Wednesday , October 28 2020

11 Cara Jualan Secara Online Laris Manis

Perkembangan dunia digital dan internet semakin hari semakin pesat. Hal ini menyebabkan perkembangan jual beli online juga mengalami kemajuan yang luar biasa. Tidak bisa dipungkiri bisnis jualan online sangat menjanjikan, apalagi masyarakat saat ini memiliki kecenderungan lebih menyukai belanja online ketimbang repot-repot ke pusat perbelanjaan dan harus menghadapi jalanan macet.

Apakah Anda seorang pelaku bisnis online? Ingin jualan Anda laku pesat? Berikut cara jualan online laris manis yang bisa Anda coba:

1. Memiliki Akun Instagram

Toko online mengandalkan visualisasi produk untuk menggaet calon konsumen. Salah satu media sosial yang mudah digunakan untuk menampilkan produk dengan jelas dan mudah ditemukan oleh konsumen adalah Instagram. Aplikasi ini telah terbukti membantu banyak para penjual online dalam menawarkan dagangannya.

Display foto yang berjajar seperti etalase serta kemudahan mencari suatu produk menggunakan tagar (tanda pagar) merupakan keunggulan Instagram dibanding media sosial lain. Akun Instagram yang aktif dan memiliki banyak follower juga lebih mudah mempromosikan barang dagangannya karena setiap kali posting, seluruh followernya akan melihat produk-produk yang ditampilkan.

2. Buat Fans Page

Jangan lupa membuat Fans page di Facebook. Fans page terbukti sangat efektif untuk mengumpulkan para penggemar suatu produk di dalam suatu tempat yang sama. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menjual suatu produk karena para calon pembelinya sudah berkumpul di Fanspage.

Agar Fans page ramai, seringlah mem-posting hal-hal yang bermanfaat bagi penggemar Anda. Anda bisa berbagi tips atau artikel yang berkaitan dengan produk yang Anda jual.

3. Gunakan Strategi Promosi yang Efektif

Anda bisa mencoba menggunakan strategi yang efektif seperti memberikan kuis atau give away yang mensyaratkan orang yang ikut untuk membagikan postingan atau like Fanspage. Hal ini dapat membuat toko online Anda terkenal dengan mudah. Semakin banyak orang yang mengenal toko Anda, peluang Anda untuk menjual barang dagangan dengan cepat juga semakin tinggi.

4. Jadilah Penjual yang Ramah

“Pembeli ibarat raja” pepatah tersebut juga berlaku pada transaksi jual beli online. Jadilah penjual yang ramah agar calon pembeli merasa nyaman dan melakukan transaksi di toko online Anda.

5. Gunakan Foto Produk yang Bagus

Karena jual beli online mengandalkan foto produk sebagai contoh barang yang ditawarkan, Anda harus menggunakan foto produk yang bagus agar banyak pembeli yang berminat. Gunakan pencahayaan yang cukup terang, latar belakang yang bagus, dan kamera beresolusi tinggi untuk mendapatkan foto produk yang berkualitas.

6. Cantumkan Alamat dan Nomor Telepon secara Jelas

Banyaknya toko online abal-abal yang melakukan penipuan membuat sebagian masyarakat khawatir saat hendak melakukan pembelian barang secara online. Mencantumkan alamat dan nomor telepon secara jelas merupakan salah satu cara menepis keraguan di hati calon pembeli. Jadi, jangan lupa menuliskan kedua hal tersebut secara jelas di situs web atau halaman depan toko online Anda.

7. Fast Respond

Jadilah penjual yang cepat merespons pertanyaan dan keluhan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan membuat mereka melakukan pembelian kembali di toko Anda.

8. Aktif Promosi

Jangan lupa untuk selalu aktif promosi. Tanpa promosi, produk sebagus apa pun akan sulit terjual. Lakukan promosi setiap hari di jam-jam efektif promosi seperti jam makan siang atau malam menjelang waktu tidur karena di jam-jam tersebut banyak orang bersantai dan berselancar di dunia maya.

9. Memiliki Situs Web Resmi

Miliki situs web resmi agar pembeli lebih yakin dengan pelayanan toko Anda. Jika tidak, bergabunglah dengan marketplace yang memiliki sistem pembayaran dan promosi sendiri yang membuat pembeli lebih yakin untuk berbelanja.

10. Harga Bersaing

Lihatlah harga dari barang yang sama di Toko Online sejenis yang menjadi pesaing Anda. Apakah harga yang Anda tawarkan lebih murah ? Di zaman serba online seperti sekarang ini, konsumen akan dengan mudah menemukan barang dengan merek dan kualitas yang sama namun dengan harga lebih murah.

Pastikan barang yang Anda jual melalui toko online anda lebih murah atau sama tapi mempunyai kelebihan dibanding barang sejenis dari pesaing Anda.

11. Kemudahan Pembayaran

Permudah cara dan metode pembayaran dari transaksi yang dilakukan oleh konsumen. Sebuah situs website yang bagus memiliki cara pembayaran yang jelas, mudah dan singkat, metode pembayaran pun banyak jenisnya dari transfer ATM, internet banking, sms banking, mobile banking bahkan memakai Kartu Kredit yang dapat memperbanyak konsumen untuk memudahkan pembayaran.

Demikian ulasan mengenai cara / tips jualan online laris manis. Semoga bermanfaat, salam sukses.