Penyebab dan Cara Mencerahkan Wajah Kusam

Halokawan,

Mungkin kamu sering melihat teman atau saudara yang masa kecilnya terlihat kumel, kucel, dan dekil tapi berubah drastis menjadi sangat bersih dan bening saat beranjak dewasa. Kemungkinan besar, orang tersebut melakukan perawatan untuk mempercantik diri. Dan memang tidak bisa disangkal, untuk mendapatkan kulit yang indah, sehat, dan berseri memang butuh proses dan perawatan. Baik perawatan dari dalam maupun perawatan dari luar.

 

Penyebab wajah kusam

Saat ini dunia kecantikan terasa semakin bersinar dan menjadi pusat perhatian bagi sebagian besar wanita. Munculnya para influencer kecantikan mengarahkan mindset banyak wanita bahwa cantik itu penting. Dan definisi cantik yang sedang tren saat ini tidak hanya wajah cantik yang proporsional, tetapi juga kulit yang mulus, lembab, fresh, dan tentunya tidak kusam.

Tapi girls, untuk mendapatkan itu semua memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh proses yang panjang dan di dalamnya ada banyak sekali pantangan. Nah, supaya usahamu tidak sia-sia dalam mendapatkan kulit idaman setiap wanita, berikut ini kami bagikan 8 pantangan agar kulit tidak kusam. Simak terus, ya.

1. Terpapar Matahari Langsung

Salah satu penyebab kulit kusam adalah seringnya terpapar sinar matahari secara langsung. Perlu kamu ingat bahwa kita hidup di negara tropis yang semakin hari terasa semakin panas saja. Walaupun pada saat-saat tertentu kamu merasa matahari tidak terlalu panas, tetap saja jangan biarkan kulit terpapar matahari langsung.

Sebab, meskipun tidak terasa, paparan matahari yang minim juga dapat membakar kulit dan menyebabkan kulit kusam dan kering. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk gunakan sun protection dengan SPF minimal 30.

2. Terkena Polusi

Saat memilih lotion, jangan hanya memilih yang mengandung SPF, tetapi juga yang mengandung anti-pollution. Sebab, saat kamu beraktivitas di luar, debu dan polusi dapat mengganggu kesehatan kulitmu, terutama saat udara kering. Dan kalau bisa, gunakan pakaian yang dapat melindungimu dari polusi.

3. Menggunakan Produk Skincare yang Salah

Pada dasarnya wanita memang selalu penasaran dengan produk skincare terbaru. Iya nggak? Meskipun pengalaman-pengalaman mengatakan bahwa  kebanyakan skincare hanya menawarkan janji-janji manis, tapi tetap saja kamu ingin membeli dan mencobanya. Siapa tahu cocok, ya kan?

Tapi ingat, tidak semua skincare akan cocok untuk kulitmu. Jangan asal mencoba dan perlu lebih selektif, sebab banyak orang yang salah memilih skincare justru berakhir jerawatan dan sulit mendapatkan kembali kulit mulusnya. Maka dari itu, perhatikan juga bahan-bahan dari produk skincare yang akan kamu beli dan lihat bagaimana review orang lain mengenai produk tersebut.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Kulit

merawat kulit sde345hhh
www.grihshobha.in

Kulit yang penuh daki atau sel kulit mati akan menyebabkan kulit terlihat kusam. Sebab, daki tersebut akan menyebabkan kulit susah bernapas dan tentunya akan mempersulit regenerasi sel. Maka dari itu, kamu perlu membiasakan diri untuk membersihkan kulit secara keseluruhan.

Caranya bagaimana? Kamu bisa mulai rajin menggunakan scrub minimal satu minggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Dan jangan lupa untuk membersihkan kulit wajah dari make up sebelum tidur.

5. Tubuh Kekurangan Nutrisi

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan tidak kusam, jangan hanya merawat kulit dari luar saja, tetapi juga dari dalam. Mengapa? Sebab, apa yang kamu makan akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, termasuk kulit.

Makanya sekarang ini clean eating menjadi sangat populer. Untuk merawat kulit dari dalam, kamu perlu mengurangi makanan-makanan yang tidak sehat seperti garam, gula, gorengan, dan junkfood. Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah dan sayur.

6. Kurang Minum Air Putih

Jangan menyepelekan kadar air putih yang kamu minum setiap harinya. Sebab, meskipun terkesan simpel, kekurangan air putih dapat menyebabkan kulit kusam. Kurangnya air putih akan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Selain itu aliran darah menjadi tidak lancar dan volume darah yang dialirkan ke kulit menjadi lebih sedikit. Kurangnya aliran darah ini akan menyebabkan kulitmu kurang nutrisi, pucat, kusam, bahkan dapat menimbulkan penuaan dini apabila dilakukan dalam jangka panjang. Maka dari itu, pastikan kamu minum air putih delapan gelas per hari.

7. Stress

stress-quotes-life se3212121bhjkk
everydaypower.com

Mungkin terkesan enggak nyambung ya. Apa hubungannya stress dengan kulit kusam? Nah, ini yang kadang disepelekan banyak orang. Tahukah kamu bahwa keadaan psikologis juga akan mempengaruhi kesehatan kamu. Tidak hanya kulit, tetapi juga organ lainnya.

Dan bagaimana pengaruh stress terhadap kulit? Kondisi stress ternyata dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuhmu, yang mana hormon ini dapat menghambat aliran darah ke organ kulit. Kurangnya darah ini akan menghambat perbaikan kulitmu.

8. Tidur Begadang

penyakit-akibat-begadang i8q7398bhjk
BaruTerus.com

Waktu tidur orang dewasa yang ideal yaitu sekitar 7-9 jam per hari. Tidur tidak hanya membuat tubuh kita relaks, tetapi juga waktu yang tepat dimana kulit memperbaiki diri atau beregenerasi. Kalau kamu terbiasa begadang dan kurang tidur, maka regenerasi sel kulitmu tidak akan optimal.

Selain itu, begadang juga akan membuat lingkar matamu menjadi hitam, kulit menjadi pucat, dan tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan. Menjadi produktif memang baik, tapi ingat bahwa tubuh kita juga perlu istirahat.

 

Cara Mengatasi Kulit Kusam Dari Dalam

Salah satu dampak dari mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang adalah masalah kulit kusam. Pola makan yang tidak seimbang bisa dikarenakan oleh kurangnya konsumsi buah-buahan, sayuran, dan cairan. Hal ini sedikit banyak juga memberi gambaran pada kita bahwa untuk mendapatkan kulit yang indah dan sehat tidak hanya perlu perawatan dari luar saja, tetapi juga dari apa yang masuk ke dalam tubuh.

