Thursday , November 26 2020

Cara Memecat Bos Yang Berlaku Buruk Kepada Karyawan

Menjadi karyawan dan masih bekerja di kantor orang memang banyak mengantarkan kita untuk bertemu berbagai macam orang. Mungkin itu tipe penggosip, tipe pemarah dan sebagainya. Yang banyak dikeluhkan mungkin bukan terkait dengan sesama karyawan, tetapi bos atau atasan yang mempunyai banyak ragam cara dan karakter memimpin yang berbeda.

Ada tipe boos yang mengerti karyawannya, ada juga yang strik pada aturan dan tidak mau tahu tentang karyawannya.

Tapi ada satu tipe bos lagi, yaitu mereka yang suka membully karyawannya, tidak peduli siapapun itu.

Hal dibawah ini mungkin bisa kamu lakukan untuk ‘memecat’ bos yang tidak kalian sukai, tapi ingat bukan hanya kalian ya yang tidak menyukai nya. Tetapi teman sekantor lainnya juga risih bekerja dibawah pimpinannya, daripada karyawan yang resign satu persatu sampai akhirnya kantor kosong, lebih baik pemimpinnya kita ganti saja.

1. Berbicara Langsung Dengan HRD

Dengan berbicara langsung mengenai ketidaknyamanan kita dengan gaya memimpin sang bos menjadikan kita seakan menjadi karyawan yang ingin bekerja serius, ajukan alasan-alasan keberatan secara simple kepada HRD.

2. Ajukan Bukti

Sebelum kalian berpikir untuk memecat sang bos, alangkah lebih bagusnya untuk mendokumentasikan kelakuan-kelakuan nya. Mungkin itu dengan dokumen pekerjaan, jangan lupa catat juga tanggal, waktu dan siapkan juga saksi yang mendukung bukti kalian. Saksi sangat berguna, tapi kalian juga harus bisa meyakinkan mereka kalau apa yang akan kalian adalah demi kepentingan bersama, bukan hanya kepentingan pribadi. Lebih bagus lagi kalau kalian memiliki beberapa teman yang juga sama tidak nyamannya dengan si bos.

3. Berbicara Langsung Dengan Bos Besar

Nah cara ini benar-benar ampuh. Daripada membicarakannya dengan HRD, lebih cepat kalau kita berbicara langsung dengan Bos Besar. Caranya sebelum membicarakan hal itu kalian harus akrab atau setidaknya dipandang oleh si bos besar. Dengan cara: Kinerja yang bagus, sering menyapa, aktif dalam rapat, berani menyampaikan ide, dan sebagainya. Kalau kalian sudah mendapatkan trust dari bos besar, lebih gampang membuka obrolan yang pada akhirnya tertuju pada tujuan utama kalian.

Itulah beberapa caranya untuk ‘Memecat Bad Boss’ di tempat kerja kalian. Tapi ingat ya, untuk melakukan ha-hal di atas risiko harus kalian tanggung sendiri, tidak tertutup kemungkinan kalianlah yang akan dipecat.