Cara Mendapatkan Tubuh Ideal Secara Sehat

Pada dasarnya ada banyak cara untuk mendapatkan tubuh ideal.

Tapi faktanya, tidak semua metode itu sehat. Oleh sebab itu, pada ulasan kali ini, kita akan menyimak bersama bagaimana cara mendapatkan tubuh ideal secara sehat itu.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Cukup tidur

Hasil penelitian dari Universitas Chicago menunjukkan kurang tidur (lebih sedikit dari 7-8 jam) berisiko meningkatkan nafsu makan, memperlambat metabolisme, sekaligus menambah timbunan lemak di area perut.

Karenanya, upayakan untuk cukup tidur setiap malamnya, dan bila olahraga mengganggu pola tidur, maka jangan berlebihan dalam melakukannya. Sebaliknya, cobalah lakukan stretching ringan agar tidur bisa lebih cepat dan nyenyak.

2. Pilih snack yang lebih sehat

Lain lagi dengan hasil riset dari Purdue University yang menyebutkan bahwa kebiasaan ngemil berpotensi menyabotase kinerja tubuh dalam membakar lemak. Salah satu alasannya karena hampir semua jenis cemilan mengandung sekitar 200 kalori. Hasil penemuan lain menyebutkan camilan zaman now bahkan bisa mencapai 600 kalori besarnya.

Solusi yang dapat kami sarankan untuk ini adalah dengan mengurangi porsi camilan. Sedangkan bagi yang doyan ngemil, sebaiknya pilih snack yang lebih sehat serta rendah kalori seperti sayur dan buah.

3. Bijak dalam memilih sumber kalori

Cara mendapatkan tubuh ideal secara sehat berikutnya adalah bijak dalam memilih sumber kalori atau makanan yang dikonsumsi. Daripada karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau roti tawar, lebih baik pilih karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah atau gandum.

Tanaman Gandum sumber energi
Tanaman Gandum sumber kalori (syngenta.co.za)

Selain itu, untuk proteinnya, pilihlah yang bebas lemak. Mengenai jenis lemaknya, lebih disarankan bila Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh atau lemak sehat, daripada lemak jenuh seperti dari gorengan misalnya. Contoh lemak sehat antara lain alpukat serta kacang-kacangan.

4. Cermati jumlah kalori yang masuk dalam tubuh

Setelah memilih menu sehatnya, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah mengetahui berapa banyak kalori yang diperlukan tubuh. Karena tidak mudah menghitung asupan kalori yang diperlukan tubuh, Anda mungkin perlu bertanya lebih lanjut pada pakar gizi.

Alasannya karena asupan kalori yang diperlukan setiap orang tidak sama. Besarannya sangat tergantung dari jenis kelamin, usia, hingga seberapa berat aktivitas sehari-hari.

5. Rajin olahraga

Tentu saja olahraga merupakan salah satu cara mendapatkan tubuh ideal secara sehat yang tidak boleh dilewatkan. Bila memang tak punya cukup waktu untuk berolahraga, maka tetaplah bergerak aktif pada sepanjang hari. Hindari duduk terus-menerus dalam jangka waktu lama.

6. Latihan angkat beban

Cara mendapatkan tubuh ideal secara sehat lainnya adalah dengan rutin berlatih mengangkat beban. Metode ini tidak hanya cocok untuk pria, namun juga wanita. Tidak hanya mengaktifkan sistem kerja otot lebih lagi, latihan angkat beban juga ampuh untuk mendongkrak metabolisme tubuh.

7. Tambahkan pula latihan lainnya

Walau latihan angkat beban sangat disarankan, tapi tidak berarti hanya jenis olahraga itu saja yang perlu Anda geluti. Sebaliknya, modifikasi olahraga dengan latihan lain seperti peregangan, yoga, jogging, jalan sehat, lompat tali, interval, hingga kardio.

8. Puasa intermiten

Puasa intermiten selama 24 jam penuh, sekali dalam seminggu, memang dianggap ekstrim oleh beberapa kalangan. Namun faktanya, bila rutin dilakukan, cara mendapatkan tubuh ideal secara sehat satu ini juga efektif untuk mempertahankan massa otot.

9. Banyak minum air putih

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa rajin minum air putih tidak hanya ampuh mencegah dehidrasi. Kebiasaan baik ini juga dapat menurunkan rasa lapar. Oleh sebab itu, kendalikan nafsu makan dengan minum segelas air putih baik sebelum maupun sesudah makan.

10. Jauhi soda

daftar minuman bersoda
daftar minuman bersoda (amazon.com)

Minuman soda memang nikmat rasanya. Tapi di sisi lain, minuman berkarbonasi tersebut juga cenderung memicu rasa lapar dan mengandung banyak gula. Untuk itu, hindari soda, bahkan yang berlabel ‘diet coke’ sekalipun.

11. Minta dukungan dari orang terdekat

Tidaklah mudah untuk mendapatkan tubuh ideal, apalagi bila sebelumnya Anda mengalami overweight atau obesitas. Anda mungkin sudah benar-benar berniat untuk menjalankan semua saran yang kami sebutkan tadi. Tapi semangat ini bisa surut jika tidak ada dukungan dari orang terdekat. Karenanya, saat mencoba cara mendapatkan tubuh ideal, beritahukan dan mintalah dukungan dari orang terdekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *