6 Tips Mendapatkan Penghasilan Lewat Instagram

Instagram merupakan salah satu sosial media yang sedang ngetren saat ini. Fungsi utamanya adalah untuk berbagi foto dan video. instagram ini hanya bisa digunakan pada perangkat ponsel berbasis android, misalnya saja smartphone. Selain itu, juga bisa dipasang pada Iphone atau Ipad yang berbasis IOS , Blackberry serta Windows Phone. Sedangkan untuk mendapatkannya Anda harus mengunduh lewat Google Play atau Apple App Store.

Nah, berbicara tentang instagram, sebenarnya aplikasi yang dirancang oleh Burbn.Inc ini punya banyak kegunaan loh! Gak sekedar untuk ajang selfie, siaran langsung atau membaca berita pendek saja. Tapi juga dapat dimanfaatkan untuk ladang penghasilan.

 

Nggak percaya? Yawadeh, langsung simak nih beberapa tips mendapatkan penghasilan lewat instagram!

 

1. Membuka Toko Online

https://static1.squarespace.com 

Salah satu bisnis yang bisa Anda lakoni lewat instagram adalah membuka toko online. Anda bebas menjual apapun yang minati, misalnya produk-produk kecantikan, pakaian, sepatu, aksesoris, dan sebagainya. Untuk metode penjualannya sendiri, Anda bisa mencoba beberapa pilihan. Diantaranya:

  • Menjadi Penjual First Hand

Penjual first hand ini berarti Anda adalah orang pertama yang menjual produk tersebut, atau dengan kata lain tidak melalui distributor. Misalnya saja, Anda memproduksi pakaian jahitan sendiri, membuat makanan ringan, dan sebagainya. Bisa juga Anda mengambil produk langsung dari agen pusat. Misalnya untuk skincare interlokal, Anda melakukan shipping dari negara asalnya lalu Anda jual lewat instagram.

Tentunya menjadi penjual first hand bisa sangat bagus. Sebab keaslian produk terjamin. Namun kekurangannya, Anda perlu menyediakan modal yang lumayan tinggi. Selain itu juga harus kerja ekstra untuk proses produksi ataupun bolak-balik ke luar negeri saat menyetok barang.

  • Menjadi Reseller

Reseller berarti Anda menjual ulang produk milik orang lain. Metode ini bisa jadi alternatif buat Anda yang nggak mau repot. Jadi semisal Anda online shop di instagram yang open reseller, maka Anda ikut saja. Untuk cara penjualannya, pertama Anda harus membeli produk mereka sebanyak yang Anda butuhkan. Biasanya sih, penjual akan memberikan harga diskon bagi reseller. Setelah barang datang, Anda bisa langsung menjual ulang dengan nama toko Anda sendiri.

Untuk menjadi reseller memang membutuhkan modal. Anda bisa menyetok sedikit barang terlebih dahulu sebagai awal permulaan. Oiya, selain itu pastikan Anda mencari seller yang terpercaya, ramah dan menjual barang-barang berkualitas.

  • Dropship

Dropship adalah metode menjual produk milik orang lain tanpa harus mengeluarkan modal. Metode ini cocok dilakoni oleh Anda yang masih pemula dalam bisnis online shop. Jadi Anda hanya perlu memasarkan produk milik seller di toko online Anda sendiri. Apabila Anda menemukan buyer, barulah Anda meminta transfer uang dari si buyer sesuai harga yang Anda bandrol.

Nantinya uang tersebut harus Anda transfer sebagian untuk seller utama (sesuai harga awal barang). Lalu si seller bakal mengirim barang tersebut langsung ke alamat buyer dengan menggunakan nama toko Anda. So, gampang kan?

Namun demikian, kekurangan dari metode ini Anda tidak tahu kondisi barang secara langsung. Proses shipping Anda juga tidak ikut mengurusi. Apabila terjadi kesalahan, ini bisa saja memicu pertikaian antara Anda dan buyer. Maka itu, pastikan memilih seller yang benar-benar terpercaya.

2. Menjual Jasa

Apabila Anda tidak punya modal atau bingung untuk menjual produk di instagram, Anda bisa memulai dengan berjualan jasa. Misalnya saja jasa bikin sketsa gambar, bikin logo, banner, desain web, desain interior, content writer, pengetikan.

3. Membuka Layanan Endorsement

Jadi Endorsement di Instagram

http://magazine.orami.co.id

Apabila akun instagram Anda sudah memiliki jumlah follower lumayan banyak, minimal ribuan. Maka Anda bisa membuka layanan Endorsement ataupun paid promote. Ini berarti Anda mempromosikan produk milik orang lain, dimana Anda akan mendapatkan produk tersebut secara gratis plus dapat bayaran juga! Keren kan?

Biasanya sih, besarnya bayaran yang diterima bergantung pada jumlah follower. Semakin banyak follower maka feenya juga semakin tinggi. Bisa mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Wow!

4. Menjual Foto

Sebagaimana fungsi utamanya, instagram adalah lapak untuk memamerkan keindahan sebuah foto. Maka dari situ juga Anda bisa membuka peluang bisnis menjual foto. Bagaimana caranya?

Anda cukup mengupload karya fotografi Anda di beranda instagram. Untuk menghindari pencurian, jangan lupa tambahkan watermark di foto Anda. Nantinya bila ada orang yang berminat membelinya, lakukan transaksi secara pribadi dan kirimkan foto aslinya tanpa watermark.

 5. Bisnis Jasa Titip Beli Produk

Belanja di Instagram

https://www.panorama.it

Bisnis lain yang peluangnya lumayan besar di Instagram adalah jasa titip beli barang atau makanan. Anda tentu tahu kan bahwa di jaman sekarang mayoritas orang malas keluar rumah. Jadi bila Anda punya hobi jalan-jalan dan suka belanja, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa titip ini.

Untuk jenis barang yang Anda tawarkan itu bergantung dimana Anda biasanya belanja. Apabila Anda suka bepergian ke mall di Singapore, Anda bisa memfoto barang-barang disana. Posting di instagram, lalu buka pemesanan untuk para followermu. Selain itu, Anda juga bisa mencoba jasa titip kue artis kekinian.

6. Menjadi Seorang Buzzer

Menjadi buzzer ini hampir mirip dengan endorse. Jadi buzzer berarti Anda membuat sebuah pembicaraan di akun instagam dengan tujuan agar topik tersebut bisa menjadi viral. Buzzer ini juga termasuk mempromosikan brand perusahaan tertentu. Biasanya seorang buzzer akan diberikan panduan tentang kalimat dan foto yang harus diposting. Anda tinggal copy-paste aja. Dan menariknya lagi bayarannya juga lumayan tinggi. Ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Syarat untuk menjadi buzzer tentunya Anda harus punya banyak follower. Kemudian Anda juga harus seorang pengguna aktif instagram. Isi konten jelas dan menarik. Dengan demikian para adversiter akan melirik Anda untuk dikontrak sebagai buzzer mereka.

Jadi itulah beberapa tips mendapatkan penghasilan lewat instagram. Sebenarnya sih cukup mudah ya. Namun yang sulit adalah tahap permulaan, yakni bagaimana Anda bisa mendapatkan banyak follower. Disitulah tantangan Anda untuk menjadi pengguna instagram yang kreatif dan aktif. Apabila follower Anda sudah banyak, maka jangan khawatir. Pundi-pundi uang pasti akan datang sendiri.