Jadi, apabila kamu menginginkan kulit sehat untuk jangka panjang, bentuklah pola makan yang sehat. Dari seluruh makanan di alam semesta ini, ada berbagai jenis makanan yang memiliki efek lebih pada kulit dan membantu mempercantik kulit.

Dan berikut ini telah kami rangkum 7 jenis makanan sehat yang dapat membantu memperbaiki kulit kusam. Simak terus ya.

1. Almond

independent.co.uk

Kandungan almond yang kaya akan asam lemak esensial dapat membantu melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, almond kaya akan vitamin E, sehingga almond juga dapat membantu mencerahkan kulit. Vitamin E ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan sel oksidatif.

Selain sebagai makanan, kamu bisa mendapatkan khasiat almond ini dengan menjadikan minyak almond sebagai bahan campuran scrub. Campuran gula dan minyak almond akan sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

2. Ubi Jalar

Selain sebagai sumber karbohidrat, ubi juga dapat berperan untuk mengatasi masalah kulit kusam. Kandungan vitamin A yang terkandung di dalam ubi dapat membantu meningkatkan pembentukan sel-sel baru di kulitmu. Sehingga, sel-sel kulit lama yang tidak sehat dan membuat kulitmu terlihat kusam dapat diregenerasi. Tidak hanya itu, ubi juga memiliki kandungan beta karoten yang dapat membuat kulitmu menjadi lebih lembab dan terhindar dari sel jahat.

3. Alpukat

BOGOR.net

Ingin memiliki kulit sehat dan kenyal? Maka cobalah untuk mengkonsumsi alpukat setiap pagi. Hal ini dibuktikan sendiri oleh salah satu diva Indonesia, yaitu Titi DJ. Dan ternyata, terdapat penjelasan ilmiah mengenai hal ini.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Washington University School of  Medicine di St Louis, ditemukan bahwa kandungan dalam buah alpukat dapat membuat kulit lebih sehat, terawat, dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa nutrisi dalam alpukat dapat menurunkan risiko penuaan dini sampai 35 persen. Inilah sebabnya alpukat juga dapat berperan sebagai anti-aging.

4. Bayam

Arbamedia.com

Bayam memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk kulit. Bayam kaya akan vitamin A yang dapat berperan sebagai antioksidan, dimana anti-oksidan ini dapat membuat sel-sel kulit memperbaiki diri dan menghambat proses penuaan.  Selain itu, bayam juga kaya akan kandungan vitamin C, dimana vitamin C ini dapat membuat kolagen memproduksi sel kulit baru.

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak memiliki kandungan omega-3 yang dapat menjaga kelembaban kulit pada lapisan kulit terdapat. Konsumsi ikan berlemak akan membuat kulitmu terlihat kenyal dan sehat. Ikan berlemak juga memiliki kandungan vitamin D yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan untuk melawan berbagai masalah kulit seperti iritasi dan jerawat. Beberapa contoh ikan berlemak yang dapat kamu konsumsi adalah ikan salmon dan ikan tuna.

6. Brokoli

lovepik.com

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit, misalnya saja seng, vitamin A, dan vitamin C. Brokoli juga mengandung lutein, suatu karotenoid yang dapat berfungsi seperti beta-karoten. Lutein akan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, sehingga kulit tidak akan kering dan berkeriput.  Selain itu, brokoli juga memiliki senyawa khusus bernama sulforaphane yang dapat menjadi agen pelindung terhadap kerusakan yang diakibatkan sinar matahari.

7. Tomat

buah tomat matang

flickr.com

Tomat adalah buah dengan segudang manfaat untuk kesehatan dan kulit. Di dalam tomat terkandung vitamin C, vitamin A dan likopen dengan kadar cukup tinggi.

Mengkonsumsi tomat secara rutin bisa membuat wajah jadi sehat, gak kusam, terhindar dari paparan radikal bebas dan juga lebih cerah.

Kamu bisa menyajikan buah tomat kepada anak secara langsung atau olah menjadi jus segar. Di samping itu, terapkan juga tomat sebagai masker wajah. Cara ini bisa membantu wajah anak jadi lebih sehat.

Selain dari metode di atas, untuk mencerahkan wajah kusam bisa juga dilakukan lewat pola makan. Berikan anak asupan cairan yang cukup, buah-buahan, sayuran dan ikan sebagai sumber nutrisi kulitnya.

Salah satu masalah wajah yang kerap dialami banyak orang adalah kusam dan noda hitam. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan perawatan skincare yang berbasis vitamin C, khususnya serum. Sebab umumnya serum mengandung konsentrasi yang cukup tinggi sehingga bisa bekerja lebih efektif dibandingkan jenis produk lainnya.

Lalu kenapa harus vitamin C? Sebagai informasi, vitamin C memiliki segudang khasiat bagi kesehatan kulit. Vitamin C bisa membantu pembentukan kolagen untuk menjaga kulit tetap elastis dan awet muda. Selain itu, vitamin C juga bisa menekan proses hiperpigmentasi, menyamarkan flek hitam dan mencegah timbulnya jerawat.

Menurut penelitian, tomat mengandung senyawa likopen yang merupakan super antioksidan yang berperan dalam menjaga keremajaan kulit serta mencegah kerusakan sel-sel kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Senyawa likopen ini juga menjadi salah satu rahasia kecantikan para wanita di Hungaria, loh! Maka itu, tak heran jika banyak industri kecantikan yang menggunakan ekstrak tomat ke dalam produk kecantikan atau skincare milik mereka.

Yang perlu kamu tahu, untuk mendapatkan khasiat dari buah tomat, disarankan kamu menggunakannya sebagai masker sekaligus dikonsumsi secara langsung. Untuk pengkonsumsian tomat baiknya diolah terlebih dahulu, bisa dikukus atau di rebus. Kenapa harus begitu? Karena tomat yang dimasak akan menaikkan kadar likopennya hingga 10 kali lipat!

8. Kedelai

Kedelai mengandung senyawa isoflavon yang dapat bermanfaat untuk beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah kulit. Sebuah studi kecil yang dilakukan pada wanita paruh baya menghasilkan penemuan bahwa mengkonsumsi kedelai isoflavon setiap hari selama 8-12 minggu dapat mengurangi kerutan halus dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selain itu, kedelai juga mampu mengatasi kekeringan kulit dan meningkatkan kolagen pada wanita menopause, sehingga kulit tetap kuat. Manfaat lain dari isoflavon adalah melindungi sel-sel di dalam tubuh dari radiasi sinar UV.

