Saturday , October 31 2020

Cara Mendapatkan Uang Dengan Bisnis Kopi

Bisnis Kopi Untuk Menghasilkan Uang

Kopi adalah salah satu produk unggulan dimana Indonesia adalah produsen kopi no 3 terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Hampir tiap daerah di Indonesia, kita bisa dengan mudah menemui tanaman kopi yang dibudidayakan secara kecil atau dalam skala besar ( Industri ).

Mengingat begitu besar para penikmat kopi di Indonesia dan di dunia, maka banyak orang yang berusaha mendapatkan uang dari usaha produk kopi ini, baik dalam skala kecil atau atau asalan maupun bisnis secara serius dengan penghasilan yang besar.

Bahan baku kopi yang melimpah dan konsumen yang sangat banyak inilah yang membuat banyak orang mencoba peruntungan dengan bisnis kopi.

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari bisnis kopi yang telah banyak dijalankan orang:

1. Petani Kopi

Harga Kopi yang semakin hari semakin baik membuat para petani mulai melirik lagi untuk menanam kopi. Bagi Anda yang mempunyai lahan yang cukup luas bisa mencoba menanam kopi. Dengan mengetahui cara merawat dan menanam jenis kopi unggul, maka hasil dari berkebun kopi pun akan dapat mendatangkan uang yang lumayan bagi Anda.

Harga 1 kg Kopi di Indonesia antara Rp 85.000 s/d Rp 200.000 tergantung dari kualitas dan jenis Kopi yang di tanam. Rata2 hasil panen petani Indonesia masih 1 ton per hektar ( Vietnam : 2 ton/ Ha ). Anggaplah jika Anda mempunyai lahan kopi 1 hektar dan panen 1 ton x Rp 100.000 maka penghasilan kotor Anda dari hasil Kopi adalah 100 juta rupiah per tahun.

Bagaimana jika Anda memiliki tanah lebih dari 1 hektar dan ditanami kopi jenis unggul yang bisa menghasilkan panen kopi lebih 2 ton per Ha ? Anda bisa hitung sendiri keuntungannya.

Tips:

  • Perdalam pengetahuan Anda tentang bagaimana menjadi petani kopi yang berhasil/sukses.
  • Cari bibit / jenis kopi unggulan dengan produktivitas dan harga jual yang tinggi.
  • Pengolahan dan penyimpanan biji kopi setelah panen agar mendapatkan nilai tambah yang lebih besar dari kopi.
  • Cari informasi terkini mengenai harga jual biji kopi dengan harga tinggi.

2. Penjual Kopi Keliling

Mungkin ini termasuk bisnis kecil dan mudah dilakukan oleh setiap orang. Anda hanya perlu mempunyai sepeda motor atau gerobak dorong, bubuk kopi, gula, air panas dan peralatan pendukung jualan minuman kopi + cukup keahlian untuk mengolah minuman kopi. Lalu Anda bisa memasarkannya di tempat-tempat yang strategis dan ramai misalnya di Rest Area, Pasar, Terminal, Pelabuhan dan lain-lain.

Keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam sehari pun bisa Anda hitung dengan mudah. Misalnya: Target Anda adalah menjual 100 cangkir kopi dengan harga Rp 3.000 per kopi. Jika dalam satu cangkir kopi modal Anda 2.000 rupiah maka uang yang bisa Anda dapatkan adalah keuntungan bersih 1.000 rupiah per cangkir kali 100 penjualan = Rp 100.000 per hari, cukup lumayan bukan?

Tips:

  • Cari lapak jualan kopi yang strategis.
  • Jumlah pesaing di sekitar usaha kopi Anda.
  • Mengolah bubuk kopi sendiri supaya biaya produksi lebih murah.
  • Penyajian / racikan kopi yang tepat.
  • Tempat jualan yang aman dan nyaman.

3. Mendirikan Sekolah / Tempat Kursus Barista

Dengan semakin menjamurnya bisnis kedai Kopi / Kafe merupakan peluang kerja bagi banyak Peracik Kopi atau biasa disebut Barista. Penghasilan Barista pun tergolong lumayan antara Rp 2 juta hingga puluhan juta rupiah per bulan bagi Barista yang sudah bersertifikat. Tentunya menjadi Barista profesional tidaklah mudah, diperlukan pengalaman dan kursus tertentu dalam meracik minuman kopi.

Ini adalah peluang bagi Anda para pebisnis Kopi untuk mendirikan Sekolah ataupun Tempat Kursus bagi Barista. Biaya Kursus untuk menjadi Barista Profesional juga cukup mahal lho, antara Satu hingga puluhan juta rupiah untuk kursus selama beberapa hari dan mendapatkan sertifikat.

Tips:

  • Promosikan/Iklankan usaha kursus Anda agar banyak yang tahu dan mendaftar.

4. Pengepul / Pedagang Kopi

Harga kopi di tiap daerah tentu akan berbeda. Didaerah yang tidak ada atau jauh dari kebun kopi tentu harga kopi menjadi sangat mahal. Tentu selisih harga kopi inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan uang dengan bisnis kopi.

Anda bisa membeli langsung kopi dari petani kopi dan menjual kembali ke daerah lain dengan harga yang lebih mahal. Atau Anda bisa menyimpan kopi untuk beberapa lama dan menjual kopi tersebut dengan harga mahal jika harga kopi di pasaran telah naik tinggi.

