Wednesday , October 21 2020

10 Cara Meluangkan Waktu Bersama Anak

Rutinitas sehari-hari membuat Anda dan anak-anak terjebak rasa bosan. Berikut ini rangkuman 10 cara meluangkan waktu bersama anak demi menghalau kebosanan dan untuk mempererat hubungan antara orang tua dan anak, yaitu:

1. Mengantarkan Anak ke Sekolah

Antarkan setiap pagi anak Anda ke sekolah. Dalam perjalanan dari rumah ke sekolah Anda dapat mengisinya dengan obrolan yang mengakrabkan, Anda juga secara tak langsung akan mengenal lebih dekat siapa teman-teman anak Anda, Ibu guru yang mereka sukai, atau film apa yang menjadi favorit anak Anda.

2. Sarapan Pagi Bersama

Luangkan waktu Anda untuk sarapan pagi bersama. Apa pun menunya yang penting adalah momen kumpul bersama dalam jamuan sarapan pagi. Anda juga dapat melakukan acara kebersamaan keluarga ini pada saat makan malam.

3. Shalat Berjamaah

Anda dapat menciptakan kebersamaan dengan anak Anda lewat shalat berjamaah, pergi ke gereja atau melakukan ritual ibadah bersama anak Anda.

4. Hargai Peristiwa-Peristiwa Rutin

Biarkan putra-putri Anda tahu bahwa Anda menikmati saat ditemani mereka. Katakan pada mereka,”Pergi berbelanja ke mini market lebih menyenangkan kalau bersama kamu.” Sebuah koran pernah membuat sebuah survei dan mewawancarai 500 orang anak. “Apa yang membuat sebuah keluarga bahagia? Jawaban terbaik adalah “Melakukan sesuatu bersama-sama.” Bahasa Jawanya : Mangan ora mangan yang penting kumpul.

5. Pesta Minum Teh

Nikmati pesta minum teh bersama putra putri Anda pada hari Minggu hujan. Jangan lupa lengkapi dengan goreng pisang, combro, misro, atau oncom goreng. Putra- putri Anda berhak atas jamuan teh istimewa yang tak terlupakan ini.

6. Jalan-Jalan ke Taman Kota

Aturlah waktu di hari Minggu pagi untuk berjalan-jalan bersama putra-putri Anda ke taman kota. Setelah itu Anda dapat bermain monopoli sampai siang. Atau lakukan sesuatu bersama keluarga tanpa kegiatan yang direncanakan. Spontan itu seru.

7. Makan Siang di Sekolah Anak

Kunjungi sesekali sekolah anak Anda. Ajak anak Anda makan siang beralas tikar dan lauk seadanya di bawah pohon rindang. Putra-putri Anda akan menangkap pesan bahwa Anda merindukannya, dan Anda menikmati saat-saat bersamanya.

8. Yuk Makan Es Krim

Aturlah jadwal, tuliskan waktu khusus untuk mengajak anak Anda makan es krim, atau makan roti bakar. Momen ini akan menjadi kenangan manis bagi Anda dan anak Anda.

9. Perhatian yang Tidak Terbagi

Salah satu cara yang paling efektif membuat putra putri Anda merasa spesial adalah dengan memberikan perhatian yang tidak terbagi kepada mereka. Bahkan ketika Anda sedang terburu-buru, katakan “Ibu akan duduk di sini mendengarkan kamu bercerita tentang wayang dari stik es krim yang kamu buat, karena Ibu ingin mendengarnya semua dari kamu. Setelah cerita kamu selesai, baru Ibu akan melakukan hal lainnya.

10. Seragam Keluarga

Anak-anak senang berpakaian sama seperti ayah dan ibu mereka. Buatlah seragam bagi keluarga dan pakailah pada hari Minggu pagi untuk jogging bersama anak-anak Anda. Sekarang di toko-toko dapat Anda temukan seragam keluarga dengan berbagai warna pilihan yang menarik.

About Bas