9. Teh Hijau

dallasinter.weebly.com

Teh hijau dikenal manfaatnya untuk kesehatan. Untuk kulit sendiri, teh hijau dapat melindungi kulit dari kerusakan dan mencegah penuaan. Teh hijau memiliki senyawa kuat bernama katekin yang berfungsi meningkatkan kesehatan kulit.

Sebuah studi yang dilakukan pada 60 wanita menemukan bahwa konsumsi setiap hari selama 12 minggu dapat mengurangi hingga 25 persen kemerahan akibat paparan sinar matahari. Dari penelitian ini juga didapatkan hasil bahwa teh hijau dapat meningkatkan kelembaban, ketebalan, dan elastisitas kulit.

Nah, mungkin sekian dulu artikel mengenai 9 makanan untuk memperbaiki kulit kusam.

 

Cara mencerahkan wajah yang kusam Dari Luar

1. Masker Putih Telur

Teen.co.id

Mungkin bukan hal baru lagi kalau putih telur dapat digunakan untuk merawat wajah bahkan meningkatkan kecerahan kulit wajahmu. Putih telur yang kaya protein akan membantu memacu regenerasi sel. Regenerasi sel ini menghasilkan sel kulit baru yang akan mengganti sel-sel kulit mati si penyebab kulit kusam. Putih telur adalah sumber protein yang bagus. Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, putih telur juga bisa diaplikasikan sebagai masker wajah.

Khasiat putih telur bagi kulit bisa membantu mengecilkan pori-pori, menghilangkan komedo dan bikin wajah jadi kelihatan bersih. Putih telur juga menyerap kelebihan minyak yang menjadi penyebab wajah kusam.

Untuk aplikasinya, sama caranya saat kamu menggunakan masker biasa. Pertama, oleskan putih telur ke kulit wajah. Diamkan selama beberapa menit sampai putih telur benar-benar mengering. Saat putih telur kering, kamu akan merasakan wajahmu tertarik dan kaku. Nah, saat inilah kamu bisa membersihkan wajahmu dengan air bersih. Selain memberi efek mencerahkan, putih telur juga dapat membuat wajahmu menjadi lebih kencang.

2. Gunakan Minyak Zaitun Sebagai Moisturizer

minyak zaitun untuk wajah kusam

http://cdn2.stylecraze.com

Cara kedua untuk merawat wajah agar tidak kusam adalah memanfaatkan minyak zaitun.

Minyak ini bagus loh untuk kulit. Mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Selain itu juga mencegah timbulnya garis-garis halus dan flek hitam. Dan yang paling penting minyak zaitun ampuh melembabkan wajah.

Untuk penerapannya, oleskan saja minyak zaitun pada wajah dan leher secara merata. Aplikasikan sesering mungkin. Setiap malam sebelum tidur lalu bilas di keesokan paginya dengan air bersih.

 3. Coba Masker Oatmeal dengan mix Madu dan Susu

Oatmeal, madu dan susu adalah kombinasi bahan yang sempurna untuk mengatasi wajah kusam. Oatmeal berperan dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan menyerap kelebihan minyak di wajah. Sedangkan madu untuk melembabkan dan susu sebagai pencerah wajah alami.

Pembuatan masker ini campurkan 1 sdt oatmeal, 1 sdt madu dan 2 sdt susu dalam mangkuk kecil. Aduk adonan. Lalu balurkan pada wajah. Diamkan sampai mengering sekitar 30 menit. Kemudian basuh dengan air dingin sampai bersih.

 4. Sering Gunain Masker Timun

Timun ini gak cuma enak dibuat lalapan. Tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk anak.

Timun aman untuk segala tipe kulit. Tidak memicu iritasi. Selain itu, kadar air yang tinggi juga berguna untuk hidrasi wajah agar lebih lembab dan sehat.

Untuk menerapkan masker ini, sediakan setengah potong timun. Iris tipis-tipis. Kemudian tempelkan pada bagian-bagian wajah, di kedua pipi, dahi, dagu dan kulit bawah mata. Diamkan sekitar 15-20 menit. Bilas dengan air sampai bersih.

5. Gula

Salah satu penyebab kulit kusam adalah penumpukan sel-sel kulit mati di wajah. Karena itu, kamu harus rajin melakukan scrub atau eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut. Kalau kamu tidak sempat atau malas membeli scrub, kamu dapat memanfaatkan gula untuk dijadikan scrub.

Caranya cukup mudah, pertama campurkan gula merah dan gula putih masing-masing 1 sdm. Tambahkan sedikit air agar campuran tersebut membentuk pasta. Nah, baru kamu dapat aplikasikan ke wajah dengan cara dipijat pelan-pelan dengan gerakan memutar. Setelah merasa cukup, bilas wajah menggunakan air hangat. Kamu akan merasakan kulit semakin bersih dan kenyal.

6. Air Beras

radarpekalongan.co.id

Sudah bukan hal baru lagi ya, bahkan beberapa produk kecantikan memanfaatkan beras sebagai bahan dasar. Beras dipercaya memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, dan juga memberi efek mencerahkan.

Di sini yang akan kamu manfaatkan adalah air berasnnya. Jadi, pertama kamu masukkan beras ke dalam cup sampai setengahnya, kemudian tambahkan air sampai cup terisi penuh. Rendam selama satu jam lalu saring dan pisahkan air beras ke wadah lain. Nah, kemudian kamu ambil kain bersih untuk mengoleskan air beras tersebut ke wajahmu. Setelah merata ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit baru dapat kamu bilas.

7. Lemon

www.fourwindsgrowers.com

Lemon sangat baik untuk kesehatan kulit, tidak hanya wajah tetapi juga kulit tubuhmu. Kandungannya yang kaya akan vitamin C dan anti-oksidan akan membantu mencerahkan wajahmu dan mencegah penuaan dini.  Kamu yang memiliki masalah jerawat juga dapat memanfaatkan buah ini untuk mengatasinya.

Akan lebih baik apabila kamu mengkombinasikan lemon dengan madu untuk memberi kelembaban. Caranya cukup mudah, cukup campurkan 1 sdm madu dengan perasan lemon. Aplikasikan ke seluruh kulit wajah dan tunggu sampai 15 menit sebelum dibilas.

8. Lidah Buaya

Kalau kamu memiliki tanaman lidah buaya di sekitar rumah, manfaatkan tanaman tersebut sebagai masker alamimu. Saat ini lidah buaya sedang menjadi tren dan berbagai produk masker berbahan dasar lidah buaya laris di pasaran. Lidah buaya sangat baik untuk kesehatan kulit karena senyawa polifenol yang terkandung di dalamnya dapat berfungsi sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan ini akan melindungi kulitmu dari senyawa berbahaya dan radikal bebas.