Tips:

  • Menjalin mitra dengan petani Kopi.
  • Update harga Kopi.
  • Tempat penyimpanan Kopi.

5. Kopi Kemasan Merek

Tentunya Anda pernah melihat produk kopi terkenal ( kapal api dan torabika ) dalam kemasan yang berani mengeluarkan uang miliaran rupiah untuk beriklan di televisi. Mengapa produsen kopi tersebut berani mengeluarkan dana yang besar? Jawabannya adalah karena bisnis kopi dapat mendatangkan uang atau keuntungan yang besar.

Ada jutaan penikmat kopi di Indonesia. menurut data dari beberapa sumber, konsumsi kopi orang di Indonesia adalah rata-rata 1 kg per tahun/orang dan ini termasuk masih rendah jika dibandingkan dengan konsumsi kopi dari negara lain di dunia yang bisa mencapai 8 – 10 kg/orang/tahun. Jika jumlah penduduk Indonesia adalah 250 juta jiwa maka konsumsi kopi di Indonesia Pertahun adalah 250 juta x  1 kg = 250 juta kg = 250.000 ton kopi. Jika 1 kg bubuk kopi seharga ratusan ribu rupiah, coba Anda bayangkan berapa Trilliun uang yang bisa diperebutkan dari bisnis Kopi tersebut dalam satu tahun?

Disamping beberapa produk kopi kemasan terkenal tersebut, sekarang juga telah banyak produk kopi kemasan yang lain beredar mencari peruntungan dengan menonjolkan keunggulan kopi dari daerah masing masing yang tentunya memiliki cita rasa yang unik dan berbeda. Misalnya kopi Gayo dari Aceh, Kopi Lampung, Kopi Toraja dari Sulawesi dan masih banyak lagi kopi kemasan yang ikut bersaing mencari keberuntungan.

Bisnis Kopi kemasan memang memerlukan usaha yang serius, karena Anda harus bersaing dengan produk lain yang sudah memiliki nama besar dan terkenal. Namun jika Anda memiliki kemampuan yang lebih dalam hal kopi tentunya persaingan tersebut bukan masalah bagi Anda karena jika usaha Anda berhasil maka keuntungan yang akan Anda dapatkan juga akan banyak. Dan jika Anda mau serius maka jangan sampai lupa untuk mendaftarkan merek kopi kemasan Anda, agar kelak jika produk Anda laku di pasaran maka merek kopi kemasan Anda tidak akan ditiru atau bahkan merek kopi kemasan Anda di daftarkan dahulu oleh orang lain.

Tips:

  • Buat kemasan kopi yang menarik.
  • Buat logo merek yang menarik.
  • Daftarkan merek kopi kemasan Anda.
  • Peralatan pengolahan biji kopi menjadi bubuk kopi.
  • Dapatkan penyuplai kopi yang berkualitas bagus.
  • Promosikan / pasarkan produk kopi kemasan Anda.

6. Membuka Kedai Kopi ( Coffee Shop )

Starbuck adalah perusahaan sekaligus kedai kopi terbesar didunia. Kedai kopi asal Amerika tersebut sudah memiliki kedai kopi di lebih 60 negara di dunia. Pada tahun 2015 pendapatan dari starbuck mencapai US$ 19 miliar dengan Laba bersih mencapai US$ 2,7 Miliar ( Rp 13.000 ) = Rp 35 Trilliun / tahun. Luar biasa dari bisnis kopi seorang pengusaha bisa mendapatkan uang begitu besar.

Tentu Starbuck juga memiliki banyak pesaing kedai kopi di dunia. Ada ratusan kedai kopi terkenal di dunia. Begitu juga dengan di Indonesia sekarang sudah mulai banyak kedai-kedai kopi yang bermunculan bak jamur di musim hujan. Kedai kopi semakin populer bukan hanya dikalangan orang tua saja, Anak-anak muda laki-laki dan perempuan pun semakin banyak nongkrong di Kafe-kafe yang menyediakan minuman kopi dengan rasa, aroma dan penyajian yang serba unik dan menarik.

Modal mendirikan Kedai Kopi tentunya juga cukup besar, apalagi jika usaha Anda ingin tetap bertahan di antara ribuan kafe yang siap bersaing di usaha kopi ini. Anda perlu mencari tempat yang strategis dengan harga mahal, mempunyai Barista yang professional dengan gaji lumayan gede, peralatan penyaji kopi yang unik, Wi-Fi gratis dan pelayanan yang mengesankan bagi penikmat kopi. Jangan lupa juga buat Logo dan daftarkan merk usaha Anda, siapa tahu beberapa tahun kedepan Bisnis Kopi Anda akan menjadi pesaing Starbuck dalam memperebutkan triliunan uang yang beredar dari bisnis Kopi.

Tips:

  • Hitung kebutuhan modal usaha.
  • Penyuplai Kopi yang berkualitas dan Kontinue.
  • Buat Logo dan daftarkan merek usaha kedai kopi.
  • Tempat yang strategis.
  • Barista yang professional.
  • Buat Kedai Kopi yang Nyaman dan Unik.
  • Siap mengalahkan pesaing.

Itulah beberapa contoh cara mendapatkan uang dari Bisnis Kopi, Semoga bermanfaat.