kita elus dan peluk karena pasti akan tercium wanginya dan bersih dari penyebab alergi. Jika kemudian Anda kurang cukup waktu untuk merawatnya setiap hari dan bulunya sudah kusut, sebaiknya gunakan jasa salon kucing yang telah professional untuk merapikannya. Jika anda kurang pengalaman melakukan sendiri, dikhawatirkan Anda malah akan menyakitinya.

Cara merawat kucing Persia dan Angora juga bukan hanya seputar bulu, tapi kesehatan matanya juga. Untuk kucing Persia sendiri, masalah mata cenderung terjadi pada saluran air matanya. Air mata akan sering keluar dengan volume yang cukup banyak. Maka dari itu, Anda harus rajin rajin membersihkan matanya tersebut dengan tissue khusus mata. Masalah lain pada inderanya juga biasa terjadi pada hidung. Hidung harus rajin dibersihkan agar saluran pernapasannya tidak tersumbat. Sedangkan untuk perawatan makanannya, sebagai nutrisi makanan untuk kucing Persia harus mengandung semua kandungan gizi yang diperlukannya. Anda bisa menemukan makanannya dengan mudah di toko khusus makanan hewan peliharaan. Makanan yang tepat akan membuatnya tetap sehat dengan bulu yang terlihat sangat indah.

Semalas-malasnya kucing Persia, Anda diwajibkan mengajaknya bermain setiap hari. Jangan sampai ia menjadi bosan. Walaupun Anda hanya mengajaknya bermain di dalam rumah itu sudah cukup, berikan saja mainan apapun yang ia sukai. Jadi, ia akan tumbuh menjadi kucing yang aktif dan cerdas. Kecerdasan kucing juga terlihat dari bagaimana ia membuang kotorannya. Kucing Persia sendiri merupakan tipe pemilih yang hanya akan membuang kotoran di tempat yang bersih yang menurutnya nyaman. Jadi, Anda wajib membersihkan kandangnya setiap hari. Tempatkan juga kucing Persia Anda dengan jendela yang mudah ia jangkau sebagai tempatnya berjemur ketika Anda tidak bisa mengajaknya berjemur. Jika Anda melakukan perawatan ini, maka dipastikan kucing Persia Anda akan bertahan bahkan hingga usianya mencapai 20 tahunan.

Selanjutnya untuk Kucing Anggora. Baik dalam cara merawat kucing Persia dan Anggora, kandang memang jadi bagian utama yang harus diperhatikan. Kucing Anggora sama dengan kucing Persia yaitu menyenangi kandang yang bersih dan nyaman. Kucing ini harus diberikan kandang yang sesuai dengan berat badannya. Pemilihan kandang sebaiknya menggunakan bahan alumunium yang ringan dan tidak berkarat. Lalu, untuk makanannya, kucing Anggora harus rutin diberi makan tiga kali dalam sehari. Banyaknya porsi makanan harus disesuaikan dengan usianya. Jika kucing Anggora sudah masuk ukuran dewasa, porsi makanannya full satu takaran tempat makan kucing biasa. Sedangkan untuk minumnya, susu khusus kucing yang kaya akan laktosa wajib diberikan. Tidak disarankan mengganti susunya dengan susu untuk manusia karena hal itu bisa membuat kucing Anggora Anda mencret.

Cara merawat kucing Persia dan Anggora yang tidak kalah penting juga pada vaksinasinya. Vaksinasi harus diberikan agar kucing selalu sehat dan tidak menularkan penyakit pada Anda sebagai pemiliknya. Bagian badannya harus selalu dibersihkan antara lain bagian telinga, kuku, hingga duburnya. Sama seperti kucing Persia, kucing Anggora pun harus rajin disisir dan diajak main. Kucing Anggora yang dikenal lebih aktif akan belajar lari lebih cepat dan lebih lincah ketika anda ajak dia bermain. Setidaknya ajak kucing bermain main sekitar 30 menit setiap harinya.

Harus diingat juga, dalam cara merawat kucing Persia dan Anggora ketika kita memandikan mereka tidak boleh menggunakan shampoo manusia. Shampoo khusus kucing yang sudah disesuaikan akan membuat bulunya terjaga dan kucing Anda pun menjadi sehat. Jadi, agar kucing selalu sehat lakukan cara merawat kucing Persia dan Angora dengan benar. Maka Kucingpun akan terawat dengan baik dan akan berumur lebih panjang.

About Bas