Nah, daripada kamu beli, mending buat sendiri, kan? Caranya sangat mudah, cukup ambil gel lidah buaya dan oleskan ke seluruh wajah. Tunggu sampai 10 menit kemudian bilas sampai bersih.

9. Kopi

Tribunnews.com

Kini, sudah banyak orang memanfaatkan kopi sebagai masker alami mereka. Kopi dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, seperti mencerahkan, melembabkan, dan menghilangkan mata panda.

Untuk membuat masker kopi, kamu butuh bahan tambahan agar hasil bisa maksimal. Bahan lain yang kamu butuhkan adalah cocoa dan yoghurt tanpa rasa.  Cocoa dapat digunakan sebagai anti-oksidan dan yoghurt dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Caranya, cukup campurkan 4 sdm kopi bubuk murni, 4 sdm cocoa, dan 6 sdm yoghurt. Aduk ketiga bahan tersebut sampai merata kemudian aplikasikan ke seluruh kulit wajah. Tunggu sekitar 20 menit, kemudian bersihkan wajah menggunakan air hangat.

10. Masker Madu dan Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin A. Buah pisang ini dipercaya dapat menjaga keseimbangan pada kandungan air dalam kulit tubuh manusia. Sedangkan madu, memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Dalam hal ini, madu sangat berkhasiat dalam mengatasi kulit wajah yang kendur.

Untuk membuat masker wajah ini, caranya adalah dengan mencampurkan 1/2 buah pisang yang ditambah dengan 2 sdm madu. Campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Lalu aplikasikan secara menyeluruh ke kulit wajah. Diamkan juga selama beberapa menit. Setelah beberapa menit kemudian bilas hingga benar-benar bersih.

11. Facial Teh Hijau

Teh hijau merupakan bahan yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu mengatasi kulit yang rusak dan iritasi. Menariknya lagi, facial dengan menggunakan teh hijau dapat membantu menyeimbangkan kandungan minyak alami yang terdapat pada kulit wajah.

Caranya pun mudah, cukup dengan mengambil dua buah kantong teh hijau dan yang kemudian diseduh. Masukkan pula kapas ke dalam teh lalu aplikasikan ke seluruh wajah serta leher. Jangan lupa untuk diamkan selama 10 – 15 menit dan bilas hingga benar-benar bersih.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana mudahnya merawat wajah tanpa harus pergi ke salon. Selain kamu dapat melakukannya sendiri di rumah, merawat wajah dengan cara ini dapat dikatakan lebih hemat dan tidak menguras kantong kamu. Jadi harus tunggu kapan lagi?

Nah, kali ini kita akan membahas tentang sederet manfaat tomat untuk kecantikan wajah sekaligus cara membuat masker tomat homemade. Yaudah langsung disimak,yuk!

12. Masker tomat sebagai anti aging

krishijagran.com

Buat kamu yang sudah menginjak usia 25 ke atas, kamu perlu memberikan perhatian lebih besar kepada kesehatan kulit wajahmu. Sebab seiring bertambahnya usia, lapisan kolagen akan semakin menipis sehingga membuat kulit makin tipis dan rentan berkeriput.

Untuk memperlambat tanda-tanda penuaan, kamu bisa membuat masker wajah homemade dari kombinasi tomat dan wortel. Kedua sayuran ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Jadi terbilang ampuh dalam membantu menjaga elastisitas kulit dan mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel kulit. Di samping itu, tomat juga mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen.

Untuk cara pakainya, kamu cukup campurkan 1 sdm tomat dan 1 sdm wortel yang sudah dihaluskan. Aduk sampai rata. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 40 menit. Jika sudah, kamu bisa segera membilasnya. Ulangi pemakaian 3 kali dalam seminggu atau setiap hari juga boleh!

13. Masker tomat untuk mengatasi jerawat

Siapa nih yang suka sebal dengan jerawat yang tak kunjung hilang? Nggak perlu bete. Kamu bisa mencoba mengatasi jerawat dengan membuat masker tomat yang dikombinasikan bersama madu dan lemon.

Tomat mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang berperan sebagai pertahanan system imun dan anti bakteri. Sedangkan lemon menyimpan kandungan asam sitrat yang juga bertindak sebagai agen pembunuh bakteri. Begitupun dengan madu juga mengandung zat anti mikroba dan mampu meredakan peradangan.

Untuk cara pakainya, campurkan 2 sdm tomat yang sudah dihaluskan, 2 sdm madu dan 1 sendok makan air perasan lemon. Balurkan pada wajah hingga rata. Kemudian tunggu selama 20 menit. Bilas menggunakan air hangat dengan bersih. Oiya, untuk menghidrasi wajahmu, jangan lupa menggunakan pelembab setelah memakai masker ini, karena sifat asam dari lemon berisiko bikin kulit mongering.

14. Masker tomat untuk atasi kulit kering

india.com

Kondisi kulit yang kering tentunya enggak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab kulit kering itu sangat rentan mengalami beragam masalah, seperti munculnya garis-garis halus flek hitam, kusam, bahkan kerutan. Nah, salah satu cara mudah untuk mengatasi kulit kering yakni dengan mengaplikasikan masker alami dari tomat. Adanya kandungan vitamin dan mineral yang beragam dalam tomat bisa membantu menghidrasi kulitmu lebih optimal sehingga nantinya kesehatan dan kekenyalan wajah pun akan terjaga dengan baik.

Untuk cara pakainya, kamu bisa mengkombinasikan 1 sdm tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm minyak zaitun. Aduk-aduk, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Selang 30 menit, bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

15. Masker tomat untuk mencerahkan wajah

Wajah kusam adalah masalah bagi sejuta umat. Ada banyak factor yang membuat wajah terlihat kusam dan makin menggelap. Diantaranya seperti paparan sinar matahari, polusi, pemakaian kosmetik berlebihan dan bisa pula dikarenakan pola makan yang kurang sehat.

Untuk mengatasi wajah kusam, kamu tak hanya bisa mengandalkan produk skincare. Jika kulitmu sensitif dan kamu butuh perawatan yang lebih aman, coba saja menggunakan masker tomat. Adanya kandungan vitamin C dalam tomat dapat bekerja dalam menghambat pembentukan melanin yang menjadi penyebab hiperpigmentasi atau penggelapan kulit.

