Wednesday , October 28 2020

5 Cara Membersihkan Noda Kuning Pada Sepatu Kanvas

Dibanding hitam atau warna gelap lainnya, sepatu kanvas putih memang tampak lebih keren serta modern. Jadi tak heran kalau banyak anak muda yang lebih menyukai warna tersebut.

Tapi di sisi lain, sepatu kanvas putih juga lebih cepat terlihat kotor. Bahkan tak jarang, warnanya yang dulunya putih bersih kini berubah jadi kekuningan.

Penyebab Munculnya Noda Kuning Pada Sepatu Kanvas

Noda kekuningan pada sepatu kanvas sebenarnya disebabkan oleh kotoran, keringat, pemutih, atau produk berbahan kimia lainnya. Bicara soal pemutih, produk ini ternyata berpotensi menimbulkan noda kuning pada permukaan putih.

Cara Mencegah Munculnya Noda Kuning Pada Sepatu Kanvas

Tentu saja cara paling efektif untuk mencegah sepatu berubah warna menjadi kekuningan adalah dengan rutin membersihkannya, dan dengan cara yang tepat pula.

Cara Membersihkan Noda Kuning Pada Sepatu Kanvas

Sekarang, bagaimana cara membersihkan noda kuning pada sepatu kanvas? Untuk ini, ada beberapa bahan yang dapat dipilih. Sebelum mencobanya pada seluruh bagian sepatu kanvas, sebaiknya lakukan tes lebih dulu di area tersembunyi.

1. Cuka Apel

Pertama-tama, lepas tali dan cuci terpisah dari sepatu. Anda dapat menguceknya bersama pakaian lain atau masukkan dalam sarung bantal jika memakai mesin cuci. Langkah ini untuk mencegah talinya nyangkut atau kusut. Selanjutnya, ikuti beberapa langkah berikut:

  • Isi sebuah wadah dengan air hangat, tambahkan ½ sdm (sendok makan) detergen, lalu aduk rata.
  • Celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun, kemudian gosok sepatu kanvas hingga nodanya hilang. Lakukan pula untuk bagian sol luarnya.
  • Setelah itu, masukkan sepatu dalam mesin cuci. Isi mesin dengan air hangat, dan pasang kecepatan paling rendah (slow). Tuang ½ cangkir cuka putih ke dalam mesin selama proses penggilingan. Cuka putih tak hanya efektif menyulap sepatu kanvas jadi semakin putih, tapi juga mampu menyingkirkan bau tak sedap.
  • Terakhir, masukkan sepatu kanvas dalam mesin pengering. Pasang suhu paling rendah, periksa setiap 30 menit guna melihat apakah sepatu sudah kering atau belum.

2. Tepung Jagung

Caranya sangat mudah, cukup campur sedikit tepung jagung dengan air sehingga terbentuk pasta. Ambil sikat gigi bekas dan colek pastanya, gunakan itu untuk menghilangkan noda kuning pada sepatu kanvas putih. Hasilnya pasti bikin Anda terkejut.

3. Boraks

Ya, boraks ternyata bisa menjaga sepatu kanvas tetap tampak putih bersih. Cara membersihkan noda kuning dari sepatu kanvas yang mesti dilakukan adalah:

  • Sikat dulu sepatunya agar kotoran yang menempel kendur atau hilang.
  • Basahi kain dengan cuka, lalu seka noda kuning dengan itu.
  • Masukkan sepatu kanvas dalam mesin cuci, tuang detergen dan boraks secukupnya ke dalamnya.
  • Setelah sepatu selesai ‘digiling’, jemur di bawah sinar mentari. Cahaya matahari memiliki kemampuan membasmi kuman dan mencerahkan sehingga sepatu tetap putih.

4. Alkohol dan Hidrogen Peroksida

Cara membersihkan noda kuning dari sepatu kanvas berikutnya ini memang membutuhkan lebih banyak bahan seperti isopropyl alcohol dan hidrogen peroksida.

  • Pertama-tama, celupkan cotton ball atau spons ke dalam alkohol.
  • Gosokkan itu ke noda kuningnya dengan gerakan melingkar. Jika nodanya sangat kuning, maka biarkan alkohol selama beberapa menit sebelum menyekanya.
  • Bilas spons hingga bersih, lalu seka permukaan sepatu kanvas dengan air biasa agar alkoholnya hilang.
  • Angin-anginkan sepatu hingga benar-benar kering.
  • Kalau noda kuningnya tetap bandel, sekarang gosokkan kain bersih yang sudah dicelup dalam hidrogen peroksida. Untuk noda kuning super bandel, Anda boleh menuang sedikit peroksida ke atasnya, diamkan beberapa menit. Bahan kimia satu ini mampu bertindak sebagai pemutih ringan sehingga warna sepatu kembali putih.
  • Bilas kembali menggunakan lap basah dan keringkan.

5. Cat Kuku Putih

Lantas bagaimana bila noda kuningnya tetap tak mau minggat juga? Saran terakhir yang dapat kami berikan adalah oleskan cat kuku warna putih untuk menyamarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *