Wednesday , October 28 2020

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Blog

Banyak orang membuat blog dengan banyak tujuan. Ada yang hanya sekedar berbagi, hiburan dan ada juga yang digunakan untuk mencari uang. Namun mendapatkan uang dari internet lewat blog bukan pekerjaan yang mudah. Banyak blogger yang berhasil namun lebih banyak lagi blog yang gagal menghasilkan uang.

Disini saya akan membagi dalam 2 pokok bahasan yaitu:

A. Penyebab Blog tidak menghasilkan uang.

B. Cara mendapatkan uang dari internet dengan Blog + potensi penghasilan blog / website ( Rp ).

 

A. Penyebab Blog Tidak Menghasilkan Uang

  • Blog memang sengaja tidak di monetisasi.
  • Blog tidak atau sedikit mempunyai trafik / pengunjung.
  • Blog tidak dipercaya.

1. Blog Memang Sengaja Tidak di Monetisasi

Kalau poin yang no satu ini tidak perlu dibahas panjang lebar. Banyak Blog yang mempunyai trafik tinggi hingga ribuan pengunjung per hari, namun sang pemilik blog memang sengaja tidak memonetisasi blog tersebut dengan banyak alasan.

Salah satu alasan bisanya sang pemilik blog hanya ingin berbagi lewat internet dan tidak ingin mengganggu pengunjung blog dengan iklan yang tampil di blog mereka. Sang pemilik blog biasanya sudah mempunyai pendapatan dari blog mereka yang lain atau sudah memiliki penghasilan lain di dunia nyata.

Contoh Blog / website yang tidak digunakan untuk mencari uang:

panduanim.com

Blog yang cukup besar milik orang indonesia. Blog ini berisi panduan tentang online marketing, SEO, dunia blogging dll yang sangat berkualitas. Peringkat alexa pada bulan juni 2017 sekitar 90 ribuan dunia dan alexa 1.700 untuk indonesia. Walaupun saya perkirakan trafik blog ini sekitar ribuan bahkan puluhan ribu per hari namun sang pemilik blog dengan sengaja tidak memasang iklan satupun di Blog tersebut ataupun digunakan untuk mendapatkan uang dengan cara lainnya misalnya: Adsense, Afiliasi atau pasang Jasa dll.

Wikipedia

Wikipedia adalah sebuah situs besar dengan trafik jutaan pengunjung per hari. Menurut sumber dari situs wikipedia sendiri, bahwa jumlah halaman yang dibaca setiap bulan mencapai 18 miliar halaman.

Namun demikian, kita tidak akan menemui satu iklan pun di website / blog raksasa ini karena sang pemilik memang sengaja tidak memonetisasi blog tersebut. Tujuan utama dari situs ini adalah untuk memberikan atau menyebar ilmu pengetahuan kepada manusia secara gratis. Siapapun yang memenuhi syarat bisa bergabung menjadi penulis di wikipedia.

2. Blog Tidak, Belum atau Sedikit Mempunyai Trafik / Pengunjung

Kasus ini yang biasanya paling banyak dialami para blogger yang ingin mencari uang dari internet dengan blog mereka. Mereka sudah memiliki blog. Mereka juga sudah mengetahui banyak metode mencari uang di internet dengan blog. Blog sudah ada iklan, blog sudah menjual barang dan jasa, Namun tetap saja mereka tidak bisa mendapatkan uang karena trafik blog mereka sepi seperti kuburan. Bagaimana Anda bisa mendapatkan uang jika tidak ada orang yang mengunjungi blog Anda. Ibaratnya Anda memiliki toko dan hanya di kunjungi 1 orang perhari, tentunya penghasilan dari toko Anda sangat sedikit sekali bukan?

Beberapa penyebab blog sepi pengunjung:

  • Blog baru dengan sedikit artikel ( content ).
  • Blogger tidak mengerti SEO ( Search Engine Optimization ).
  • Content blog sudah banyak tapi tidak berkualitas.
  • Promosi Blog kurang atau bahkan tidak pernah.
  • Niche Blog yang dibahas memang sepi peminat, dll.

 

3. Blog Tidak Dipercaya

Ibaratnya seperti ini..

Ada orang memiliki usaha, Sebuah Toko yang bernama IndoListrik, Menjual Peralatan Listrik. Namun ternyata yang dijual di dalam toko tersebut adalah berbagai macam barang yang sedikit atau bercampur dengan barang-barang lainnya misalnya ada baju, sepatu, telur, beras dll..jika Anda sebagai pengunjung Toko tersebut, bagaimana menurut Anda? apakah Anda akan mempercayai toko tersebut dan melakukan pembelian?

Blog yang Anda bangun harus dapat dipercaya. Jika Anda menjual barang lewat blog, maka perlihatkan pada pengunjung bahwa Anda serius menjual barang lewat blog. Jual barang yang jelas sesuai dengan tema blog Anda. Buat deskripsi barang yang sesuai. Foto barang juga harus jelas. Alamat Anda selaku pemilik blog sekaligus penjual produk juga harus jelas.

B. Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Blog + Potensi Penghasilan blog

Sebelum menuju ke pokok bahasan, berikut adalah beberapa tips membangun blog yang dapat menghasilkan uang lewat internet.

  1. Cari Informasi sebanyak banyaknya tentang jenis monetisasi yang dapat digunakan blog.
  2. Pahami kemampuan Anda dan tentukan satu cara monetisasi yang tepat Anda jalankan. Tujuannya adalah untuk menentukan jenis blog apa yang akan Anda bangun kelak supaya tidak salah membuat jenis blog ).
  3. Buat Blog ( beli Domain dan Hosting ).
  4. Kelola Blog. ( Isi dengan content yang berkualitas ). Content bisa berupa: Tulisan / Artikel, Gambar / Foto, Video, dan semua informasi penting yang dibutuhkan ( alamat, email, telepon dll ).
  5. Promosi / Internet Marketing.

 

Ok…Lanjut..

Jenis Monetisasi + Potensi Penghasilan Blog

Berikut adalah beberapa jenis monetisasi pada blog yang sudah dipraktekkan banyak orang dalam mendapatkan uang dari internet dengan blog. Kesuksesan dari blog tergantung dari kemampuan dan konsistensi pemilik Blog.

1. Monetisasi Blog dengan Periklanan

CPC ( Cost Per Click ) / PPC ( Pay Per Click) Google Adsense

Banyak sekali orang memonetisasi Blog mereka dengan menyewakan space iklan pada Blog mereka. Yang paling terkenal adalah Google Adsense. Cara kerjanya adalah dengan memasang iklan pada blog Anda, dan jika ada pengunjung yang klik iklan pada blog Anda, maka Anda akan menerima bayaran. siapa yang membayar Anda? yang membayar anda adalah sang publisher ( pemasang Iklan ) namun tidak secara langsung. Karena sang publisher sudah bekerja sama dengan pihak Google selaku pengelola iklan. Jadi jika jumlah saldo anda sudah $ 100 maka Anda bisa menagih pembayaran kepada pihak Google.

Jumlah bayaran tergantung dari jenis iklan yang diklik oleh pengunjung. Ada yang bernilai murah ratusan rupiah dan ada yang mahal puluhan ribu rupiah per klik.

Berapa Potensi Penghasilan dari PPC Adsense?

Ok..saya kasih contoh..

Blog dengan 10.000 pengunjung per hari

Rata-rata blog dengan sepuluh ribu kunjungan per hari akan mendapatkan 100 klik pada iklan ( bisa kurang dan lebih tergantung penempatan iklan, jenis iklan dan niche blog ).

Harga per klik untuk blog bahasa indonesia 300 rupiah per klik ( bisa lebih bisa kurang saya hanya mengambil rata ratanya saja ).

Klik belum tentu dibayar, mengapa? hanya klik yang sah saja yang akan dibayar. Iklan di klik sendiri atau menggunakan cara-cara curang lainnya tidak akan dibayar, bahkan blog dan akun Adsense bisa kena banned google.

Jadi potensi penghasilan blog dengan 10.000 kunjungan per hari adalah 300 rupiah x 100 klik = Rp 30.000 x 30 hari = Rp 900.000 satu bulan.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih tinggi lewat adsense dengan trafik yang sama maka buatlah blog niche dengan bahasa inggris. Mengapa? Karena publisher Adsense di luar negeri khususnya dari negara tertentu seperti Amerika serikat dan Kanada berani membayar mahal untuk biaya iklan mereka.

Cara bermain Google Adsense:

  • Buat Blog.
  • Isi Blog dengan Konten berkualitas.
  • Dapatkan trafik pada Blog ( semakin banyak semakin bagus ).
  • Daftarkan blog ke Google Adsense .
  • Jika Blog Anda diterima, maka pasang iklan di blog.
  • Tunggu hingga Anda mendapat minimal $ 100 dari Adsense baru Anda bisa mencairkan dari Google.

