Wednesday , October 21 2020

9 Tips Membuat Artikel Untuk Blog Yang Menarik Banyak Pembaca

Pernahkah Kalian membuat sebuah Artikel di Blog atau di Website tapi tidak pernah dilihat pembaca atau memiliki sedikit viewnya?

Memang sedih, padahal kita sudah menghabiskan waktu berjam-jam memikirkan konten tulisan, tapi mungkin bukan kontennya yang tidak menarik, tapi mungkin bagaimana cara kita menyajikan artikelnya yang kurang efektif.

Berikut adalah beberapa tips agar artikel di Blog menarik pengunjung untuk membacanya :

1. Menulis Artikel Populer

Kebaruan informasi bisa memancing orang tertarik untuk membaca artikel Anda. Untuk itu sebagai penulis yang baik, Anda harus gila membaca, dan mengikuti perkembangan informasi yang sedang menjadi trend. Lalu bagaimana membuat artikel yang populer sesuai dengan berita up to date atau yang sedang menjadi trending topic? Ada banyak cara, misalnya : Bacalah headline dari berbagai macam koran, lihatlah berita yang sering ditayangkan di televisi, lihatlah trending topic di Twitter, dan lain sebagainya.

Salah satu cara yang paling ringkas untuk menemukan tema yang sedang trend adalah dengan menggunakan bantuan Google Trend. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi halaman https://google.co.id/trends
  • Dalam hitungan detik, Anda akan melihat trend atau sesuatu yang baru populer akhir-akhir ini di halaman mesin pencarian Google.

Dengan bantuan Google Trend Anda menjadi lebih mudah menulis artikel-artikel yang populer.

2. Judul Yang Menarik / Boombastic

Calon pembaca (netter) umumnya memiliki semangat kepo (knowing every particular object) ketika mereka berselancar atau sedang online di internet. Mata dan pikiran mereka sangat mudah sekali tergoda dengan sesuatu yang unik.Oleh karena itu tulislah judul-judul yang boombastis, dan provokatif untuk menarik para pembaca artikel di blog Anda.

Misalnya: Eksis di Balik Blog, Beras Plastik Menghantui Bogor, Relawan PMI: Berfoya-Foya Menolong Orang di Malam Takbiran, Terminal Hujan: Sekolah Alam Impian, dan lain sebagainya.

Usahakan membuat judul yang mengundang orang lain penasaran. Contoh “Coba Kalau Kita Melakukan ini Dari muda,” atau “Pertanyaan Unik Seorang Anak”. Atau judul apapun yang menurut agan mengundang orang untuk membuka nya.

Dalam memilih judul usahakan bukan judul murahan dan vulgar, karena ketika pembaca membaca konten yang tidak ada hubungannya dengan judul, mereka tidak akan kembali ke web atau blog mu.

3. Buatlah Artikel Tip atau How To

Anda kehabisan ide dalam menulis blog? Mudah saja, lakukan metode observasi pejalan kaki, lakukan atau blog walking (kunjungi blog orang lain). Cara praktis lainnya adalah ciptakan artikel yang berisi tip-tip tertentu atau artikel how to (cara mendidik anak, cara mengajar yang super kreatif, dan sebagainya). Artikel berjenis kumpulan tip atau how to merupakan artikel yang mudah pembuatannya. Bagilah informasi terbaik yang Anda ketahui kepada calon pengunjung blog Anda. Apa pun bisa dirangkum dalam kumpulan tips atau di-how to kan. Misalnya : Rahasia Menulis Artikel Kreatif, Tips Membuat Daging Empuk, Cara Mendidik Anak Perempuan, dan sebagainya.

4. Gambar Yang Relevan dan Menarik

Balik ke spasi tadi, kaskuser sebisa mungkin mengikutsertakan gambar-gambar yang relevan dan menarik. Karena berdasarkan penelitian otak manusia lebih memilih melihat gambar daripada membaca tulisan yang sangat banyak. Tapi ingat ya, yang relevan dengan isi artikel yang kita buat.

5. Perhatikan Spasi

Kadang konten yang bagus tapi kebanyakan tulisan jadi terlihat gak menarik, kaya buku atau pdf zaman sekolah dulu, perhatikan spasi antara paragraf nya, biar orang juga enak membaca artikel kita.

6. Kalimat Yang Ringan

Kalau bisa  pemilihan kata-katanya jangan seperti membuat makalah atau membuat Berita. Atau seperti kalimat pembawa acara TV yang formal banget. Pakailah bahasa yang sehari-hari kita seperti mengobrol saja. Karena akan lebih enak dibaca dan membuat orang hanyut membaca tulisan kita.

7. Tetap Fokus

Pembaca akan senang membaca artikel dari seseorang yang fokus terhadap sebuah tema tertentu. Rumusnya, orang yang fokus membahas sesuatu pastilah orang yang ahli atau expert, bukan orang sembarangan. Tulislah berdasarkan passion atau minat terbesar Anda, lengkapi dengan sumber tulisan, dan gambar yang menarik, niscaya pembaca akan kangen dengan tulisan Anda. Tuliskan apa yang orang lain tahu tapi Anda tahu, pembaca yang mengunjungi blog Anda harus mendapatkan manfaat terbaik setelah mengunjungi blog Anda.

8. Konten Yang Mengundang

Bagaimana konten yang mengundang? Maksudnya adalah mengundang komentar atau mengundang diskusi, seperti isu terkini atau sesuatu yang memang sedang diperdebatkan oleh masyarakat luas. Namun ingat, hati-hati memilih konten seperti ini, jangan sampai mengundang hujatan, hindari konten yang mengandung SARA, sadisme, dan sebagainya.

Juga jangan menulis konten yang men-judge sebuah pihak, mungkin memang nantinya banyak yang baca, akan tetapi konten merendahkan atau menjerumuskan seperti itu bisa berbahaya bagi kita sendiri sebagai penulis.

9. Deskripsi

Nah ini pas banget untuk kalian yang doyan bikin cerita atau novel. Deskripsi gunanya agar cerita yang kita tulis terasa keasliannya. Para pembaca pun dengan mudah memahami situasi yang kita ceritakan, jangan pernah menulis cerita dengan kalimat yang sangat simple.

Contoh: Perempuan dengan tato salib di lengan kirinya itu malam ini memakai baju hitam tanpa lengan yang menonjolkan lekuk tubuhnya yang indah. Sepatu hak tinggi dengan warna senada dengan baju berbunyi ketika ia berjalan di lobby depan sebuah restoran Italia. Tempat Ricardo, pria asal Brazil yang dikenalnya lewat online dating beberapa bulan lalu.

Rambutnya yang hitam sebahu mengkilat diterpa cahaya lampu lobby yang temaram, bukan hanya door boy yang mengalihkan pandangannya kepada wanita itu, hampir seisi restoran menancapkan pandangannya ke arah wanita dengan tato salib itu.

Nah, semoga deskripsi di atas mewakili tips tersebut. Ingat, deskripsi yang panjang dan lengkap hanya berlaku untuk sebuah cerita, bukan sebuah artikel bebas.

Jika tips kali ini kurang lengkap, dan kalian masih memiliki tips lainnya, silahkan share di kolom komentar ya..

About Bas