Keberadaan lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut ‘mata panda’ tentunya sangat mengganggu penampilan, ya? Kesannya wajah jadi tampak kurang fresh dan terlihat lebih tua. Adapun yang menjadi faktor penyebab mata panda diantaranya seperti kebiasaan begadang, pola makan yang kurang sehat, pemakaian kosmetik berlebihan atau bisa pula disebabkan faktor genetik.

Kulit di bawah mata itu terbilang cukup tipis dan memiliki banyak pembuluh darah dibandingkan area lainnya. Oleh karena itu, kantung mata cenderung sensitif terhadap pemakaian bahan-bahan kimia serta terhadap sentuhan yang berlebihan. Apabila kamu menggosok-gosoknya, hal tersebut bisa membuat pembuluh darahnya pecah sehingga menyebabkan kulitnya jadi makin menggelap.

Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan kantung mata hitam secara efektif yang bisa kamu praktekan. Yaudah, langsung disimak yuk!

1. Gunakan Eye Cream

Pemakaian eye cream bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi mata panda yang tak kunjung hilang. Kamu bisa memilih produk drugstore atau high end, sesuaikan saja dengan budget kamu. Yang terpenting perhatikan ingredientnya!

Pastikan kamu memilih eye cream yang mengandung zat pencerah, seperti vitamin C, vitamin E atau antioksidan seperti flavonoid. Cari juga yang mempunyai bahan aktif pelembab misalnya kolagen, hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, atau glycerin. Bahan-bahan ini sangat penting, sebab kulit bawah mata yang kering rentan mengalami penggelapan dan keriput.

Terakhir, usahakan mencari yang terdapat kandungan retinol dan elastine untuk membantu mengaktifkan produksi sel-sel kulit baru.

2. Perbanyak minum air putih

Minum air putih itu enggak cuma bisa menghilangkan rasa haus. Faktanya, air putih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya untuk menyamarkan mata panda. Perlu kamu tahu bahwa kekurangan asupan air putih bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi, yang mana efeknya bikin kulit rentan kusam. Terlebih di area bawah mata yang sensitif, biasanya penggelapan lebih terlihat jelas.

Maka itu, usahakan memperbanyak minum air putih, guys! Idealnya pengkonsumsian air putih yang disarankan 8 gelas perhari. Tak lupa juga, lengkapi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya air, seperti jeruk, semangka, tomat, semangka dan sejenisnya.

3. Gunakan Masker Kentang

Kentang nggak cuma bisa digunakan untuk masakan tumis atau sup, aja! Menurut penelitian, kentang ini mengandung asam fosfat dan asam sitrat yang bisa membantu mencerahkan kulit gelap serta mengurangi pembengkakan.

Cara pakainya tidak ribet kok! Pertama kupas kentang terlebih dahulu. Lalu parut secukupnya. Oleskan pada area bawah mata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air.

4. Gunakan masker mentimun

Mengatasi kantung mata hitam juga bisa dilakukan dengan penggunaan masker mentimun. Sayur mentimun kaya akan kandungan air dan mineral yang bisa mengurangi area hitam dibawah mata serta bikin wajah terasa lebih fresh. Mentimun juga memiliki manfaat bisa membantu mengencangkan kulit, loh!

Cara pengaplikasiannya, iris tipis-tipis mentimun lalu tempelkan pada area bawah mata dan bagian wajah lainnya. Baiknya sih, masukkan mentimun di dalam kulkas sebelum digunakan untuk menambah efek menyegarkan. Perawatan ini aman diterapkan setiap hari.

5. Gunakan masker dari ampas atau kantung teh

Kamu suka minum teh? Eits, ampas atau kantungnya jangan keburu dibuang! Kamu tahu enggak, kalau teh ampuh dalam menyamarkan warna gelap dibawah mata karena mengandung kafein yang lumayan tinggi. Teh juga memiliki sifat anti iritasi dan mampu mengurangi pembengkakan di kantung mata.

Cara pakainya, kamu cukup tempelkan kantung atau ampas teh di kantung bawah mata. Diamkan sekitar 15 menit. Ambil dan bilas menggunakan air.

6. Gunakan masker putih telur

Putih telur memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan protein yang tinggi dan beragam vitamin dalam putih telur bisa meningkatkan elastisitas kulit, mencerahkan area mata panda dan dapat juga untuk mengangkat komedo.

Cara pakainya, gampang saja! Tinggal balurkan putih telur pada area bawah mata dan seluruh wajahmu. Diamkan sampai mongering, lalu bisa menggunakan air sampai bersih. Ulangi pemakaian 2 kali dalam seminggu.

7. Perbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin C

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin sendiri. Maka itu, kamu sangat butuh asupan vitamin dari luar, bisa lewat suplemen atau mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayuran. Nah, salah satu vitamin yang terbilang penting adalah vitamin C.

Vitamin C tak hanya berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, tapi juga membantu mengembalikan kecerahan kulit, merangsang produksi kolagen, sekaligus menyamarkan mata panda. Beberapa makanan tinggi vitamin C, diantaranya jambu biji, jeruk, papaya, mangga, stroberi dan kiwi.

8. Usahakan tidur malam yang cukup

Segala usahamu untuk menghilangkan mata panda tidak akan berhasil jika kamu masih sering begadang. Guys, terjaga di malam hari itu tidak sehat. Selain mengganggu proses metabolisme, juga membuat otot-otot mata jadi lelah sehingga memicu pembengkakan dan penggelapan dibawah mata.

Tidur malam yang disarankan sekitar 7-8 jam. Hindari pengkonsumsian kafein di malam hari karena bisa mengganggu kualitas tidurmu. Jika kamu masih merasa kesulitan tidur, cobalah untuk memadamkan lampu kamarmu. Apabila lampu padam, maka produksi hormone melatonin akan lebih optimal, sehingga tidur pun akan semakin nyenyak.

Nah, jadi itulah sederet cara mengatasi kantung mata hitam secara efektif dan mudah yang bisa kamu praktekkan. Selamat mencoba guys! Semoga bermanfaat.

feature image: skinhealth.co.uk