Untuk pengaplikasiannya, campurkan 2 sdm tomat dan 2 sdm mentimun. Masing-masing bahan dihaluskan, lalu tambahkan 1 sdm yogurt tawar. Balurkan campurna tersebut pada wajah sampai merata. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian cuci bersih menggunakan air hangat.

16. Masker tomat untuk menyamarkan mata panda

chefmarshallobrien.com

Keberadaan lingkaran hitam di bawah mata tentunya cukup mengganggu, ya? Selain bikin wajah terlihat kurang fresh, kesannya juga tampak tua. Nah, untuk membantu menyamarkan mata panda, kamu dapat mencoba menggunakan masker tomat. Buah sekaligus sayuran berwarna orange ini mengandung senyawa antioksidan cukup tinggi yang bisa membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit bawah mata.

Untuk cara bikinnya, kombinasikan 2 sdm tomat dengan 2 sdm mentimun. Haluskan, lalu balurkan pada bawah mata, Tunggu 30 menit, kemudian bilas menggunakan air.

Alternatif lain, kamu juga bisa memanfaatkan campuran tomat dengan lidah buaya. Caranya sama, yakni cukup dioles dibawah mata dan dibilas setelah 30 menit. Lidah buaya kaya akan vitamin sehingga mampu menyamarkan mata panda yang menganggu.

17. Gunakan masker susu

jioreshop.net

Sunburn, wajah yang kusam dan belang akibat sinar UV juga bisa disembuhkan dengan pemakaian masker susu secara teratur. Umumnya susu mengandung beragam vitamin dan mineral yang bisa memberikan nutrisi pada kulit, sehingga wajah pun akan semakin sehat dan tampak flawless.

Susu juga mengandung asam laktat yang membatu proses pengangkatan sel-sel kulit mati sekaligus juga mencerahkan wajah.

Untuk pemakaiannya, kamu bisa mengkombinasikan dengan madu yang juga kaya vitamin. Campurkan saja 1 sdm madu ke dalam setengah gelas susu. Balurkan pada wajah secara merata. Diamkan sampai mongering. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

18. Gunakan masker mentimun

Untuk mengatasi wajah belang dan sunburn akibat paparan matahari, kamu juga bis memanfaatkan mentimun. Sayuran yang sering digunakan untuk lalapan ini kaya akan kandungan air yang bisa membantu menghidrasi kulit yang kering setelah panas-panasan. Selain itu, adanya kandungan vitamin juga membantu mengembalikan warna kulitmu yang kusam menjadi cerah seperti semua.

Cara pakainya, cukup sediakan satu buah mentimun. Lalu kupas dan iris tipis-tipis. Tempelkan pada area wajah seperti pipi, dahi, bawah mata, dagu dan hidung.Tunggu sekitar 20 menit, lalu ambil mentimun dan buanglah. Selesai, tidak ribet kan? Dijamin wajahmu akan terasa lebih fresh dan tampak bersih.

19. Oleskan gel lidah buaya secara rutin

organicfacts.net

Pertama, kamu bisa mencoba menggunakan lidah buaya. Tanaman ini memiliki gel atau lendir bening yang mengandung beragam vitamin, salah satunya vitamin C yang berperan dalam membantu mencerahkan kulit yang kusam. Di samping itu, lidah buaya juga mengandung senyawa licodaine yang mampu memberikan efek menenangkan dan mengurangi rasa panas akibat sunburn.

Untuk pemakaiannya, kamu cukup oleskan gel lidah buaya pada wajahmu secara merata. Jika gelnya sudah meresap sempurna dan kering, maka segera bilas dengan air. Ulangi pemakaian sampai 3-4 kali sehari agar area gelap pada wajahmu bisa cepat kembali cerah dan sehat.

Oiya, jika kamu punya kulkas, baiknya masukkan lidah buaya ke dalam kulkas sebelum digunakan. Tujuannya agar lebih fresh saat diaplikasikan.

Masker Pelembab Wajah

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi masker terbaik untuk melembabkan wajah. Keep scrolling!

1. Dr.Jart Water Hydro Fuse Sleep Mask

sehoonyolo.com

Dr.Jart+ merupakan brand asal Korea Selatan yang terbilang cukup populer di kalangan pecinta k-beauty. Produk dari Dr.Jart sendiri ada beragam. Khusus untuk mengatasi kulit kering, kamu bisa mencoba sleep mask Dr.Jart Water Hydro Fuse.

Produk ini memiliki tekstur berupa gel yang mudah meresap ke dalam kulit. Di dalamnya terkandung senyawa hyaluronic acid yang membantu menghidrasi wajah jadi lebih lembut dan halus. Selain itu, juga tersimpan kandungan alami yang berupa ekstrak buah cranberry, daun zaitun dan sejumlah minyak essensial.

Oiya, produk ini juga cocok digunakan untuk segala tipe kulit loh, termasuk kulit sensitif karena bebas dari alkohol, fragrance dan paraben.

Untuk harganya berkisar Rp.700.000an.

2. Laneige Multiberry Yogurt Repair Pack

lovelycomplex.net

Masih dari brand Negeri Gingseng, selanjutnya ada Laneige yang juga masuk jajaran skincare terbaik untuk mengatasi masalah kulitmu. Sesuai namanya, Laneige Multiberry ini dibuat dari ekstrak buah berry dengan konsentrasi tinggi sehingga bisa menghidrasi kulit keringmu secara maksimal.

Selain itu, diperkaya juga dengan kandungan yogurt,.niacinamide dan NAG yang berguna membantu proses pengangkatan sel kulit mati sekaligus membuat tekstur kulit wajahmu makin halus, glowing dan kenyal.

Untuk harganya terbilang nggak terlalu mahal, hanya bersikar Rp.275.000an.

3. Innisfree Its Real Squeeze Mask

thekoreanmall.com

Kalau masker ini bentuknya bukan pack, melainkan berupa sheet mask atau biasa disebut masker tisue. Sheet mask dari innisfree sebenarnya sangat beragam, kamu bisa memilih sesuai keperluan kulitmu. Jika untuk wajah kering, coba saja yang varian shea butter. Bahan ini dipercaya mampu menjaga elastisitas kulit dan pastinya bikin wajahmu yang kering menjadi lebih lembab.

Jenis varian lain yang juga dikhususkan untuk memoisturizing kulit adalah aloe vera, manuka honey, coconut oil, cucumber,dan bamboo.

Pemakaian masker ini sangat simpel. Kamu hanya perlu menempelkannya pada wajah. Diamkan sampai kandungan essence-nya menyerap pada kulit, lalu lepas deh. Nggak ribet, kan?

