Bagaimana Cara Mudah Hidup Sehat?

Cara Sederhana Hidup Sehat

Ada banyak faktor yang membuat orang tampak kurang sehat hingga mudah sakit, entah itu karena kebiasaan, kondisi lingkungan, hingga genetika. Di antara faktor-faktor tersebut, kebiasaan lah yang paling mengambil peran untuk menentukan sehat tidaknya orang.

Apakah Anda yakin gaya hidup Anda selama ini membuat Anda sehat? Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk memiliki hidup atau kondisi badan yang sehat.

1. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Sudah bukan rahasia lagi bahwa dua hal ini bisa mempengaruhi kondisi badan seseorang. Bahkan banyak orang menilai bahwa dengan mengkonsumsi buah dan sayur orang yang tadinya sakit bisa menjadi sehat.

Telah diketahui juga bahwa dengan memakan buah sebelum tidur, orang akan merasa sangat bugar dan sehat di pagi hari saat bagun tidur. Jika Anda kurang sempat mengupas kulit buah atau kurang suka makan buah, Anda bisa membuatnya jus supaya lebih praktis dan enak dapat dikonsumsi.

Anda juga bisa memadukan buah dengan bahan makanan lain hingga jadilah sebuah smoothie. Biasanya smoothie dibuat dari buah, sayur, dan yoghurt, namun anda tetap bisa mengkombinasikannya jika bosan.

Banyak makan sayur juga dinilai mampu memberikan kulit yang sehat serta organ-organ dalam yang lebih sehat.

2. Banyak Minum Air Putih

Mungkin akan terdengar membosankan, namun benar adanya bahwa air putih ini sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Dengan banyak minum air putih, pencernaan akan menjadi lebih lancar.

Dengan meminum air putih pula berbagai toxic dalam tubuh bisa segera terlarutkan dan kecil kemungkinannya mendapat penyakit-penyakit tertentu.

3. Bangun di Pagi Hari dan Tidur Cukup

Jika saat ini Anda masih terbiasa bangun siang, segeralah ubah pola tidur Anda. Bangun tidur di siang hari membuat Anda sarapan di siang hari pula. Padahal lambung yang Anda miliki sudah mulai bekerja dan menghasilkan asam lambung pada pagi hari. Jika tidak segera diberi makan, di masa depan Anda bisa saja terkena penyakit.

Tidur yang cukup juga perlu Anda miliki untuk tetap sehat. Telah diteliti bahwa tidur kurang akan mengakibatkan perut menjadi buncit, terutama untuk wanita. Dengan tidur yang kurang juga otak tidak bisa istirahat secara maksimal. Otak yang kurang maksimal saat istirahat akan ditandai dengan adanya rasa sesak saat bangun tidur.

Telah diketahui juga bahwa tidur yang kurang bisa meningkatkan kadar stres serta membuat regenerasi sel kurang sempurna yang mana bisa membuat wajah tampak tua.

4. Kurangi Kopi, Alkohol, dan Minuman Bersoda

Kopi memang memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, namun hanya berlaku jika dikonsumsi secara tidak berlebihan. Anda yang dalam satu harinya bisa meminum tiga sampai empat gelas kopi, berusahalah untuk menguranginya. Mungkin saat ini Anda sudah terbiasa akan hal tersebut, namun kopi yang terlalu sering dikonsumsi bisa membuat lambung rusak dan pengeroposan pada tulang.

Segelas Kopi Cinta
Kopi Cinta (kutv.com)

Dua jenis minuman lainnya juga sama-sama disarankan untuk tidak berlebihan saat dikonsumsi. Minuman bersoda sendiri akan membuat usus dan organ pencernaan lain memburuk apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Alkohol pun juga demikian, jelas tidak baik bila dikonsumsi terlalu banyak. Bahkan disarankan untuk tidak mengkonsumsinya saja.

5. Mengganti Pakaian Dalam Durasi Waktu yang Tepat

Anda disarankan untuk mengganti pakaian dua kali sehari atau sehari sekali, terutama untuk pakaian dalam. Pakaian yang kotor akan membuat Anda tidak nyaman sendiri, kecuali jika Anda sudah terbiasa.

Pakaian yang sudah menempel dengan keringat akan membuat kulit Anda terkena penyakit kulit jika terus bersentuhan dengannya. Pakaian dalam pun juga demikian, bagian badan sensitif memerlukan kondisi yang selalu bersih supaya tetap sehat.

6. Berolahraga Dengan Cukup

Problema masa modern saat ini adalah kurangnya olahraga pada masing-masing individu. Mereka cenderung sibuk bermultitasking, dimudahkan dengan teknologi, sehingga membuat badan kurang gerak.

Lakukanlah olahraga supaya badan tetap sehat. Olahraga yang dilakukan bisa beragam, Anda bisa mengikuti futsal seminggu sekali, jogging dua hari sekali, lebih memilih tangga daripada lift, dan kegiatan lainnya yang membuat badan Anda banyak gerak.

7. Menghindari Stres

Beberapa ilmuwan menilai bahwa penyakit datang bisa dikarenakan adanya pikiran yang negatif. Pikiran negatif ini bisa datang karena kondisi psikis yang stres. Sebenarnya, stres sendiri adalah hal yang wajar dan hampir dialami oleh setiap orang.

Pekerjaan yang menumpuk, tekanan dari sosial, dan hal lain bisa saja membuat orang stres. Jangan terpuruk terlalu lama pada kondisi ini karena bisa mendatangkan penyakit. Sebaliknya, jika Anda sudah merasa stres maka Anda bisa berliburan untuk meminimalisirnya.

Itulah tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hidup sehat. Tidak sulit bukan? Dengan kondisi badan yang prima Anda akan lebih bisa produktif, aktif, dan lebih fokus dalam belajar atau bekerja.

 

Manfaat Pola Hidup Sehat Bagi Keluarga

1. Keluarga Sehat Itu Tidak Mudah Sakit

Kesehatan jelas akan menjauhkan keluarga dari segala sumber penyakit. Tidak hanya orang tua yang bertugas untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Namun seluruh anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumahlah yang berkewajiban melaksanakannya. Dengan begitu tidak akan saling menyalahkan ketika salah seorang dari anggota keluarga jatuh sakit.

Tanggungjawab bersama perlu ditanamkan sejak dini. Ajarkanlah anak Anda sejak dini mengenai menjaga kebersihan dan kesehatan. Ini juga bagian dari agar anak tidak selalu bergantung pada orang tua. Seperti merapikan tempat tidur, anak tidak selalu meminta orang tua untuk merapikan. Lantai rumah atau halaman yang kotor, anak tidak selalu mengandalkan bahwa nanti ibu yang akan menyapu lantai tersebut.

Berikanlah pengertian bahwa dengan pola hidup yang bersih dan sehat akan menjauhkan penyakit dan membawa seluruh anggota keluarga dalam keadaan yang sehat.

2. Pola Hidup Bersih Dan Sehat Membawa Kecerdasan Anak

Rumah dan lingkungan yang bersih dan sehat secara langsung akan membawa anak tumbuh dengan cerdas. Orang tua mengajarkan kebiasaan yang positif sejak dini kepada anak. Anak pun akan mulai membentuk pemikiran yang positif pula. Anak menjadi mandiri di usianya yang sebenarnya masih memerlukan bantuan orang tua. Namun karena keluarga sudah terbiasa untuk saling menjaga dan bertanggung-jawab, maka anak pun juga demikian. Anak menjadi tahu bahwa setelah selesai mainan, maka mainan harus segera ditata. Anak yang meninggalkan remah-remah saat makan biskuit, akan mengambil sapu dan membersihkan remahan biskuit tersebut. Ini adalah tingkat kecerdasan awal yang sangat baik untuk anak Anda.

 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang Mudah untuk Dilakukan di Rumah

Pembiasaan hidup bersih dan sehat merupakan sebuah tujuan yang ingin dilakukan oleh setiap keluarga yang ada di Indonesia, berikut ulasan mengenai 7 perilaku. Perilaku mengenai pembiasaan hidup bersih dan sehat yang seharusnya dilakukan.

1. Mencuci Sayur Kangkung dengan Menggunakan Air Campuran Garam

Kebiasaan ini dilakukan biasanya saat keluarga melakukan masak-memasak. Misalnya saat ingin memasak sayur kangkung. Ada sebuah penelitian mengatakan bahwa setelah sayuran kangkung dicuci dengan menggunakan air mengalir untuk membersihkan kotoran.

Namun yang terjadi adalah sayuran kangkung tersebut dihinggapi oleh ulat kecil yang masih bersembunyi di sela-sela sayuran. Bahkan dalam penelitian tersebut mengatakan.  Ketika sayur kangkung tadi dibersihkan dengan air, masih ada kotoran dari cacing yang menempel.

Oleh karenanya diperlukan satu tahapan lagi supaya sayur kangkung benar-benar aman untuk dimasak. Dengan langkah yang sama dengan sayur lainnya, siapkan air yang bersih dan berilah 1-2 sendok makan garam yang ada di dapur. Kemudian aduklah hingga merata dan larut.

Kemudian rendamlah kangkung di dalam larutan tadi kemudian tunggu untuk beberapa saat. Kemudian tiriskan kangkung tersebut. Fungsi dari air garam yang digunakan untuk merendam kangkung tadi adalah mematikan serangga. Selain itu juga melarutkan kotoran yang melekat pada kangkung tersebut.

2. Selalu Menggunakan Pembersih Botol Khusus untuk Botol Pada Bayi

Botol bayi.
Botol bayi (httphealthland.time.com)

Kebiasaan membersihkan dengan sabun khusus ini perlu dilakukan. Mengingat bayi masih merupakan suatu hal yang sensitif dan membutuhkan satu perawatan khusus. Tidak ubahnya dengan botol pada bayi juga memerlukan pembersih khusus.

