Wednesday , October 21 2020

Cara Mencegah Mimisan Pada Anak

Kondisi pembuluh darah di bagian dalam indra penciuman atau hidung adalah mimisan. Anak, remaja, dewasa, orang tua dapat mengalaminya. Namun Anda tentu paling sering melihat anak-anak mengalami mimisan. Kemudian timbul rasa khawatir bagaimana jika anak Anda yang mengalaminya. Tenang, orang tua tidak perlu bingung dan panik ketika anak Anda mimisan. Lebih baik lagi jika Anda sebagai orang tua yang peduli dengan kondisi kesehatan anak, maka perlu mencegah agar anak tidak mudah mengalami mimisan. Mencegahnya tentu dengan mengetahui penyebab yang dapat menimbulkan mimisan. Simaklah agar Anda dapat mencegah mimisan pada anak.

Kondisi Udara Yang Terasa Kering

Udara terasa kering di sekitar lingkungan bukan selalu karena panas yang terik. Cuaca yang sangat dingin juga dapat mengakibatkan kondisi udara terasa kering. Jika saat itu kondisi lingkungan rumah Anda atau kondisi lingkungan sekitar dalam keadaan yang kering, usahakan hidung anak dalam keadaan yang lembab. Guna mengantisipasi agar tidak terjadi mimisan. Bagi Anda yang harus mengajak anak ke suatu tempat dan memiliki udara dingin dan kering. Kemudian anak mulai mengeluhkan rasa sakit dan perih pada hidung, maka lebih baik untuk mencari tempat yang hangat. Biasanya mimisan akan terjadi ketika hidung sudah mulai terasa perih di bagian sekitar lubang hidung.

Polusi Udara

Udara yang ada di perkotaan cenderung tidak sehat karena mengandung banyak polutan. Bagi Anda yang tinggal di pusat kota, pastikan kondisi lingkungan rumah bebas dari polusi. Seperti rumah harus bersih dan banyak memiliki tanaman untuk mencegah udara berpolusi masuk ke rumah. Anak mudah mimisan jika dia menghirup udara yang banyak mengandung polusi. Rokok, asap knalpot, debu yang mengandung kuman penyakit langsung mampu menyebabkan iritasi pernapasan terutama menyerang selaput lendir. Selaput lendir yang sensitif ketika dipenuhi polusi, maka akan mengalami luka. Terlebih selaput lendir adalah selaput tipis yang mudah mengalami gangguan ketika anak menghirup udara yang kotor. Mimisan pada anak mudah terjadi karena anak sering dan banyak menghirup udara berpolusi. Jadi, pastikan anak Anda dapat selalu terbebas dari polusi yang berbahaya.

Kondisi Anak Mudah Alergi Pada Sesuatu

Mimisan sendiri ternyata juga dapat diakibatkan karena alergi. Anak dekat dengan sesuatu benda, maka saat itu anak dapat mengalami mimisan. Atau anak mengalami alergi ketika dengan dengan sesuatu benda, maka anak dapat mengalami mimisan pula. Sebagai orang tua, Anda harus awas dan segera menyadari jika anak mulai bersin-bersin dengan waktu lama, maka perlu segera mengajaknya jauh dari tempat tersebut. Atau menyingkirkan benda yang membuat anak Anda mengalami alergi.

Kondisi Anak Yang Terbiasa Mengorek Hidung

Jangan diamkan anak yang memiliki hobi mengorek hidung. Membuat mukosa mudah mengalami iritasi. Dan membawa dampak pada mimisan di hidung. Jika tangan anak Anda selalu gatal untuk mengorek hidung, maka berikan penjelasan bahwa kebiasaan tersebut tidaklah baik karena membahayakan hidung dan menjadikan hidung mengalami mimisan.

Mimisan pada anak mudah terjadi dan mudah untuk dicegah. Sehingga pastikan anak Anda dapat melewati untuk tidak mengalami mimisan. Asalkan Anda tahu bagaimana cara mencegahnya, maka dapat lebih diminimalisir. Orang tua tentu harus lebih awas dan peduli dengan anak. Anak tentu belum mengerti mengapa ada darah keluar dari hidung dan mengapa dapat terjadi. Lebih baik mencegahnya agar anak Anda tidak harus mengalami. Meskipun mimisan dapat diatasi dan bukan penyakit yang parah, lebih baik mencegah.

About Bas