Sheet mask dari innisfree dijual dengan harga mulai dari Rp.12.000an.

4. The Face Shop Real Nature Mask

elevenia.co.id

Jenis sheet mask Korea lain yang enggak kalah bagus adalah brand dari The Face Shop. Kamu bisa mencoba jenis varian yang khusus mengatasi kulit kering, misalnya varian Avocado, Aloe, Sheet Butter atau Honey.

Jika kamu ingin sekaligus mencerahkan wajah, bisa gunakan juga varian pomegranate atau ekstrak buah delima. Varian ini enggak cuma ampuh mengatasi kulit kusam, tapi juga mengandung emulsified moisturizing serum yang berperan dalam menghidrasi wajahmu.

Sheet mask The Face Shop mengutamakan ingredient berbasis natural. Jadi sangat aman digunakan pada kulit sensitif. Harganya pun terbilang ramah kantong, yakni mulai dari Rp.13.000an.

5. SK-II Treatment Facial Mask

keywordluxury.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan produk SK-II? Skincare premium yang berasal dari Jepang ini memiliki ciri spesifik, dimana tiap produknya mengusung kandungan utama berupa Pitera. Tak terkecuali dengan sheet mask ini!

SK-II Treatment Facial Mask diklaim dapat menutrisi dan menghidrasi kulit secara optimal. Menjadikannya wajah jadi lembut dan tampak bercahaya hanya dalam hitungan menit.

Sheet mask dari SK-II ini bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp.75.000 – Rp 150.000an.

6. Lush Oatifix Fresh Face Mask

teaonthetyne.com

Produk yang satu ini terbilang sangat terkenal dikalangan beauty enthusiast dan kerapkali mendapatkan respon positif dari para penggunannya. Lush sendiri merupakan produk skincare berbasis natural yang berasal dari United Kingdom, London. Hampir semua ingredient yang digunakan dalam produk-produk Lush memasukkan bahan-bahan alami.

Seperti contohnya masker Lush Oatifix ini yang juga diperkaya oleh kandungan esktrak buah pisang dan mentega putih yang berperan dalam mengembalikan kelembaban alami kulit. Selain itu, ada pula kandungan almond bubuk, oatmeal dan kaolin yang bekerja secara bersama-sama mengoptimalkan proses pengelupasan kulit mati, membuat wajahmu jadi lebih halus dan kenyal.

Kamu bisa mendapatkan masker Lush ini dengan harga mulai dari Rp.259.000 an.

Nah, jadi kira-kira itulah sederet rekomendasi masker untuk mengatasi wajah kering. Yang perlu kamu perhatikan, selain mengaplikasikan masker, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi pada kulitmu.

Gunakan Serum Vitamin C

Berikut ini sederet rekomendasi serum vitamin C terbaik yang ampuh mencerahkan wajahmu. Langsung intip yuk!

1. Clinique Fresh Pressed Daily Booster

Produk yang satu ini terbilang sangat populer di kalangan kaum hawa pecinta skincare. Clinique Fresh Pressed Daily Booster mengandung vitamin C dari ekstrak buah jeruk dengan kadar 10%, sehingga mampu bekerja efektif dalam mencerahkan kulit, menyamarkan flek hitam dan jerawat, serta memperbaiki tekstur wajah jadi lebih halus.

Untuk harganya memang sedikit pricey, tapi dijamin worth it mengingat kandungannya yang  berkualitas. Kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp. 1.100.000-an untuk mendapatkan produk dari Clinique ini.

2. Peter Thomas Roth Potent C Power Serum

Nggak kalah bagus dari sebelumnya, serum dari Peter Thomas Roth ini juga memperoleh banyak review positif dari para penggunanya. Serum ini mengandung 20% senyawa THS Ascorbate yang diketahui lebih ampuh 50 kali dibandingkan vitamin C pada umumnya. Dimana fungsinya dapat mencerahkan warna tone kulit sekaligus menyamarkan garis halus dan keriput.

Keunggulan lainnya, serum ini juga mengandung vitamin E yang bertindak sebagai antiosikdan dan mencegah kerusakan sel kulit.

Untuk harganya berkisar Rp. 1.300.000-an.

3. The Body Shop Vitamin C Skin Boost Instant Smoother Serum

media.karousell.com

The Body Shop merupakan brand skincare berkualitas yang biasanya mengutamakan bahan-bahan natural dalam produknya. Tak terkecuali untuk Serum Skin Boots ini yang juga mengandung vitamin C dari ekstrak camu camu berry, tanaman yang berasal dari wilayah Amazon.

Serum ini mampu bekerja dalam membantu kulit jadi lebih cerah, lembab dan halus. Selain itu, adanya kandungan kolagen bertindak sebagai anti aging yang mampu melawan tanda-tanda penuaan.

Jika dibandingkan merk-merk serum sebelumnya, produk dari The Body Shop ini menawarkan harga yang lebih terjangkau. Yakni sekitar Rp. 379.000-an.

4. Drunk Elephant C-Firma Day Serum

drunkelephant.com

Selanjutnya, produk serum vitamin C yang ampuh mengatasi masalah kulit kusam adalah Drunk Elephant C Firma Day Serum. Produk skincare premium yang berasal dari Amerika ini dikenal akan kualitasnya yang enggak main-main.

Adanya kandungan ferulic acid atau asam felurat di dalamnya berperan sebagai anti oksidan yang mampu menjaga keremajaan kulitmu dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Serum ini juga mengandung vitamin C yang bekerja dalam menghambat hiperpigmentasi, menjadikan kulit lebih cerah dan bersih. Oiya, keefektifan serum ini akan semakin meningkat bila pemakaiannya dikombinasikan dengan skincare vitamin E.

Untuk mendapatkannya, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp.1.200.000-an.

5. Skinceuticals C E Ferulic

Jika kamu ingin mendapatkan wajah yang glowing dan cerah tanpa berlama-lama, coba deh gunakan skicare serum dari Skin  Ceuticals. Serum ini mengandung 15% vitamin C murni dalam bentuk L-Ascorbic Acid yang fungsinya sebagai booster untuk mencerahkan dan membuat warna kulit jadi merata.

Selain itu juga terkandung senyawa Alpha Tocopherol yang merupakan turunan vitamin E dan ferulic acid yang berperan sebagai antioksidan.

Serum kaya manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan harga berkisar Rp. 2.200.000-an.

