Sunday , October 25 2020

Cara Mengoptimalkan Kinerja Laptop dengan Tips Berikut Ini!

Suka kesal dengan laptop atau notebook yang lambat? Ketika sedang fokus mengerjakan tugas di laptop, atau ketika sedang bersenang-senang menonton film atau bermain game dan mendengarkan musik, tiba-tiba kerja laptop berhenti dan lumpuh seketika. Orang Indonesia sering menyebutnya dengan kata ngehang atau kata sejenisnya. Ya, kejadian itu sudah tidak langka lagi. Tapi harus diketahui, apakah ini salah si pemakai, atau kualitas yang ada didalam laptop tersebut yang tidak dikerjakan secara jeli dan maksimal?

Ya, dalam pemakaian laptop, tentunya ada aplikasi yang menuntun kita melakukan suatu hal. Seperti halnya Avast, untuk membersihkan virus alias malware yang ada di dalam laptop. Atau Adobe Reader, untuk membuka file yang berjenis PDF. Atau iseng-iseng dengan aplikasi Photoshop yang bisa mengedit foto-foto anda dengan lebih menarik dan eye-catchy, semua aplikasi itu saling melengkapi. Kita sebagai konsumen pun harus jeli dalam memilih laptop. Sesuaikan dengan keinginan kita, atau sesuaikan dengan sesuatu yang kita butuhkan. Apa kita butuh laptop yang optimal untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau tugas kantor? Atau kita butuh laptop yang memiliki gigabytes banyak untuk menyimpan segala musik, film, dan hal-hal entertain lainnya? Ataukah, untuk bermain game? Nah, maka dari itu kita harus dengan cermat mengetahuinya. Kita harus paham dengan segala komponen inti penyusun laptop tersebut. Apakah itu prosesor, atau RAMnya.

Namun, penulis seringkali menemukan mereka yang mengeluhkan kelambatan dalam laptopnya. Katanya, walaupun prosesornya bagus, tetap saja lambat. Wah, berarti ada sesuatu yang tidak beres, tuh. Mungkin saja terjadi karena aplikasi yang ada? Karena, sebaik apapun prosesor, tetap saja ada batasnya ya, pembaca. Nah, tips-tips yang akan diulas di bawah ini cocok untuk kalian yang mau mengurangi kelambatan laptop kalian, terlepas dari prosesor atau komponen utama laptop.

1. Matikan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Wah, aplikasi di laptop saya berguna semua. Kata-kata tersebut sering diungkapkan oleh mereka yang enggan menghapus sebagian aplikasi di laptopnya agar tidak lambat. Pembaca, percaya atau tidak, setengah dari hidup manusia, kita semua melakukan sesuatu yang tidak penting, yang tidak bernilai baik. Omong kosong, atau basa-basi semacamnya yang membuat kita sendiri beranjak dengan lambat. Sama, untuk mengoptimalkan laptop, kita sekali lagi harus memilah mana aplikasi yang baik dan sesuai untuk kebutuhan kita. Menurut penulis sendiri, ada baiknya kita hanya menginstall aplikasi penting saja seperti anti virus, atau yang berkaitan dengan tugas kita. Untuk aplikasi komplementer seperti pengedit foto, atau pengedit video yang besar-besar bytesnya, lebih baik nanti saja deh, ketika laptop kita sudah disesuaikan dengan besarnya bytes yang dibutuhkan.

2. Defragment Hardisk

Apa itu defragment hardisk? Diambil dari kata bahasa Inggris, fragment artinya memecah atau mengutip, defragment hardisk sendiri untuk membenahi lagi berkas-berkas yang ada didalam hardisk alias laptop kita, sehingga ketika kita mencari sesuatu, maka laptop akan lebih mudah menunjukannya. Defragment sebaiknya dikerjakan secara berkala, bisa 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Caranya pertama, click start lalu ke all program, kemudian ke accessories dan click system tool serta disk defragmenter. Tentukan yang mana bagian yang akan didefragmenter, kemudian tunggu sampai prosesnya berakhir. Sebagian pembaca Windows 8 yang kebingungan, silahkan dicari dengan search saja agar lebih mudah.

3. Hapus Recent Place

Walaupun kelihatannya hanya meminta dimana kita berada, dimana tempat yang sekarang kita pijak, recent place lumayan mengganggu. Semakin menumpuk jejak tempat kita ini, recent place juga tidak terlalu ikut andil dalam laptop. Jadi sebaiknya dibersihkan saja. Caranya, masuk ke My Computer, click Recent Place dan hapus semua. Jika ada yang masih bingung, silahkan dicari saja menggunakan search yang sudah tersedia di laptop.

Ternyata, hal-hal sepele pun sangat menentukan kecepatan laptop ya, pembaca. Maka dari itu, mari kita jaga laptop kita dengan mengisi aplikasi yang lebih penting untuk keutuhan laptop, dan membuang seluruh aplikasi yang dinilai tidak terlalu penting untuk laptop kita, apalagi aplikasi itu dihadirkan untuk membuat kehancuran. Beware of that, pembaca!

About Bas