Friday , October 23 2020

Cara Membantu Anak Mencerna Pelajaran di Sekolah

Anak bersekolah menjadikan anak pintar. Itu jika anak mampu mencerna pelajaran di sekolah. Tidak semua anak akan cepat mencerna pelajaran yang diajarkan di sekolah. Tidak semua anak paham dengan penjelasan guru di sekolah. Jika anak Anda termasuk yang sulit mencerna pelajaran di sekolah, maka bantulah. Jangan hanya marah dan marah melihat anak yang tidak paham dengan pelajaran di sekolah. Sebagai orang tua, lakukanlah hal ini untuk membantu anak Anda agar tidak lagi kesulitan dalam mencerna pelajaran.

Membantu Anak Ketika Mengerjakan Tugas Sekolah

Meskipun tugas sekolah adalah kewajiban anak Anda, bukan berarti orang tua tidak dapat terlibat langsung. Entah anak akan menolak bantuan Anda atau tidak, tetap dampingi. Lihat seperti apa tugas sekolah yang diberikan kepada anak Anda. Lihat pula seberapa besar kemampuan anak untuk dapat menyelesaikan tugas sekolah tersebut. Jika Anda mendapati anak duduk berjam-jam dengan tugas sekolahnya, maka segera dampingi anak untuk ikut menyelesaikan tugas sekolah.

Kemungkinan anak Anda kesulitan untuk mengerjakannya dan enggan meminta bantuan kepada orang tua. Namun dengan Anda mengajukan diri mendampingi saat anak Anda mengerjakan tugas sekolah, maka anak Anda akan sedikit terbuka dengan masalah tugas sekolahnya yang tidak dimengerti. Bantulah dia agar dapat menyelesaikan tugas sekolah dengan lebih ringan. Namun “membantu” bukan berarti Anda yang mengerjakan. Anda hanya akan mengarahkan agar anak lebih mudah mencerna apa maksud dari tugas sekolah yang diterimanya.

Membantu Anak Mencerna Setiap Pelajaran Secara Berkala

Anak Anda sering memperoleh nilai yang buruk. Mengapa demikian? Padahal Anda melihat si anak rajin belajar. Tidak semua anak akan dapat mencerna seorang diri pelajaran yang ada dihadapannya. Kemungkinan anak Anda perlu bantuan. Dampingilah anak Anda ketika belajar. Mulailah dari pelajaran yang paling sulit anak Anda mengerti. Cukup hari itu saja satu mata pelajaran. Usahakan anak mulai nyaman dan mengerti dengan pelajaran tersebut. Jangan dulu bebankan mata pelajaran lain.

Perlu bertahap untuk Anda lakukan agar anak Anda benar-benar mampu mencerna pelajaran. Luangkanlah waktu untuk membantu anak Anda belajar setiap hari. Sebab jika anak Anda benar-benar kesulitan mencerna pelajaran dan tidak ada orang tua yang mendampingi belajar, maka akan berdampak buruk di kemudian hari.

Membantu Anak Mengulang Kembali Pelajaran Sebelum Tidur

Banyak orang tua menyuruh anak mereka untuk terlebih dahulu belajar sebelum tidur. Itu juga yang wajib orang tua lakukan kepada anak yang sulit mencerna pelajaran di sekolah. Ketika sore hari Anda mengajarinya pelajaran yang sulit dia cerna, maka di malam harinya gunakan untuk mengulang kembali pelajaran yang diajarkan sebelum tidur. Namun jika anak Anda sudah mengantuk, maka hentikan. Agar anak tidak merasa terbebani saat tidur. Lihat reaksi anak ketika sudah mulai menguap, maka biarkanlah anak untuk segera tidur.

Perlu kesabaran untuk melakukan hal-hal di atas. Tidak semua anak akan mau dibantu dalam belajar. Meskipun begitu tetap sebagai orang tua, Anda harus melakukannya. Usahakan Anda menjadi orang tua yang dapat mengetahui dan menyelesaikan masalah pada anak yang sulit mencerna pelajaran. Dengan membantunya sedikit demi sedikit, maka anak akan mulai terbiasa untuk memahami pelajaran.

Jika anak Anda tidak segera dibantu untuk mencerna pelajaran, maka dampak buruk yang dialami adalah kesulitan untuk mengerjakan soal-soal ketika ujian. Jadi, jadilah orang tua yang dapat membantu anak untuk semakin mempermudah mencerna pelajaran di sekolahnya.

About Bas