6. Mad Hippie Vitamin C Serum

littlemissconny.blogspot.com

Punya masalah kulit kusam dan adanya garis-garis halus di wajah? Kamu bisa mencoba pemakaian serum vitamin C dari Mad Hippie. Di dalam serum ini terkandung bahan-bahan aktif yang berperan dalam mencerahkan wajah, diantaranya hyaluronic acid, ferulic acid, dan konjac root.

Di samping itu, juga terdapat kandungan sodium ascorbyl phosphate sekitar 10% yang merupakan jenis vitamin C yang mampu melawan tanda-tanda penuaan sekaligus bikin wajah makin cerah dan kenyal.

Produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga berkisar Rp. 455.000.

7. Kiehl’s New Powerful Strength Line Reducing Concentrate

Serum dari Kiehl’s ini dikenal ampuh bikin wajah cerah dan glowing karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yakni 10.5%. Tidak cuma itu aja, di dalamnya juga tersimpan senyawa L-ascorbic acid yang bertugas menghambat pembentukan melanin berlebihan, serta sebagai perawatan anti keriput. Sedangkan kandungan gliserinnya berguna menghidrasi kulit agar tetap lembab.

Dengan khasiatnya yang begitu banyak, produk ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 750.000

8. Rohto Dermacept RX Vitamin C 15%

utotia.net

Mencari serum yang efektif mencerahkan tapi dengan harga terjangkau? Pilihannya adalah Rohto Dermacept RX. Produk ini diklaim cocok untuk segala tipe kulit, termasuk kulit sensitif sebab Rohto bebas dari bahan-bahan yang bersifat kurang baik, seperti surfaktan, alkohol ataupun pewarna buatan.

Kandungan utama produk ini adalah asam L – askorbat dan vitamin C dengan kadar 15%. Senyawa-senyawa ini dapat bekerja optimal dalam memperbaiki kerusakan sel kulit, merangsang pembentukan kolagen, menyamarkan noda hitam dan pastinya bikin wajah makin cerah.

Rohto Dermacept RX Vitamin C ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, yakni berkisar Rp. 198.000.

Nah, demikianlah beberapa rekomendasi serum vitamin C terbaik untuk mengatasi wajah kusam. Oh iya, jika pada pemakaiannya kulitmu muncul iritasi maka segera hentikan ya. Pada dasarnya, keefektifan suatu produk berbeda-beda untuk setiap jenis kulit.

Skincare Untuk Mencerahkan Kulit Kusam

Untuk perawatan dari luar, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami atau produk-produk skincare yang banyak dijual di pasaran. Namun, kalau kamu enggak mau ribet dan kepingin yang instan aja, berikut ini telah kami rangkum rekomendasi produk skincare untuk mencerahkan kulit kusam, mulai dari brand lokal, drugstore, sampai yang high end. Simak terus ya.

1. Wardah Lightening Day Cream

 

bukalapak.com

Rekomendasi pertama adalah brand lokal dari Wardah. Seperti namanya, skincare ini dianjurkan untuk digunakan di pagi atau siang hari ketika kamu beraktivitas. Di dalam Wardah Lightening Day Cream, terdapat kandungan most bright active yang memiliki kemampuan ganda, yaitu untuk mencerahkan dan melembabkan kulit kusam.

Ada tiga kandungan utama dalam moist bright active, yaitu vitamin B3, licorice extract, dan allantoin.  Ketiga kandungan tersebut akan membantu menenangkan, mencerahkan, dan melembabkan kulit. Apakah sampai di situ saja? Enggak dong, tentu saja masih ada kurang kalau produk pencerah wajah tidak disertai dengan pelindung. Oleh karena itu, Wardah Lightening Day Cream juga dibekali dengan SPF 30 PA+++.

Harga Wardah Lightening Day Cream 30 gram berada di kisaran Rp.42,000

2. Wardah Lightening Night Cream

sociolla.com

Masih di brand yang sama dan jenis produk yang sama. Namun bedanya, produk ini dikhususkan untuk pemakaian di malam hari. Mengapa kamu perlu menggunakan keduanya? Sebab, pemakaian pelembab yang berbeda di pagi dan malam hari akan memberikan efek yang lebih baik terhadap kulit. Di pagi hari, gunakan pelembab yang kandungan bahan aktifnya baik digunakan di pagi hari, begitu juga untuk malam hari.

Di dalam Wardah Lightening Night Cream terdapat kandungan 7 white active complex + AHA. 7 white active complex merupakan gabungan dari 7 bahan yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Produk ini juga dilengkapi dengan vitamin B3 dan vitamin E untuk membantu melembabkan kulit.

Harga Wardah Lightening Night Cream 30 gram berada di kisaran Rp.37,500

3. KOSE Clear Turn White Mask Vitamin C

id.pinterest.com

Clear Turn White Mask Vitamin C merupakan masker yang mengandung vitamin C dan asam amino, dimana keduanya dapat memberikan efek pencerah pada kulit. Selain mencerahkan dan membantu regenerasi, vitamin C ini juga memiliki anti-oksidan yang tinggi sehingga dapat membantu  menangkal radikal bebas. Asam aminonya juga dapat melindungi kulit dari agresi eksternal yang bisa mengganggu kesehatan kulit.

Masker Clear Turn White Mask Vitamin C memiliki lima sheet dan masing-masing sheet-nya memiliki ketebalan yang sangat tipis dan memiliki ukuran yang pas sehingga mudah untuk diaplikasikan ke wajah.

Harga untuk KOSE Clear Turn White Mask Vitamin C isi 30 sheet berada di kisaran Rp.173,600

4. The Body Shop Skin Defense Multi Protection Essence SPF 50 PA ++++

eblush.co.id

Nah, untuk perlindungan penuh terhadap kulit, kamu membutuhkan sunscreen yang memberikan perlindungan tinggi. Dan produk The Body Shop ini dibekali SPF 50++++. Meskipun memiliki SPF yang tinggi, sunscreen ini sangat ringan digunakan dan gampang meresap ke kulit. Saat diambil, tekstur lebih milky tapi saat diaplikasikan akan berubah menjadi lebih cair, sehingga tidak bikin lengket di kulit.

Sunscreen ini mengandung red algae extract yang berguna untuk membantu regenerasi sel kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat membuat kulit lebih elastis sehingga kulit terlihat lebih muda. Sunscreen dari The Body Shoop ini juga mengandung vitamin C yang berperan untuk mencerahkan kulit.

