7 Cara Mendapatkan Uang Bagi Pelajar

Uang Jajan Tambahan Untuk Pelajar

Menjadi pelajar yang masih memerlukan bantuan dana dari orang tua, pasti terkadang kalian merasa uang saku bulanannya masih kurang. Untuk mengcover kebutuhan tak terduga kalian yang bisa saja dadakan menghampiri.

Tentunya kalian memerlukan uang jajan tambahan sehingga kalian bisa membeli barang yang bisa saja memiliki harga yang lebih tinggi harganya dibanding uang saku bulanan kamu. Oleh karena itu kalian harus memutar otak agar bisa menambah uang jajan tanpa mengganggu proses belajar.

Ditengah kesibukan yang padat, tidak sedikit mereka yang nyambi pekerjaan sampingan agar keuangan mereka tetap mengalir. Karena biasanya uang jatah orang tua kalau tidak benar benar dihemat akan habis sebelum akhir bulan tiba. Sehingga mereka harus melakukan pekerjaan sampingan untuk menutup biaya kebutuhan mereka.

Nah, buat kamu yang merasakan keadaan diatas dan sedang mencari ide tentang kerjaan sampingan yang tidak mengganggu aktivitas belajar namun tetap mendapat hasil yang menjanjikan, baca artikel ini sampai habis ya.

Gimana sih Caranya Pelajar Bisa Dapat Uang Tambahan Jajan?

1. Menjadi Pebisnis Dropshipper atau Reseller

Dropship juga bisa menjadi alternatif bagi Kamu yang ingin berjualan suatu produk secara online namun masih belum memiliki modal yang cukup untuk membeli barang tersebut. Untuk memasarkan suatu produk, saat ini sudah banyak toko atau penjual yang beralih menggunakan toko online daripada toko offline ketika ingin memasarkan suatu barang seperti pakaian, sepatu, tas, gadget, dan sebagainya.

Fleksibilitas menjadi dasar alasan kenapa banyak orang senang bertransaksi secara online karena pembeli hanya cukup mengetik barang yang ingin dibeli di kolom pencarian suatu toko online sehingga pembeli tidak perlu repot repot untuk datang ke toko dari si penjual tersebut.

Secara teori, dropship adalah menjual barang orang lain tanpa kita memiliki barang tersebut sehingga ketika ada pembeli yang ingin membeli barang tersebut kepada kita, kita tinggal bilang ke penjual yang asli jadi barang akan dikirimkan ke pembeli melalui perantara kita.

Yang kamu lakukan hanya tinggal memasang foto dan jumlah stok barang tanpa memiliki barang tersebut secara fisik. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah, selain kamu tidak mengeluarkan uang untuk kulakan barang, kamu juga mendapat fee tersendiri dari penjual barang tersebut. Menarik bukan?

2. Menjadi Blogger atau Vlogger

Pekerjaan yang satu ini merupakan pekerjaan sekaligus hobi yang sedang trend di kalangan masyarakat. Banyak orang termasuk dari golongan mahasiswa yang menjadi Blogger maupun Vloger. Jika Kamu serius untuk menjadi Blogger / Vlogger maka bukan tidak mungkin konten yang kamu buat sukses mencuri banyak perhatian orang dan kamu bisa mendapatkan uang lewat iklan yang dipasang di konten kamu.

3. Menjadi Freelancer

wanita mencari uang online
wanita mencari uang online

Menjadi seorang freelancer juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan oleh anak kost. Apalagi jika di kosan terdapat koneksi wifi maka pekerjaan inipun akan semakin mudah dilakukan.

Lowongan kerja yang bisa didapatkan para freelancer ini biasanya diposting di website freelance seperti sribulancer.com , Projects.co.id , dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai variasi dan jenis job yang ada di platform tersebut membuatmu gampang dalam memilih salah satu pekerjaan yang kamu inginkan. Semakin sering kamu mendapatkan proyek, semakin banyak pula uang yang bisa kamu dapatkan.

