Sunday , October 25 2020

7 Cara Mudah Menghilangkan Migrain Tanpa Minum Obat

Dalam kedokteran, migrain dijelaskan sebagai gangguan neurologis dimana penderitanya mengalami nyeri kepala sebelah. Kondisi migraine dapat terjadi pada siapapun, umumnya lebih rentan diderita kaum wanita.

Penyebab Migrain

Untuk penyebab migrain ada beberapa faktor diantaranya:

  1. Stres yang berlebihan.
  2. Terlalu lelah.
  3. Kurang tidur.
  4. Kebiasaan merokok.
  5. Kadar gula darah tinggi.
  6. Asupan kafein berlebihan.
  7. Adanya gangguan gigi dan mungkin terdapat penyakit tertentu.

 

Obat Sakit Migrain

Mengkonsumsi obat biasanya tidak menyembuhkan migrain secara total. Namun hanya menghentikan gejalanya untuk sementara. Selain itu, obat juga bikin ketergantungan dan melemahkan antibodi.

Daripada mengkonsumsi obat, lebih baik Anda mencoba cara-cara alami untuk menghindari efek samping. Nah, berikut ini tipsnya:

 

Cara Menghilangkan Migrain Tanpa Minum Obat

 

1. Konsumsi Wedang Jahe

Jahe terbukti efektif untuk menghilangkan migrain. Bahkan disebut-sebut lebih ampuh daripada mengkonsumsi obat. Untuk cara kerjanya, jahe bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin dalam tubuh, yakni sejenis hormon yang memicu inflamasi pada pembuluh otak sehingga menyebabkan nyeri kepala.

Jahe ini memberikan hasil yang bertahap terhadap sakit migrain. Nyeri akan hilang secara perlahan. Hingga 2 jam setelah pengonsumsian, efektivitasnya mencapai 90% dan sakit kepala akan benar-benar menghilang.

 

Cara membuat wedang jahe:

  • Siapkan 1 ruas jahe
  • Cuci bersih jahe, lalu hancurkan dengan digrepek
  • Setelah itu masukkan jahe dalam panci berisi 2 gelas air
  • Anda bisa menambhakan serai atau kayu manis (opsional)
  • Rebus hingga mendidih
  • Setelah mendidih, tuang wedang jahe dalam gelas dan langsung konsumsi

 

2. Konsumsi Makanan Berprotein

Menurut penelitian, kurangnya asupan protein dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon serotonin. Padahal hormon ini berperan untuk relaksasi otak dan menghasilkan mood baik. Apabila kadar serotonin berkurang dibawah normal, maka efeknya penderita akan mudah mengalami sakit kepala dan depresi.

Nah, untuk menjaga supaya kadar serotonin seimbang, Anda disarankan mengonsumsi protein khususnya saat merasakan migrain. Makanan sumber protein yang baik seperti biji-bijian, kacang-kacangan, pisang, susu, telur, daging unggas, kurma, dan sebagainya.

 

3. Tingkatkan Asupan Magnesium

Cara menghilangkan migrain berikutnya adalah meningkatkan asupan magnesium. Migrain bisa terjadi karena otak terlalu stress atau mungkin hipoglikemia. Nah, konsumsi magnesium dapat melancarkan aliran darah ke otak sekaligus menormalkan kadar gula darah. Sehingga gejala migrain bisa berkurang. Untuk makanan tinggi magnesium seperti biji-bijian, oatmeal, sayuran hijau, kacang-kacangan, kentang, tomat, gandum dan sebagainya.

 

4. Pijat Pelipis dengan Minyak Gosok atau Koyo

Cara praktis untuk meredakan migrain adalah dengan memijat pelipis Anda. Olesakan minyak gosok yang memiliki aroma terapi pada pelipis dan leher. Lalu pijat-pijat secara perlahan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan koyo untuk ditempelkan di kedua pelipis dan leher.

Kedua cara tersebut membantu memberikan efek hangat serta menekan saraf yang nyeri. Dengan demikian, Anda akan terasa lebih rileks

 

5. Kompres Dahi dengan Es Batu

Apabila Anda memiliki persediaan es batu di kulkas, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi migrain. Caranya hancurkan dulu es batu menjadi ukuran sedang. Kemudian bungkus dengan kain. Setelah itu, usapkan pada kedua pelipis sembari dipijat-pijat pelan.

 

6. Konsumsi Air Putih

Migrain juga bisa ditimbulkan karena efek dehidrasi. Maka itu, untuk mengatasinya perbanyak konsumsi air putih. Cara ini bisa memulihkan kesehatan jaringan pada otak dan membuat tubuh terasa lebih fit.

 

7. Hindari Ruangan yang Terang

Cahaya bisa memberikan rangsangan berlebihan terhadap orang yang menderita migrain. Akan lebih baik jika Anda beristirahat dalam ruangan yang gelap. Untuk sementara hindari lampu terang. Dengan demikian migrain bisa cepat sembuh.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan migrain tanpa minum obat. Semoga info ini bermanfaat bagi kita. Oiya, saat Anda merasakan migrain maka perbanyaklah beristirahat. Dengan begitu otak tak perlu bekerja keras dan syarafnya juga bisa lebih rileks.

Semoga bermanfaat.

About Bas