Thursday , October 22 2020

Cara Melatih Anak Bekerja Sama

Setiap orang hanya tertarik kepada dirinya, namun keterampilan bekerja sama dibutuhkan seorang anak.

Kerja sama akan membantu individu, tim, dan keluarga untuk mengapai kesuksesan. Buatlah pembagian tugas di rumah untuk melatih kerja sama.

Misalnya : Ibu mencuci baju, kakak mencuci piring, adik menyapu, dan ayah mengepel lantai. Pilihlah hari Sabtu sebagai awal untuk melatih kerja sama tersebut.

Kerja sama bukan sebuah konsep yang dapat dijelaskan sekali saja dan berharap ia mengerti detik itu juga. Tunjukkan kerja sama dalam berbagai hal sesering mungkin. Pujilah anak ketika dia benar-benar dapat bekerja sama. Lakukan beberapa permainan, seperti permainan galah asin, bermain karambol, bermain monopoli, bermain rumah-rumahan.

Setelah selesai Anda berdua (bersama anak) harus bekerja sama merapikan mainan. Bentuk kerja sama lainnya, kumpulkan sampah di halaman rumah atau bersihkan kebun.

Jika dia menolak bekerja sama untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, biarkan dia memilih pekerjaan rumah tangga yang dia inginkan daripada menugaskannya. Anak laki-laki Anda mungkin menolak menyapu lantai namun bersedia mencuci piring. Intinya adalah, jika Anda menugaskan pekerjaan rumah, biarkan dia memilih pekerjaan favoritnya, namun bukan hanya pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan mudah.

Pekerjaan sulit pun harus dia lakukan, tetapi jangan mengharapkan hasil yang sempurna. Misi utama Anda adalah melatih anak bekerja sama.

Jika si anak terus menolak, cobalah cara ini. Pada hari Sabtu pagi, berikanlah dia lima kartu dari kertas origami. Katakan bahwa setiap kali dia tidak mau bekerja sama untuk melakukan pekerjaan rumah yang ditugaskan kepadanya, Anda akan meminta satu kertas origami untuk dikembalikan. Dia tetap harus mengerjakan pekerjaan rumah itu dan mengembalikan selembar kertas origami. Katakan padanya, jika dia masih punya selembar kertas origami, Anda akan mentraktir es krim atau es, sop durian, jalan-jalan ke toko buku dan dia bebas membeli 2 buku cerita, setidaknya sampai hari Sabtu berikutnya (artinya dia tidak boleh sering-sering menolak bekerja sama).

About Bas