4. Membuka Tempat Privat Maupun Bimbingan Belajar

Jika kamu mengambil jurusan pendidikan di perkuliahan, tidak ada salahnya untuk mencoba bekerja menjadi pengajar privat maupun ditempat les. Dengan bekerja menjadi pengajar, secara tidak langsung juga membuat kamu belajar dan mengasah kemampuan berbicara didepan banyak orang.

Uang yang dihasilkan dari mengajar bisa dibilang relatif tinggi karena durasi les yang hanya 1,5 jam sampai 2 jam. Sehingga pekerjaan sampingan yang satu ini cocok untukmu sehingga bisa menambah uang jajan yang menipis setiap saat.

5. Jasa Pengetikan Makalah dan Tugas

Jasa yang satu ini masih ‘laku’ dikalangan mahasiswa khususnya mahasiswa yang malas ngetik tugas maupun makalahnya sehingga lebih memilih orang lain yang melakukannya.

Jika saja untuk satu jasa ketikan makalah dihargai 50 ribu rupiah, ini masih harga normal lho, maka tinggal dikalikan dengan jumlah orderan yang didapat. Padahal bisa dibilang kalau tugas dan makalah merupakan hal yang paling sering didapat mahasiswa pada saat menempuh pendidikan kuliah.

Sehingga jika ada yang yang sedang membutuhkan jasa ketik makalah maupun tugas, maka kamu bisa mencalonkan diri untuk menjadi juru ketik untuk mereka dan mendapat uang jajan tambahan dari hasil mengetik tersebut.

6. Reparasi dan Instalasi Komputer

Biasanya skill reparasi dan instalasi komputer menjadi keahlian khas dari anak Teknik Informatika. Jika kamu adalah pelajar jurusan Teknik Informatika, maka kamu bisa mencoba ilmu yang kamu dapatkan di bangku kuliahan dengan membuka jasa reparasi dan instalasi komputer karena semua itu sudah didapatkan mahasiswa Teknik Informatika di mata kuliah mereka

Rata – rata untuk sekali instalasi komputer maupun laptop akan dihargai 50 ribu rupiah. Coba bayangkan bila dalam sehari ada 3 temanmu yang membutuhkan instalasi ulang laptop mereka karena berbarengan terkena virus. Kamu sudah panen uang banyak dari situ.

7. Menjadi Desainer Grafis

Jika kamu memiliki kemampuan dalam beranimasi atau mendesain suatu benda 2D, dan menguasai software editing seperti coreldraw, photoshop atau ilustrator, kamu bisa memanfaatkan kemampuan kamu itu untuk menghasilkan uang dari internet

Coba cari lowongan pekerjaan lepas di freelance, buat profil kamu, lalu mulailah mempromosikan skill kamu. Kamu juga bisa mengasah kemampuan desain grafis kamu di platform online seperti 99designs. Disitu kamu bisa berkompetisi dengan desainer lain dalam mengerjakan suatu proyek. Jika sang pemilik proyek suka dengan hasil kerjaan kamu, maka kamu akan direkrut oleh pemilik proyek tersebut  agar proyeknya bisa diselesaikan olehmu.

Cara manual yang  bisa kamu coba adalah dengan mendatangi pemilik bisnis atau komunitas lokal dan tunjukkan kemampuan desain kamu. Atau kamu juga bisa mendatangi co-working space yang akhir akhir ini sedang booming. Di tempat tersebut kamu bisa menemui berbagai orang yang bekerja di perusahaan startup dan perusahaan lain yang pasti sedang membutuhkan jasa desain grafis

Alternatif lainnya adalah datang ke co-working space jika sedang ada event semacam itu. Di tempat ini, Kamu akan menemui berbagai orang yang berasal dari perusahaan startup dan perusahaan lainnya yang sudah pasti membutuhkan jasa desain.

Bagaimana denganmu? Apakah tertarik untuk mencoba salah satu peluang usaha sampingan yang bisa memberimu uang jajan tambahan? Berani mengambil resiko merupakan langkah awal yang bagus untuk mencapai sukses kamu.

Termasuk mengambil resiko untuk mencoba peruntungan di dunia kerja sampingan yang bisa kamu lakukan di waktu senggangmu. Lumayan kan kalau bisa menambah uang jajan khususnya bagi kamu yang masih pelajar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba cara – cara diatas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *