Cara Menghadapi Orang yang Keras Kepala

Dikelilingi oleh banyak orang menjadikan diri kita juga turut untuk waspada terhadap sikap serta kelakuan yang di tunjukkan oleh orang tersebut. Dari mulai sikap kepribadian hingga dalam kualitas mental yang di tampilkan setiap orang. Setiap orang pasti memiliki jati diri masing- masing atau sering disebut memiliki ciri khas pribadi sendiri. Salah satunya yakni dalam menyikapi perilaku yang dipertontonkan saat berbicara atau melakukan kontak dengan lawan.

Ciri ini disertai bagaimana pembawaan orang tersebut saat berbicara entah akan menyenangkan atau malah menjengkelkan. Dari aspek tersebut kita bisa mengetahui bagaimana polah pikir mereka saat berkomunikasi dengan kita. Mengenai hal tersebut pula dalam menghadapi orang yang menjengkelkan salah satunya karena gaya keras kepala yang sangat sulit untuk diubah.

Dalam pembawaan ini orang tersebut memiliki kepribadian yang teguh sehingga susah diberikan nasihat. Dalam menghadapi permasalahan tersebut, berikut ini merupakan ulasan dari cara menghadapi atau mengubah sikap orang yang keras kepala.

1. Bersikap Tenang dan Sabar

Ketenangan dan kesabaran akan membuat Anda mampu berpikir dengan jernih. Orang yang keras kepala juga tidak akan semakin terpancing emosinya jika berhadapan dengan orang lain yang terlihat tenang dan sabar. Ketenangan akan membuat Anda mampu menemukan logika yang masuk di akal orang yang keras kepala.

2. Bersikap Tegas

Pembawaan orang yang keras kepala ini perlu dihadapi dengan cara yang tegas namun bukan dalam artian berkata keras dan marah. Aspek dalam cara merubah orang yang berwatak keras ini juga perlu untuk dibenarkan jika pendapatnya terlalu memaksa. Pemberian solusi saat berkomunikasi dengan orang berwatak ini sebaiknya juga perlu dengan etika yang bagus. Sehingga perkataan kita tidak malah menusuk mereka.

Menanggapi hal tersebut juga memerlukan strategi khusus saat pendapat orang tersebut tidak diterima oleh khalayak umum. Seperti jika ia tetap memaksa hingga ngotot saat mengemukakan pendapat maka kita perlu bersikap tegas memperlihatkan kesalahan darinya.

Membenarkan tutur pendapat serta ungkapan dari orang tersebut agar mereka tahu apa yang salah dari tanggapannya. Juga menggunakan intonasi tegas dengan penjelasan yang mudah akan memudahkan orang tersebut dapat mengerti kondisi yang lain.

3. Memberikan Kritik Serta Saran

Perilaku keras kepala ini bisa dirubah dengan memberikan kritik dan saran melalui lisan maupun tulisan. Memberikan hal tersebut berarti kita telah membantu mereka mengerti apa yang salah serta apa yang benar saat penyampaian yang telah dikemukakan. Menggunakan intonasi yang lembut serta tidak menyinggung perasaan siapapun. Hal ini menjadikan salah satu cara dalam menangani watak orang yang keras kepala.

Kritik dan saran kepada teman itu perlu
Kritik dan saran kepada teman itu perlu (images.unsplash.com)

Mengapresiasi orang tersebut dengan kritik dan saran saat dia tidak dalam kondisi marah atau tidak dalam kondisi perasaan yang labil. Penggunaan sistem bahasa serta cara penyampaian juga perlu diwaspadai agar orang itu tidak menyalah gunakan arti yang berbeda dari penjelasan. Kejelasan maksud serta tujuan saat berbicara juga menjadikan sikap baik kita dapat diterima. Maka dari itu sebaiknya Anda tidak bersikap ikut menuntut agar orang tersebut berubah dengan instan.

4. Memberikan Empati Kepada Orang Tersebut

Salah satu cara ini adalah memberikan jiwa empati saat berhadapan dengan orang tersebut. Bisa jadi saat orang itu dalam perasaan yang kalang kabut mungkin karena suasana hati galau. Dalam menanggapi hal tersebut sebaiknya kita tetap tenang saat berhadapan dengannya. Dengan tetap diam dan mendengarkan apa yang diutarakan. Mencoba berempati dengan suasana hati tenang saat berhadapan juga merupakan solusi.

Perhatian dengan teman
Perhatian dengan teman (images.unsplash.com)

Bisa jadi juga beberapa diantara mereka memiliki hati cukup lembut dan sedang dalam suasana hati yang sedang terluka. Sehingga menyebabkan mereka bertindak keras kepala namun dalam tahap beberapa waktu kedepan. Menanggapi hal tersebut pula Anda juga harus bisa melihat situasi untuk berbicara sehingga tidak menaruh luka lebih dalam kepada orang tersebut. Oleh sebab itu setidaknya Anda jangan bersikap gegabah saat berbicara.

5. Mengalah Untuk Sementara Waktu

Lebih baik diam saja dulu, biarkan si dia meluapkan amarahnya, Jika emosinya sudah agak mereda, ajak dia berkomunikasi. Dengarkan dan sampaikan argumentasi sampai di sadar sendiri akan kekeliruannya.

6. Jika Mengganggu Psikologisnya, Maka Jangan Diubah

Dalam sifat yang ditunjukkan seseorang biasanya adalah sikap bawaan sehingga tidak akan bisa diubah bagaimanapun caranya. Semisal dalam sifat keras kepala ini menyebabkan orang tersebut mudah sekali terbawa suasana saat pendapatnya tidak diterima. Mengubah sifat ini sebaiknya tidak dilakukan karena akan menimbulkan efek samping untuk orang tersebut. Jangan sesekali mengubah sifat seseorang karena bisa mempengaruhi keadaan psikologinya.

Orang Keras kepala
Orang Keras kepala (istockphoto.com)

Menggunakan pendekatan sewajarnya serta mencari momen yang pas menjadikan solusi saat berbicara tentang sifat keras kepala ini. Mencoba mengerti dengan apa yang diungkapkan serta jangan mengubah bagaimana karakter seseorang. Mencoba mengerti serta memberikan langkah kecil untuk karakter ini menjadi macam solusi yang tepat. Melakukan pendekatan yang tepat sehingga tidak menyinggung.

Itulah merupakan ulasan dari cara mengubah orang yang keras kepala sehingga watak ini tidak menoreh luka pada orang lain. Juga sebagai solusi bagaimana cara Anda menghadapi orang dengan watak seperti ini. Orang dengan watak ini juga sering terjadi ditimbulkan karena rasa luka yang telah mengecap seperti tanggapan serta perilaku yang tidak dianggap oleh orang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *