Cara Merawat Kaos Kaki Agar Tidak Mudah Melar

Kaos kaki memang memiliki cara perawatan yang berbeda dengan jenis pakaian yang lain. Karena benda satu ini berukuran kecil sehingga membutuhkan perlakuan khusus untuk merawatnya. Jika Anda salah dalam hal perawatan maka kaos kaki akan cepat rusak. Salah satu jenis kerusakan yang paling sering di alami oleh kaos kaki adalah melar.

Kaos kaki yang sudah melar tentu saja tidak nyaman lagi untuk di gunakan. Ini karena kaos kaki yang sudah melar ketika di gunakan tidak akan melekat di kaki. Justru bisa terus melorot turun karena kain kaos kaki sudah melar. Alasan itu lah yang mendasari mengapa kaos kaki harus segera di ganti apabila sudah melar.

Tips Merawat Kaos Kaki Agar Tidak Melar

Kaos kaki tidak melar
Kaos kaki tidak melar (chatelaine.com)

Ada banyak sekali penyebab dari kaos kaki yang melar. Mulai dari cara perawatan yang salah hingga penggunaannya yang terus menerus. Kaos sama seperti pakaian yang lain yakni membutuhkan cara khusus untuk perawatannya. Beberapa tips di bawah ini bisa Anda gunakan untuk merawat kaos kaki Anda agar tidak mudah melar.

Tipsnya adalah:

1. Jangan di Cuci Menggunakan Mesin Cuci

Aturan pertama yang harus di patuhi jika tidak ingin kaos kaki Anda cepat melar adalah dengan mencuci kaos kaki secara manual atau tanpa mesin cuci. Meskipun terlihat sepele namun tanpa Anda sadari mesin cuci menjadi faktor terbesar yang menyebabkan sebuah kaus kaki menjadi cepat melar dan juga rusak.

2. Jangan Setrika Kaos Kaki Dengan Suhu Terlalu Panas

Apakah Anda termasuk orang yang sangat rapi dimana selalu menggunakan setrika untuk merapikan semua pakaian Anda hingga kaos kaki? Jika iya maka mulai sekarang Anda harus berhati-hati ketika sedang menyetrika kaos kaki. Gunakan suhu setrika sedang dan cenderung rendah untuk menyetrika kaos kaki.

3. Jangan Setrika Kaos Kaki Saat Basah

Kerap kali kita menyetrika pakaian yang tidak kering di jemur karena pakaian tersebut akan segera di pakai. Namun jangan sampai Anda menyetrika kaos kaki saat masih basah atau bahkan setengah basah. Menyetrika kaos kaki yang belum benar-benar kering bisa membuat kaos kaki tersebut cepat melar. Ini karena bahan kaos kaki tidak tahan panas terutama seratnya.

4. Ganti Kaos Kaki Maksimal 2 Hari Pemakaian

Setiap orang sering kali lupa untuk mengganti kaos kaki mereka padahal sudah lama di gunakan. Hal ini bisa memicu terjadinya kain melar pada kaos kaki. Apalagi jika kaus kaki sudah basah dan masih Anda gunakan maka tidak hanya melar saja namun bau kaki juga bisa Anda derita. Ganti kaos kaki Anda minimal 2 hari sekali untuk menjaga kualitas kaos kaki dan kesehatan kaki Anda.

5. Lipat Kaos Kaki Dengan Penjepit

Setelah kaos kaki kering maka bagaimana cara Anda melipatnya? Apakah dengan cara melipatnya biasa atau dengan cara melipatnya secara bulat? Biasanya jika hanya melipat biasa maka lipatannya akan mudah terbuka dan mengakibatkan salah satu pasangan kaos kaki hilang di antara tumpukan pakaian lainnya.

Oleh karena itu gunakan penjepit untuk melipat kaos kaki Anda. Hindari melipat dengan cara membuatnya seperti bola atau menggulung. Karena jenis lipatan ini bisa membuat kain kaus kaki menjadi cepat melar.

Tips di atas bisa Anda gunakan untuk menjaga agar kaos kaki tidak cepat melar sehingga Anda tidak perlu sering gonta ganti kaos kaki.

1 thought on “Cara Merawat Kaos Kaki Agar Tidak Mudah Melar”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *