6 Cara Mendapatkan Penghasilan dengan Menulis Cerpen

Bagi orang yang gemar menulis, tentunya membuat cerpen atau cerita pendek adalah sesuatu yang cukup menyenangkan. Menciptakan sebuah rasa ke dalam sajak-sajak indah. Tentunya indah, bukan? Namun sayangnya, ada banyak penulis cerpen yang menjadikan aktivitasnya tersebut hanya sebagai hobi semata. Padahal menulis cerpen juga bisa mendatangkan keuntungan loh!

Caranya dengan mengirimkan tulisanmu ke redaksi koran atau website yang menerima karya cerpen. Biasanya fee yang diberikan bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Dan keuntungan lainnya, karyamu bakal dibaca oleh banyak orang. Nah, langsung saja deh, simak nih beberapa cara mendapatkan penghasilan lewat nulis cerpen.

1. Basabasi.co

Lapak pertama yang bisa Kamu jadikan tempat buat nerbitin cerpen kamu adalah basabasi.co

Di situs ini Kamu nggak hanya bisa ngirim cerpen saja, tapi juga puisi, esai, review film ataupun artikel. Apabila tulisanmu dinilai sesuai kriteria maka Kamu berkesempatan memperoleh bayaran dari tim basabasi.co. Untuk besarnya fee sendiri bergantung pada jenis tulisan. Kalau cerpen dan esai dibayar Rp.300 ribu, puisi Rp.250 ribu, dan artikel Rp.100 ribu.

Jika Kamu tertarik bisa langsung ngirim karyamu ke email gerobaknaskah@basabasi.c0

Nantinya Kamu bakal dapat email pemberitahuan jika karyamu diterima.

2. Republika

Apabila Kamu udah jago banget nulis cerpen dan merasa tulisanmu memiliki nilai ‘seni’, maka Kamu bisa mengirimnya di koran republika. Mengirim di redaksi ini tergolong cukup sulit. Sebagaimana dilansir dari situs lakonhidup.com, Kamu harus menagih beberapa kali agar dana bisa dicairkan. Sedangkan untuk nilai nominalnya sendiri adalah Rp.371.000.

Jika tertarik, langsung saja kirim ke sekretariat@republika.co.id

3. Kompas

Kompas cerpen
Kompas cerpen

Redaksi berikutnya yang memberikan bayaran untuk penulis cerpen adalah Kompas. Koran ini juga menerima tulisan dalam bentuk puisi dan dongeng. Untuk honor yang dijanjikan terbilang cukup besar. Menurut situs lakonhidup.com, bayaran untuk penulis cerpen sebesar Rp.1.400.000, puisi Rp.550.000, sedangkan dongeng Rp.150.000. Biasanya bayaran diberikan pada tanggal pertengahan bulan.

Jika berminat, langsung saja kirim karyamu ke alamat email opini@kompas.com. Sedangkan untuk dongeng dikirim ke nusantarabertutur@gmail.com

4. Jawa Pos

Jawa Pos merupakan salah satu redaksi yang cukup populer di Indonesia. Selain memuat berita dan gosip artis,  halaman koran Jawa Pos juga kerap menampilkan cerpen dengan kualitas berbobot. Di samping itu, Jawa Pos menerima karya resensi buku serta puisi.

Menurut situs lakonhidup.com, jumlah fee yang diberikan untuk cerpen sebesar Rp.925.000-Rp.1.000.000. Sedangkan puisi dihargai Rp.725.000 dan resensi buku Rp.700.000. Biasanya honor akan ditransfer ke rekening penulis 14 hari setelah cerita dimuat di koran.

Bila berminat langsung kirim karyamu ke alamat email editor@jawapos.co.id atau ariemetro@yahoo.com, atau ari@jawapos.co.id

5. Media Indonesia

Redaksi lain yang juga menerima naskah cerpen dan puisi adalah Media Indonesia. Untuk menulis disini, syarat cerpen harus original dan memuat minimal 9000 karakter. Ingat ya, karakter. Bukan kata, kok! Menurut info dari situs lakonhidup.com, honor yang diberikan untuk penulisan cerpen sebesar Rp.705.000 Sedangkan puisi dibayar Rp.625.000.

Jika berminat, Anda bisa mengirim naskah cerpen ke email cerpenmini@mediaindonesia.com. Sedangkan untuk puisi dikirim ke puisi@mediaindonesia.com

6. Tempo

Tempo juga merupakan salah satu media yang populer dan fenomenal di Indonesia. Nah, di redaksi Tempo, biasanya cerpen diberikan harga Rp.750.000. Sedangkan honor puisi senilai Rp.600.00. Selain itu, menurut situs lakonhidup,com, Tempo juga menerima resensi buku dan dihargai sebesar Rp.700.000.

Bila berminat, Anda bisa langsung mengirim ke email sastra@tempo.co.id

Sebenarnya masih banyak redaksi lain yang menerima naskah cerpen, misalnya saja Suara Merdeka, Pikiran Rakyat, Tribun Jabar, Radar Surabaya dan sebagainya. Anda bisa langsung melihat alamat email redaksi-redaksi tersebut di situs resmi mereka. So, semoga bermanfaat ya Gaes!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *