Wednesday , October 28 2020

Cara Membeli Properti yang Menguntungkan

Harga Properti hampir selalu naik dari tahun ke tahun. Jadi, tak heran jika banyak orang yang ingin berbisnis di bidang ini. Membeli properti dengan tujuan investasi berbeda dengan membeli properti untuk penggunaan pribadi. Bagi Anda yang ingin membeli properti dengan tujuan bisnis dan investasi, berikut tips membeli properti yang menguntungkan:

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Memilih lokasi yang strategis merupakan harga mati jika Anda ingin membeli properti yang menguntungkan. Bangunan seperti ruko, toko, atau rumah yang berada di lokasi strategis selalu banyak diminati oleh masyarakat, baik untuk dibeli atau disewa.

Meskipun harga properti di lokasi yang strategis selalu lebih mahal, modal yang Anda keluarkan akan lebih cepat kembali dibanding dengan properti yang lebih murah tetapi lokasinya tidak strategis. Selain itu, seandainya Anda mengajukan pinjaman dana pembiayaan ke Bank atau KPR, maka pihak Bank akan menghargai bangunan yang berada di lokasi strategis dengan harga yang lebih tinggi.

Bagi Anda yang ingin membeli ruko atau toko, Anda dapat memilih pusat kota atau pusat pertokoan sebagai lokasi yang strategis. Bagi Anda yang ingin membeli rumah untuk usaha indekos, Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan kampus, rumah sakit, sekolah, atau pabrik. Khusus bagi Anda yang ingin membeli rumah untuk disewakan, Anda dapat memilih lokasi yang tidak terlalu berada di pusat kota tetapi masih cukup terjangkau dari tengah kota.

  1. Perhatikan Tujuan dan Pangsa Pasar

Saat memutuskan akan membeli properti, pastikan Anda memperhatikan tujuan Anda membeli properti. Jika Anda memiliki tujuan bisnis, perhatikan pangsa pasarnya. Perhatikan target penyewa yang sekiranya akan menyewa properti Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan bagaimana mempersiapkan furnitur yang ada di dalamnya, karena penyewa kelas menengah ke atas akan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan penyewa kelas menengah ke bawah. Hal ini sekaligus dapat membantu Anda menentukan berapa harga sewa bagi properti Anda.

  1. Perhatikan Desain

Saat Anda akan membeli sebuah properti, perhatikan desainnya. Apakah desain bangunan sudah sesuai dengan keinginan pasar saat ini atau justru sebaliknya. Desain yang banyak diminati masyarakat saat ini lebih cenderung ke desain yang minimalis, modern, dan futuristik. Tetapi untuk beberapa kalangan, ada juga yang lebih menyukai desain bergaya klasik, mewah, dan glamor.

  1. Hindari Lokasi Tertentu

Saat hendak membeli properti, perhatikan beberapa lokasi yang sebaiknya dihindari. Lokasi di daerah tusuk sate yaitu daerah yang tepat di ujung pertigaan merupakan daerah yang sebaiknya dihindari karena dipercaya kurang bagus untuk ditinggali.

Lokasi lain yang sebaiknya dihindari adalah lokasi bangunan yang dekat dengan pemakaman umum.  Kedua lokasi tersebut  di hadapan bank juga mendapatkan taksiran harga yang lebih rendah dibanding bangunan di lokasi lainnya.

  1. Pembiayaan

Jika Anda akan membeli properti dengan dana pribadi, Anda tidak perlu memusingkan tentang pembiayaan, tetapi jika Anda menggunakan pembiayaan dari bank, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu besaran bunga pinjaman dan tenor pinjaman. Semakin panjang tenor pinjaman maka bunga yang dibebankan semakin banyak saat diakumulasikan.

Sebagai alternatif pilihan, Anda bisa memilih bunga yang  flat atau tidak naik selama beberapa tahun. Hal ini akan membantu Anda dalam memperkirakan nilai sewa yang dapat Anda gunakan untuk membayar angsuran.

Demikian beberapa tips membeli properti yang menguntungkan. Selamat berinvestasi.