Sunday , October 25 2020

10 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri adalah modal awal yang harus dimiliki anak dalam pergaulan sehari-hari. Hal itu menjadikan ia nyaman dengan dirinya sendiri. Berikut ini adalah 10 cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak Anda, yaitu:

1. Katakan Sayang

Si kecil ingin merasa bahwa dirinya berharga dan disayangi oleh kedua orangtuanya, jangan pelit dalam mengekspresikan cinta dan kasih sayang agar ia tumbuh menjadi anak yang memiliki mental sehat dan bahagia.

2. Tanggapi Keluhan Anak Secara Serius

Sekecil apa pun keluhannya, meski menurut kita sepele dan remeh, dengarkan ia baik-baik dan jangan terlalu dini menyalahkan dirinya atas apa yang terjadi. Ia mengadu bukan untuk dihakimi.

3. Biarkan Anak Melakukan Kesalahan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, karena dari kesalahan kita dapat belajar untuk menjadi lebih baik. Jangan selalu menghukum anak jika mereka berbuat kesalahan agar anak berani mencoba. Berilah contoh positif jika kita melakukan kesalahan dengan cara mengakui bahwa kita telah berbuat salah kepada anak. Hal itu justru akan membuat anak lebih menghargai kita sebagai orangtuanya.

4. Tertawalah Bersama Anak

Meski kita tidak paham leluconnya, mintalah ia menjelaskan agar kita bisa melihat dunia dari sudut pandang dirinya. Tertawa bersama anak-anak akan membantunya mengembangkan sifat humor (sifat jenaka) yang baik. Anak yang memiliki sifat yang jenaka akan tumbuh menjadi anak yang tangguh, ia masih tetap bisa bergurau meskipun sedang galau.

5. Pujilah Usaha si Kecil

Jangan terlalu memperhitungkan hasilnya, tetapi lihatlah pada usaha dan kerja kerasnya untuk menghasilkan sesuatu. Dari sini anak akan menghargai bahwa proses belajar itu penting, dan ia tidak tergoda untuk menghalalkan segala cara untuk sebuah hasil yang sempurna.

6. Biarkan Anak Mengerjakan Tugas Sederhana di Rumah

Dengan melibatkan anak-anak pada kegiatan di rumah akan membantunya belajar tentang tanggung jawab. Sejak usia muda, berilah pembagian tugas yang adil pada anak-anak. Misalnya: anak yang lebih kecil bertugas membersihkan kaca dan menyapu lantai, anak yang lebih besar bertugas mencuci piring. Dengan demikian mereka akan belajar bekerja sama, dan memiliki keterampilan praktis dalam hidupnya.

7. Jagalah Rahasia Anak

Kecuali jika dengan merahasiakannya akan membahayakan dirinya. Hargailah privasi anak, dan jangan pernah mempermalukan anak di hadapan orang lain, terutama teman-temannya.

8. Sediakan Waktu Berkualitas Dengan Anak

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan bersama anak, misalnya bermain bersama, mengantarkannya ke sekolah, menemaninya saat ia tampil di acara yang diadakan di sekolah, dan lain sebagainya. Saat kita bersamanya fokuskan pada dirinya, dengan demikian ia merasa dicintai dan merasa berharga.

9. Bantu Anak Berpenampilan dan Berperilaku Sopan

Penampilan dan perilaku yang sopan membantu anak lebih percaya diri. Karena dengan begitu ia mudah diterima oleh orang lain dan lingkungannya. Pakaian yang pantas, bersih dan serasi akan membantu anak tampil baik. Perilaku yang sopan dan bertata krama membantu anak bergaul dengan teman-temannya dan orang dewasa di dekatnya menjadi lebih mudah.

10. Perkenalkan Anak Dengan Berbagai Kegiatan

Sesekali ajak si kecil mengikuti kegiatan yang beragam. Misalnya: berkemah, atau outbound, maka ia akan mempelajari keterampilan baru, mendapatkan teman baru, dan kenangan manis yang tak terlupakan.

About Bas