Saturday , October 24 2020

9 Cara Menyikapi Perubahan Pada Sahabatmu

Kamu tidak bisa melakukan apapun untuk itu selain terus bergerak maju. Memang, perasaan paling menyedihkan adalah saat kita menyadari bahwa beberapa orang dekat kita telah berubah.  Tidak ada alasan tertentu, tidak ada perkelahian apa-apa hanya saja hidup bergerak terus dan kita memiliki jalan berbeda. Lalu, kita melihat teman-teman dekat seperti orang asing yang tidak dikenal lagi.

Pernah nggak kita merasakan saat kita menjalani hari-hari seperti biasa seperti tidak ada yang berubah. Tapi saat kita menengok ke belakang ternyata semua sudah berubah dan berbeda seiring langkah kita. Banyak perubahan yang tidak kita sadari tapi itulah hidup, semua bergerak dan berubah.

Lalu, bagaimana kita menyikapi bahwa beberapa teman sudah berubah?

1. Bayangkan Diri Kamu Tanpa Mereka

Sahabat yang kamu pikir akan bersama kamu selamanya tiba-tiba tidak ada lagi. Manusia berubah, kita juga berubah dan ini sangat normal. Pada akhirnya kita adalah individu yang memiliki kehidupan sendiri. Jika ini terjadi, carilah kesibukan lain atau mungkin cari sahabat baru.

2. Bukan Salah Kita Jika Mereka Pergi

Setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda. Ketika masing-masing sibuk untuk mencapai tujuan, tanpa disadari kita melangkah di jalan yang berbeda sehingga mendadak semua berubah. Bukan salah dia atau kamu. Situasi memaksa perubahan.

3. Tidak Perlu Memaksakan Diri Untuk Tetap Berteman

Ada seseorang yang memilih prioritas hidup dan persahabatan kalian bukan salah satunya. Saat kamu berusaha agar persahabatan tetap sama sementara mereka terus bergerak menjauh. Sebaiknya hentikan saja usahamu karena bisa menyakiti dirimu sendiri. Biarkan mereka pergi dan yakin saja pada mereka bahwa kamu tetap sahabatnya.

4. Menjadi Dewasa

Masing-masing orang mengalami masa pendewasaan yang berbeda-beda. Bisa jadi kamu berubah menjadi dewasa lebih cepat daripada sahabat kamu. Hingga kamu sendiri merasa tidak cocok lagi untuk bersama mereka. Misalnya, kamu sudah bekerja dengan mapan dan mulai sibuk dengan deadline. Sementara sahabat kamu masih senang bermain, kumpul dengan teman lain seperti dulu. Kamu pasti merasa jengah sendiri kan?

5. Tidak Perlu Menghakimi

Memang sahabat kamu pernah menjadi soulmate dan orang yang selalu siap sedia jika dibutuhkan. Tapi jika semua sudah berubah, mereka menjauh. Tidak perlu membenci mereka dan berharap semua tetap sama. Mereka adalah individu yang terpisah dari kamu. Jika mereka memilih pergi, mereka yang rugi kehilangan kamu. Bukan kamu.

6. Beberapa Orang Hadir Untuk Sesaat Bukan Selamanya

Ada beberapa orang yang memang hanya bersama kita untuk saat tertentu saja. Setelah itu kamu dan dia bergerak ke arah yang berbeda. Jadi, tidak semua akan bersama kamu selamanya.

7. Ambil Hikmah Dari Kehadiran Mereka

Tahu istilah “People come for a reason”. Artinya, semua orang yang hadir dalam kehidupan kita memberi pelajaran hidup. Tugas kita adalah menerima ”pesan” apa yang mereka bawa. Ada beberapa yang memang harus tinggal lebih lama bersama kita karena ”tugasnya” belum selesai. Sementara ada yang ”tugasnya” selesai lalu pergi.

8. Sedikit Teman Lebih Baik Daripada Banyak Tapi Palsu

Semakin dewasa, lingkaran pertemanan kita juga semakin kecil. Pada akhirnya hanya mereka yang benar-benar sahabat asli saja yang tetap berjalan bersama.

9. Ingat, Kamu Juga Berubah

Jika kamu kesal karena sahabat kamu berubah. Ingat, kamu juga sama seperti mereka yaitu berubah. Mungkin saja mereka juga kesal dengan kamu karena itu.

About Bas