Rekomendasi PPC Terpercaya: Google Adsense.

Tips Blog untuk PPC:

  1. Trafik harus tinggi jika pendapatan ingin besar.
  2. PPC blog niche lebih besar daripada PPC Blog campuran atau blog gado-gado.
  3. Cari Niche dengan Harga klik tinggi, namun kekurangannya persaingan sangat berat, susah dapat trafik.
  4. Buat Blog Bahasa Inggris dengan PPC lebih besar daripada blog yang menggunakan bahasa indonesia.

 

Memasang Iklan Mandiri

Anda bisa menyewakan space pada blog Anda dengan harga sewa yang Anda tentukan sendiri. Tentunya sesuai dengan jumlah trafik dan niche pada blog Anda. Untuk blog dengan trafik 10.000 per hari misalnya Anda bisa memasang harga tetap untuk 1 bulan. Tentukan harga sewa per bulan misalnya 500-800 ribu rupiah per iklan. jika Anda mendapatkan 3 pengiklan maka potensi penghasilan dari blog Anda adalah Rp 1.500.00-Rp 2.500.000 per bulan.

Cara mendapatkan uang dari blog dengan iklan mandiri:

  • Buat Blog.
  • Isi Blog dengan Konten berkualitas.
  • Dapatkan trafik pada Blog ( semakin banyak semakin bagus ).
  • Buat pemberitahuan bahwa blog Anda menerima pemasangan iklan. Tentukan letak dan tarif sewa pemasangan iklan per bulan. Misalnya: di header Rp 600.000, di sidebar: Rp 500.000 dan di dalam postingan: Rp 800.000 per bulan dll. anda busa juga secara aktif mencari menghubungi publisher sendiri dan menawarkan blog anda. Biasanya jika blog anda mempunyai trafik yang besar. Sang publisher akan menghubungi Anda lewat email, atau kontak yang anda pasang pada blog Anda dan menanyakan apakah blog Anda bisa dipasangi iklan.
  • Terima pembayaran sewa iklan dari publisher dan pasang iklan di blog Anda.

2. Monetisasi Blog Dengan Afiliasi

Blog Afiliasi adalah Blog yang dibangun untuk memasarkan produk berupa barang atau jasa milik blog atau website orang lain.

Uang akan kita peroleh apabila barang atau jasa yang kita promosikan di blog kita terjadi penjualan, Maka kita akan mendapatkan komisi yang besarnya tergantung dari kebijakan publisher iklan. Misalnya afiliasi amazon komisinya antara 4% s/d 8%.

Cara Membuat Blog dan Mendapatkan Uang dari Afiliasi:

  1. Mencari Website terpercaya yang mempunyai program Afiliasi.
  2. Menentukan Produk barang atau jasa yang akan anda Review.
  3. Membuat Blog Afiliasi.
  4. Menulis Artikel yang berkaitan dengan Produk Afiliasi yang Anda jalankan.
  5. Mendaftarkan Blog Anda pada Website penyelenggara program Afiliasi.
  6. Memasang Link Afiliasi pada Blog Anda.
  7. Tunggu produk terjual itulah keuntungan Anda.

 

Potensi Pendapatan Blog Afiliasi:

Contoh:

  • Blog niche Gadget dengan 10.000 pengunjung per hari
  • Jumlah Klik Banner Afiliasi: 100 kali / hari.
  • Transaksi / penjualan sukses: 2 kali / hari.
  • Harga barang terjual: Smartphone Rp 3.000.000
  • Rp 3 juta x 5% komisi x 2 transaksi = Rp 300.000 / hari.
  • Komisi Rp 300.000 / hari x 30 hari = Rp 9.000.000

Jadi potensi penghasilan blog afiliasi dengan 10.000 kunjungan per hari adalah Rp 9.000.000 per bulan. Jumlah itu tidak pasti bisa kurang juga bisa lebih tergantung dari usaha Anda sendiri. Jika Review produk yang Anda tulis pada Blog bisa meyakinkan pembaca maka bisa jadi Transaksi sukses bisa lebih dari 1 kali per hari.