Kisaran harga The Body Shop Skin Defense Multi Protection Essence SPF 50 PA ++++ 40 ml yaitu Rp.399.000

5. Tatcha Violet C Radiance Mask

Nah, sekarang kita beralih ke produk high end yang harganya jauh lebih mahal. Produk ini merupakan masker yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah, sehingga kulit kusam dapat berangsur-angsur menghilang. Produk ini mengandung alfa hydroxide acid sebanyak 10 persen yang berasal dari buah-buahan. Kandungan inilah yang membantu mencerahkan wajah.

Produk ini disertai dengan vitamin C water soluble & oil soluble untuk memperkuat efek pencerahan. Selain itu, Tatcha Violet C Radiance Mask juga mengandung japanesse beauty berry, yaitu super fruit yang ada di jepang yang dapat membantu menstabilkan vitamin C yang ada di masker ini. Super fruit ini juga kaya akan anti-oksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Produk ini memiliki tekstur yang ringan dan proses aplikasi hanya membutuhkan waktu 15 sebelum dibilas.

Harga Tatcha Violet C Radiance Mask ukuran 50 ml berada di kisaran Rp.1,100,000

Nah, kamu dapat pilih mana saja yang sesuai dengan budget-mu. Asalkan pemakaian rutin, pasti akan membuahkan hasil. Sekian dulu artikel mengenai skincare untuk mencerahkan kulit kusam kali ini.

wajah cantik segar berseri

 

Perawatan Agar Wajah Glowing

Setiap orang pasti ingin wajahnya terlihat glowing alami karena itu menandakan bahwa kulit dalam keadaan sehat. Namun berbagai faktor seperti pertambahan usia, makanan, kurang tidur, atau stres, semua itu dapat membuat kulit kusam. Guna memperbaikinya, mari simak beberapa cara mendapatkan wajah glowing berikut ini:

1. Cuci wajah secara rutin

Kotoran, minyak, serta polusi yang menyumbat pori-pori dapat menyebabkan kulit kusam. Oleh karenanya, cucilah wajah secara rutin setiap pagi dan malam sambil memijat kulit dengan gerakan melingkar.

2. Exfoliating minimal seminggu sekali

Cara mendapatkan wajah glowing berikutnya adalah dengan exfoliating. Lakukan metode pengikisan sel kulit mati menggunakan scrub ini paling tidak 2-3 kali dalam seminggu. Tapi untuk kulit sensitif atau kering, exfoliating disarankan hanya dilakukan sekali dalam seminggu.

Anda juga dapat mencoba produk chemical exfoliator yang mengandung asam glikolat. Bahan ini efektif untuk menghaluskan sekaligus mencerahkan kulit. Sesudah itu, jangan lupa oleskan pelembab dan tabir surya karena exfoliating membuat kulit lebih rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari.

3. Kenali bahan produk yang membuat glowing

Saat membeli produk perawatan wajah, carilah yang berlabel mencerahkan seperti ‘brightening‘ atau ‘skin tone-evening‘. Anda juga disarankan mencari produk yang mengandung vitamin C. Antioksidan ini mampu mencerahkan kulit dengan mencegah enzim memproduksi pigmen. Cobalah mengaplikasikan 5 tetes serum vitamin C sebelum mengoleskan tabir surya setiap pagi agar kulit terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bahan lain yang cukup efektif untuk mencerahkan wajah adalah Niacinamide. Menurut pakar, vitamin B3 tersebut dapat memperlambat produksi pigmen sehingga mencegah terbentuknya noda hitam. Selain itu, produk yang mengandung resorcinol dan alpha-arbutin juga efektif membantu mencerahkan wajah.

4. Pentingnya pelembab

Cara mendapatkan wajah glowing selanjutnya adalah tidak mengabaikan pentingnya pelembab. Beberapa orang berpikir pelembab hanya diperlukan tipe kulit wajah normal atau kering saja. Padahal jenis kulit berminyak juga butuh asupan pelembab agar tetap terhidrasi.

Menurut Jeanine Downie, M.D, dokter kulit dari New Jersey, kulit yang tidak terhidrasi dengan baik cenderung tampak kusam dan berkerut-kerut. Karenanya, gunakan pelembab yang sesuai jenis kulit, dan pijatlah wajah juga ketika mengaplikasikannya.

5. Toner dulu baru pelembab

Namun sebelum mengoleskan pelembab, pastikan untuk menggunakan toner lebih dulu. Dengan begitu, pelembab dalam bentuk serum, losion, atau krim dapat meresap lebih dalam ke kulit.

6. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Cara mendapatkan wajah glowing tidak cukup hanya dengan merawat kulit dari luar saja. Kesehatan kulit juga harus dirawat dari dalam, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan.

Kue dari Pecan
Kue dari Pecan (sugarspunrun.com)

Karena itu, tinggalkan gorengan dan investasikan uang untuk membeli anggur, berry, serta kacang-kacangan seperti pecan atau walnut. Deretan makanan ini kaya polifenol asam elagik dan resveratrol. Para ahli menjumpai antioksidan tersebut efektif menangkal radikal bebas sehingga sel kulit terlindungi dari kerusakan akibat sinar UV, misalnya hiperpigmentasi.

7. Lakukan forward bending

Gerakan forward bending dalam yoga juga dapat memperlancar aliran darah ke wajah. Lakukan selama 3 menit sehari agar wajah tampak glowing alami.

8. Solusi kilat, gunakan shimmering product

Sedangkan bagi Anda yang butuh tampilan wajah glowing secara instan, gunakan produk yang dapat memberi kesan shimmer pada kulit. Produk yang juga disebut dengan istilah glotions ini umumnya mengandung gliserin dan hyaluronic acid.

9. Gunakan masker wajah

Rutin menggunakan masker wajah, khususnya yang berlabel brightening atau mengandung bahan pencerah di atas, juga dapat mencerahkan kulit secara alami.

10. Kompres dingin

Cara mendapatkan wajah glowing yang satu ini sangat mudah dilakukan, namun butuh ketekunan. Coba gunakan kompres dingin atau gulirkan ice cube ke seluruh area wajah agar tampilan kulit tampak lebih segar.

11. Berendam air garam

Merendam tubuh ke dalam air garam tidak hanya membuat kulit, termasuk wajah, tampak lembut, namun juga lebih bersih dan halus.

12. Saatnya pergi ke dokter kulit

Kadangkala masalah kulit seperti melasma atau noda hitam tidak dapat diatasi dengan produk yang dijual di pasaran. Untuk menghilangkan kondisi hiperpigmentasi ini, Anda dapat mengunjungi dokter kulit. Bila jumlah noda hitamnya cukup banyak atau ukurannya cukup besar, dokter mungkin akan menggunakan metode laser, microneeling, atau chemical peels untuk mengatasinya.