Monday , October 19 2020

Penyebab dan Cara Memerahkan Bibir Dengan 6 Bahan Alami

Cara Efektif Membuat Bibir Merah Alami

 

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kecantikan wajah adalah bibir. Kondisi bibir yang merah alami dan tampak sehat tentunya membuat senyum semakin menawan.

 

Penyebab Bibir Hitam

Namun sayangnya, seiring bertambahnya usia warna bibir seringkali menjadi memudar bahkan gelap. Ini dapat disebabkan oleh paparan polusi, sinar UV, kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman berkafein atau efek penggunaan kosmetik tertentu.

Nah, untuk mengembalikan warna alami bibir, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dipilih. Salah satunya memanfaatkan bahan alami. Metode ini tentunya lebih aman bagi bibir dan tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, budgetnya juga hemat banget daripada kamu harus mengeluarkan uang untuk beli produk kosmetik.

Berikut Cara Memerahkan Bibir Dengan 6 Bahan Alami yang terbukti murah dan aman

  1. Madu

Cara paling mudah untuk memerahkan bibir secara alami adalah memanfaatkan madu. Madu mengandung vitamin B, vitamin C dan vitamin K yang dapat memberikan nutrisi pada bibir. Selain itu madu juga membantu mengangkat sel kulit mati serta melembabkan permukaan bibir.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengaplikasikan di sore hari atau malam sebelum tidur. Cukup oleskan madu secukupnya pada bibir secara merata. Diamkan 1-2 jam, lalu bilas dengan air. Jangan membawanya untuk tidur ya, karena madu bisa menarik kedatangan semut.

  1. Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis atau lemon, keduanya sama-sama sumber vitamin C yang tinggi. Berfungsi sebagai scrubbing untuk mengangkat sel-sel kulit mati dibibir sekaligus mencerahkan.

Untuk pemakaiannya, kamu bisa menyiapkan seiris jeruk nipis atau lemon. Lalu usapkan pada bibir sambil diperas agar keluar airnya. Diamkan selama 10-15 menit. Selanjutnya bilas dengan air sampai bersih. Frekuensi penerapan perawatan ini bergantung pada kondisi bibirmu. Jika memang bibir sangat gelap, kamu bisa mengappy 3-4 kali seminggu. Namun jika hanya untuk treatment dimana warna bibirmu hanya agak memudar saja, cukup 1-2 kali dalam seminggu.

  1. Air Mawar

Semisal kamu memiliki tanaman bunga mawar di kebun rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk perawatan bibir. Mawar dikenal sebagai agen pemutih alami, yang mana juga dapat mencerahkan bibir gelap.

Untuk cara pengaplikasiannya, ambil beberapa kelopak bunga mawar. Kira-kira 8 lembar kelopak yang diperoleh dari 2 tangkai mawar. Selanjutnya rendam kelopak tersebut dalam air di panci, lalu didihkan selama 20 menit. Setelah itu, saringlah. Kamu bisa membuang kelopaknya, sebab yang digunakan adalah sari air mawar. Nah, jika sudah dapat sarinya, kamu bisa mengoleskannya pada bibir. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air.

  1. Buah Stroberi dan Gula

Stroberi adalah buah berwarna merah yang kaya vitamin C. Buah ini dapat membantu mencerahkan bibir gelap sekaligus membuat warnanya menjadi merah alami. Sedangkan gula berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir.

Untuk pengaplikasian treatment ini, pertama kamu siapkan 1 sdt jus stroberi. Lalu tambahkan sedikit gula. Aduk rata. Kemudian scrub bibir dengan adonan tersebut. Diamkan selama 20 menit. Terakhir bilas dengan air sampai bersih.

  1. Susu

Ketika kamu hendak mengkonsumsi segelas susu, coba deh sisihkan sedikit untuk digunakan sebagai masker bibir. Susu ini mengandung asam laktat yang berperan untuk mencerahkan warna bibir gelap. Kamu cukup mengoleskannya dengan tangan pada bibir, tunggu sekitar 30 menit lalu bilas dengan air. Cara ini aman diterapkan setiap hari.

  1. Minyak zaitun

Apakah kamu memiliki persediaan minyak zaitun di rumah? Ternyata minyak zaitun atau olive oil tidak hanya bagus untuk perawatan kulit. Tapi juga mampu mengatasi warna bibir yang gelap. Ini dikarenakan kandungan vitamin Enya yang tinggi.

Cara pengaplikasiannya cukup dioleskan pada bibir secara merata. Usahakan untuk menggunakan extra virgin olive oil sebab kandungannya masih murni. Kamu bisa mendiamkannya semalaman. Kemudian membilas bibir di keesokan paginya dengan air. Metode ini juga aman diaplikasikan setiap hari.

Itulah beberapa cara memerahkan bibir dengan bahan alami secara efektif. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan kamu harus rutin menerapkan treatment-treatment diatas. Karena penggunaan bahan alami tidak bisa memberikan efek instan.

About Bas