Thursday , October 22 2020

Cara Mengatasi Bibir Kering Karena Lipstik dengan Bahan Alami

Penggunaan pemoles bibir (baik itu lipstik, liptint, lipgloss, dan sebagainya) secara terus-menerus dapat menyebabkan bibir jadi kering serta pecah-pecah. Apabila kondisi tersebut dibiarkan saja maka tidak menutup kemungkinan bibir jadi terluka, bengkak bahkan mengalami pendarahan.

Nah, berikut ini beberapa tips mengatasi bibir kering secara alami yang bisa kamu praktekkan di rumah. Diantaranya yakni:

 

1. Gula dan Madu

Gula dan madu merupakan pemanis tambahan yang sering digunakan untuk makanan. Kedua bahan ini gampang banget ditemukan dimanapun. Harganya juga terjangkau. Khasiat dari gula dapat dijadikan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Sedangkan madu berguna sebagai pelembab alami serta memperbaiki tekstur bibir yang pecah-pecah agar sehat kembali.

Untuk cara pengaplikasiannya, campurkan saja gula dan madu secukupnya. Aduk rata. Kemudian balurkan pada bibir sembari kamu pijat-pijat dengan jari. Setelah itu diamkan kira-kira 10 menit. Terakhir bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini 1-2 kali dalam seminggu.

2. Tomat

Tak sekedar menyehatkan organ tubuh, tomat ternyata juga terbukti dapat mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Dalam tomat terkandung zat anti oksidan dalam bentuk likopen, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Kandungan tersebut dapat menutrisi bibir agar kembali sehat dan membuatnya menjadi merah alami.

Untuk cara pengaplikasiannya, iris tomat sedikit saja. Lalu oleskan daging dan airnya pada bibir sampai merata. Biarkan selama 20 menit. Terakhir kamu bisa membilasnya dengan air. Agar mendapatkan hasil optimal lakukan perawatan ini secara optimal 3-4 kali dalam seminggu.

3. Minyak Jarak

Selain kedua bahan diatas, kamu juga bisa mencoba perawatan bibir kering dengan minyak jarak. Minyak ini sudah umum digunakan oleh masyarakat sebagai obat alami untuk merawat bibir yang pecah-pecah dan terkelupas.

Untuk pemakaiannya, kamu hanya perlu mengoleskan minyak jarak pada bibir secara merata. Setelah itu, diamkan saja hingga semalaman. Keesokan paginya bilas dengan air agar bersih. Perawatan ini bisa kamu praktekkan setiap hari sampai bibirmu sehat kembali.

4. Jeruk Nipis

Selanjutnya, kamu bisa mencoba menggunakan jeruk nipis. Buah ini mengandung vitamin C dalam kadar cukup tinggi. Yang mana vitamin C bersifat asam sehingga mampu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan rusak pada permukaan bibir. Selain itu, pengaplikasian jeruk nipis juga membuat bibir tampak lebih cerah.

Kamu hanya perlu mengoleksan air perasan jeruk nipis pada bibir secara merata sembari dipijat-pijat pelan. Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air. Oiya bila kamu tidak mempunyai jeruk nipis maka kamu bisa menggunakan lemon. Keduanya sama-sama punya kandungan senyawa asam. Namun bila dioleskan akan meninggalkan sedikit rasa perih.

5. Mentimun

Sayuran lonjong berwarna hijau ini umumnya dimanfaatkan oleh wanita sebagai masker wajah dan untuk menyamarkan mata panda. Nah, ternyata mentimun juga ampuh loh mengatasi bibir kering serta pecah-pecah. Ini dikarenakan kandungan air yang tinggi di dalamnya sehingga akan melembabkan bibir dan membuat tampak lebih sehat.

6. Minyak Zaitun

Pilihan terakhir untuk mengatasi masalah bibir kering adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak ini mudah ditemukan di apotek-apotek terdekat. Kandungan asam lemak di dalamnya dapat membantu melembabkan bibir. Serta ada juga kandungan vitamin E yang bertugas mengatasi kerusakan tekstur bibir dan melindunginya dari paparan radikal bebas.

Jadi itulah beberapa bahan alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Sebaiknya bila kamu tidak ingin bibir rusak, maka berhati-hatilah juga dalam membeli produk lipstik. Pastikan produk itu aman, mengandung ingredient yang ringan dan pastinya harus terstandar BPOM.

Demikian informasi ini. Semoga bermanfaat.

About Bas