Sunday , October 25 2020

Cara Mengetahui Kelebihan Anak Sejak Dini

Orang tua yang sibuk, pada umumnya “mengabaikan” kelakuan anaknya. Saking sibuk, banyak tugas, beban pikiran menumpuk, anak tidak diperhatikan. Seiring dengan perkembangan sifat anak. Anak yang sejak dini kurang dibimbing untuk mengembangkan kelebihannya, maka akan menjadi anak yang kurang terarah. Sebagai contoh, anak memiliki kelebihan untuk dapat bermain musik dengan indah.

Namun karena orang tua yang seolah-olah tidak tahu, hanya mendiamkan. Padahal jika orang tua ikut mengembangkan kelebihan anak dengan cara mengajak anak ikut les musik, kelak anak akan memiliki bakat yang luar biasa. Jangan sampai terjadi pada anak Anda. jadilah orang tua yang peduli dengan anak sendiri. Cari tahu apa kelebihan yang dimiliki anak sejak dini. Jangan mengambil alasan, masih belum terlihat jelas kelebihan anak di usianya yang masih menginjak lima tahun. Semua perlu proses dan itu harus Anda lakukan sejak dini.

1. Melihat Kesibukan Anak Saat Bermain

Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan permainan. Selagi anak bermain, lihatlah kesibukan apa yang lebih dominan dilakukan anak. Anak perempuan memang senang diberi mainan boneka. Anak laki-laki memang senang diberi mainan mobil-mobilan. Lihat bagaimana reaksi anak terhadap mainan yang ada di hadapannya. Siapa tahu meskipun Anda memberikan boneka pada anak perempuan Anda, si kecil lebih sibuk bermain piano kecil yang juga dimiliki. Atau anak laki-laki Anda memang senang dengan mainan mobil-mobilan. Terlihat si kecil mampu membedakan desain dari setiap mainan mobil-mobilan yang dimiliki.

2. Mendengar Celoteh Anak Saat Mainan

Saat anak bermain tentu akan terdengar celoteh anak. Seperti ketika anak perempuan bermain boneka, maka anak Anda akan menganggap boneka tersebut adiknya. Atau ketika anak laki-laki Anda bermain mobil, maka anak Anda akan menirukan suara mesin. Lihat dialog yang dibangun anak dengan mainannya. Dari dialog tersebut, orang tua akan tahu kelebihan anak di bidang apa.

3. Mendengar Dialog Anak Dengan Teman-temannya Bermain

Kebanyakan orang tua ketika anak sudah bermain dengan teman-temannya adalah membiarkan. Memang orang tua tidak perlu ikut-ikut bermain dengan mereka. Namun orang tua diharuskan untuk melihat anak ketika bermain. Jika Anda ingin memastikan apakah kelebihan yang dimiliki anak dalam bidang tertentu, maka dapat diketahui dari dialog yang dibangun.

Dengan mengambil contoh mudah anak yang begitu tertarik dengan dunia otomotif. Ketika bermain dengan teman-temannya, anak Anda akan cenderung menerangkan kelebihan-kelebihan mainan otomotif seperti mobil-mobilan yang dimiliki. Atau bahkan mengomentari keunggulan mainan mobil-mobilan yang dimiliki oleh teman-temannya. Biarpun dialog tersebut masih sebatas dialog anak-anak, namun tentu Anda tahu bahwa anak memiliki kelebihan untuk lebih mengenal dunia otomotif.

4. Mengajak Anak Mengobrol

Orang tua yang mengajak anaknya mengobrol dapat menjadi cara selanjutnya untuk mengetahui kelebihan anak. Seperti menanyakan mainan apa yang paling anak senangi. Tanyakan mengapa si kecil sangat suka dengan mainan tersebut. Kemudian tanyakan pula mengapa tidak mencoba memilih mainan yang lain. Dari obrolan yang terbangun akan terlihat anak Anda memiliki kelebihan di bidang tertentu. Masih dengan mengambil contoh yang sama, anak laki-laki yang senang bermain otomotif. Dalam obrolan tersebut terlihat anak Anda akan menjelaskan mengenai mainan yang dimiliki.

Setelah Anda yakin bahwa anak Anda memang memiliki kelebihan di bidang otomotif atau di bidang lain yang disenangi, sebagai orang tua, Anda perlu mengarahkan si kecil ke dunia yang mereka senangi tersebut. Guna mengembangkan kelebihan yang dimiliki agar benar-benar menjadi kelebihan yang positif di kemudian hari.

About Bas