Saturday , October 24 2020

Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pacar Secara Baik

Setiap hubungan pasti pernah menghadapi masalah. Selama masa-masa itu terjadi, beberapa pasangan yang bisa menyelesaikan masalah mereka secara baik-baik, tetapi ada juga yang malah tambah rumit dan akhirnya bertengkar hebat, bahkan bisa sampai putus. Terus bagaimana sih cara menyelesaikan masalah dengan pacar secara baik itu?

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak langkah dan pembahasan tentang bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan pacar secara baik berikut ini:

1. Fokus Pada Permasalahan

Kamu dan pasangan harus sama-sama fokus pada pokok permasalahan yang terjadi. Hindari membahas dan mengungkit-ungkit masalah terdahulu, karena hal tersebut dapat memicu pertengkaran hebat.

2. Tetap Jaga Kepercayaan Pasangan

Ketika kamu dan pasangan menghadapi suatu masalah, yang harus kamu tetap lakukan adalah memberinya kepercayaan seutuhnya. Bagaimanapun, sebuah kepercayaan dari seorang pasangan adalah suatu poin penting untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis.

Sekalipun kepercayaan tersebut dilanggar, berikan kesempatan kedua dan yakinlah bahwa dia akan berubah. Niscaya lambat laun pasangan kamu akan menyadari ketulusan cinta kamu. Dengan kesadaran seperti itu maka rasa cinta kamu dan pasangan tidak luntur, apalagi karena sebuah masalah kecil saja.

3. Cari Suasana Yang Nyaman

Pada saat terjadi masalah dalam hubungan kamu, tentunya suasana terasa tegang, canggung, bahkan muncul rasa tidak nyaman antara satu sama lain. Nah, untuk mengatasi hal ini, alangkah baiknya kamu berinisiatif mengajak pasangan kamu ke suatu tempat yang nyaman dan tenang.

Misalkan, jika kamu dan pasangan menyukai pantai, pegunungan, atau tempat favorit lainnya, cobalah untuk pilih salah satu tempat tersebut. Masalah yang sangat berat dan rumit pun bisa lebih encer dengan suasana yang lebih nyaman.

4. Berhenti Bicara Ketika Mulai Emosional

Ketika suasana di antara kamu dan pasangan memanas, lebih baik diam dulu. Kamu bisa mengambil jeda beberapa jam atau hari terlebih dahulu. Penelitian membuktikan, semakin banyak waktu untuk diri sendiri, kamu dan pasangan bisa sama-sama tenang. Setelah kamu dan pasangan merasa lebih baik, lanjutkan obrolan kalian. Saat itulah kalian berdua bisa mengutarakan pendapat dengan jelas.

5. Biarkan Dia Tahu Bahwa Kamu Mendengarkan

Ketika menyelesaikan masalah, jangan tunjukan keegoisan kamu kepada pasangan, meskipun kamu merasa sangat benar dan yakin. Biarkan dia tahu bahwa kamu mendengarkannya dengan mengatakan padanya bahwa kamu mengerti maksudnya, meskipun kamu juga memiliki pemikiran yang berbeda. Pertengkaran di antara pasangan dapat terjadi karena satu pihak merasa tidak didengarkan.

6. Memaafkan Dengan Sepenuh Hati

Saling memaafkan mampu menyejukkan suasana hati kamu dan juga pasangan ketika menghadapi masalah. Seberapa berat pun kekesalan kamu terhadapnya, bukan berarti bisa menjadi alasan kamu menutup pintu maaf.

Apa pun masalahnya, saling memaafkanlah dengan perasaan tulus. Tidak perlu menunggu pasangan kamu yang meminta maaf terlebih dahulu. Berinisiatiflah untuk meminta maaf, karena semakin cepat akan semakin baik. Selain mengatasi masalah, cara ini juga cukup jitu untuk mempertahankan hubungan dengan baik.

7. Ingat Pada Komitmen Yang Telah Disepakati

Jika kamu dan pasangan sedang dilanda oleh masalah, baik itu masalah besar ataupun kecil, tetaplah berusaha dengan sebaik mungkin agar tidak melanggar komitmen yang pernah kalian buat. Jika pada saat itu kamu mempertimbangkan untuk mengakhiri hubungan, cobalah ingat kembali tujuan untuk ke depannya.

Itulah beberapa cara menyelesaikan masalah dengan pacar secara baik. Hadapi dengan kepala dingin dan hindari egoisme diri sendiri. Saling mengerti, menerima, dan memaafkan merupakan hal penting dalam penyelesaian masalah di antara pasangan. Langgeng ya, jangan berantem terus.

About Bas