Contoh program Afiliasi Terpercaya:

1. Afiliasi Amazon ( Perusahaan / Marketplace di Amerika Serikat ).

Situs Web: www.amazon.com

Url Afiliasi: https://affiliate-program.amazon.com/

 

2. Afiliasi Hostgator ( Perusahaan Hosting di Amerika Serikat ).

Situs Web: www.hostgator.com

Url Afiliasi: https://www.hostgator.com/affiliates

 

3. Afiliasi Lazada ( Toko Online di Singapura ada cabangnya di Indonesia juga ).

Situs Web: http://www.lazada.co.id/

Url Afiliasi: http://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/

 

3. Monetisasi Blog Dengan Menjual Produk

Menjual produk sendiri di Blog memiliki beberapa keuntungan antara lain tidak terikat peraturan seperti blog afiliasi atau program PPC. Keuntungan yang ingin kita peroleh juga terserah kita sendiri selaku pemilik Blog dan penjual produk.

Produk yang kita jual bisa berupa barang atau jasa. Produk bisa kita hasilkan sendiri ataupun produk orang lain yang kita jual di Blog kita.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Yang Menjual Produk

  1. Menentukan Produk apa yang akan kita jual di Blog / Website.
  2. Membuat Blog / Website.
  3. Meletakkan produk pada Blog ( Artikel, Foto, Video ).
  4. Promosi Blog.
  5. Terjadi penjualan Produk.

Potensi Pendapatan Blog dengan Jualan Produk Sendiri:

Contoh:

  1. Toko Online dengan 10.000 traffik per hari
  2. Transaksi Sukses 2% x 10.000 trafik = 200 transaksi.
  3. Harga produk: Rp 100.000
  4. Margin 10% = Rp 100.000 x 10% = Rp 10.000
  5. Margin x transaksi sukses = Rp 10.000 x 200 pembelian = Rp 2 juta / hari.
  6. Keuntungan per / bulan = 2 juta x 30 hari = Rp 60 Juta.

Itu hanya sebagai contoh, pendapatan Anda bisa kurang juga bisa lebih tergantung dari usaha Anda.

Kelihatanya mudah, mencari uang dari internet dengan blog dengan menjual produk, namun pada kenyataannya perlu kerja keras dan konsistensi.

Persaingan begitu ketat dan banyak. Biaya promosi pun juga besar kalau Anda serius mengelola toko online.

Contoh Website Besar dan Sukses Jual produk baik barang atau jasa.

  1. traveloka.com
  2. tokopedia.com
  3. jualo.com
  4. sribu.com
  5. sribulancer.com
  6. projects.co.id
  7. elevenia.co.id
  8. bukalapak.com
  9. blibli.com
  10. shopee.co.id
  11. blanja.com
  12. olx.co.id
  13. bhineka.com
  14. zalora.co.id
  15. mataharimall.com
  16. dll masih banyak lagi.

 

Nah bagaimana menurut Anda, apakah berminat mencari uang di dunia maya dengan blog? Gampang-gampang susah. Yang berhasil adalah mereka yang serius dan banyak belajar dari para master yang banyak kita temukan di internet.

Bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan dari blog, beranikanlah untuk meng upgrade blog Anda. Maksudnya adalah, Jika Anda seorang diri saja bisa mendapatkan penghasilan x rupiah per bulan, bagaimana jika kalian bekerjasama dengan banyak orang? tentu penghasilan kalian dari Blog akan juga bertambah besar. Namun harus pintar-pintar mencari partner yang mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Yang paling penting untuk mendapatkan uang dari blog adalah trafik. Jangan berangan-angan mendapatkan uang banyak dan mudah dari internet jika trafik blog Anda masih sedikit.

Untuk memperbanyak trafik dapat dilakukan dengan 2 cara:

  1. Mempelajari SEO.
  2. Beriklan.

Untuk Anda yang tidak memiliki banyak budget untuk promosi, maka Anda harus belajar SEO. Karena kebanyakan pengunjung datang dari mesin pencari, terutama Google.

Bagi Anda yang punya banyak Budget cara paling mudah mendapatkan trafik ya dengan promosi berbayar. Asalkan dana Anda besar maka dalam waktu singkat Blog Anda bisa mendapatkan trafik puluhan bahkan ratusan ribu trafik hanya dalam satu hari saja. Namun Biaya promosi juga akan besar.

Namun trafik besar juga akan percuma kalau Blog / Website Anda tidak berkualitas. Pada prinsipnya sama dengan Strategi berdagang di dunia Nyata.

  1. Produk yang Anda jual harus berkualitas.
  2. Harga Produk juga harus bisa bersaing dengan yang lain.
  3. Tampilan Blog harus Eksklusif, Jangan seperti gubuk reyot.
  4. Pelayanan cepat dan bagus.
  5. Pembayaran mudah.
  6. Aman dan dapat dipercaya, dll

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet dengan Blog. Selamat mencoba dan salam sukses.