Yang harus dilakukan adalah bersihkan terlebih dahulu botol dengan menggunakan air hangat dan menggunakan sabun. Kemudian lanjutkan dengan menggunakan sabun pembersih khusus untuk membersihkan bagian dalam dan luar dari botol tersebut.

Apabila Anda menemukan sudah terjadi perubahan warna yang terjadi di botol bayi, maka sebaiknya diganti dengan menggunakan botol yang baru karena perubahan warna ini biasanya terjadi penumpukan lemak susu akibat dari pembilasan yang kurang maksimal.

Pastikan saat pembilasan tidak ada sabun pembersih khusus tersebut yang tertinggal di dalam. Kemudian botol biarkan dalam keadaan benar-benar kering sebelum digunakan atau disimpan dahulu di lemari es.

3. Melakukan Penjemuran dan Penyedotan Pada Debu  yang Ada di Atas Kasur

Apabila Anda di waktu bangun tidur mengalami gatal-gatal, kadang penyebabnya adalah kasur yang sudah waktunya untuk di jemur. Lakukan kegiatan penjemuran maksimal 2 minggu sekali agar kebersihan dan kesehatan selalu terjaga.

Namun apabila Anda merasa bahwa menjemur kasur ternyata tidak cukup untuk menjaga kebersihan, maka lakukan kegiatan penyedotan permukaan kasur tersebut. Hal ini dilakukan mengingat residu yang ditinggalkan oleh kuman dan kutu tidak akan dapat hilang dengan mudah hanya melakukan penjemuran.

Sebelum melakukan penyedotan, lakukan dahulu menabur secara tipis-tipis baking soda pada permukaan kasur. Kemudian diamkan selama 10 menit. Sesudahnya, lakukanlah penyedotan dengan menggunakan alat penyedot debu pada umumnya.

Namun apabila di rumah Anda memiliki alat steamer genggam maka gunakanlah. Pakailah alat tersebut agar kasur bersih secara tuntas dan kembali nyaman untuk digunakan beristirahat di malam hari.

Dengan demikian perilaku hidup bersih dan sehat dapat terpenuhi sehingga Anda akan merasakan kenyamanan saat akan melakukan istirahat. Selain itu juga dengan melakukan perilaku membiasakan menjemur dan penyedotan ini akan membuat umur kasur lebih awet dan tahan lama.

4. Selalu Bersihkan Peralatan Makan Pada Bayi dengan Alat Sterilizer

Pada dasarnya perilaku ini dianjurkan untuk menjaga agar pola hidup bersih dan sehat selalu terjaga. Untuk peralatan makanan biasanya ada yang disebut dengan danger zone atau daerah gawat. Hal ini terjadi karena kuman dan bakteri dapat berkembang biak dengan optimal pada suhu 5-70 derajat celcius.

Namun hal lain yang harus diingat juga, apabila semakin memanaskan alat makanan maka yang terjadi justru alat makan tersebut akan menghasilkan kandungan-kandungan yang berbahaya. Maka diperlukan alat yang tepat untuk membersihkan peralatan makan tersebut.

Nama alat tersebut adalah sterilisator uap atau sterilisator rebus. Apabila peralatan makanan tersebut telah steril maka hal yang perlu dilakukan adalah mengeringkannya. Dan kemudian simpan pada drying rack yang khusus agar tetap bersih dan terjaga kualitas kesehatan dari peralatan makan tersebut.

Alat Pembersih sterilisator
Alat Pembersih sterilisator (cobradental.co.id)

Mengingat kuman dan bakteri akan berkembang kembali apabila peralatan makan tersebut ditaruh di suhu yang lembab. Jangan lupa untuk mencucinya dahulu sebelum digunakan untuk terhindar dari debu dan memastikan kebersihannya.

5. Selalu Cuci Papan Potong Setelah Digunakan untuk Mencincang Pada Daging

Pasti banyak diantara Anda yang menyukai dengan daging. Entah daging tersebut dimasak ataupun direbus. Namun apakah Anda ingat bagaimana keadaan papan potong tersebut saat Anda menggunakannya.

Apakah dalam kondisi bersih ataukah masih ada kotoran sisa pemakaian papan potong sebelumnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa untuk daging yang masih mentah dapat meninggalkan bakteri E colli.

Bakteri ini dapat ditemui di papan potong atau alat potong yang digunakan. Patut untuk diketahui bahwa bakteri E colli merupakan bakteri yang dapat menyebabkan kekebalan pada tubuh manusia menjadi turun terhadap dosis obat yang biasa dikonsumsi pada manusia.

Untuk membersihkan papan pemotong ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Yang pertama adalah cucii papan potong dengan menggunakan tangan segera setelah Anda mencucinya dengan larutan air sabun cuci piring. Kemudian tepukan papan potong dengan menggunakan handuk atau lap kering segera setelah dibersihkan.

Kemudian tuangkan cuka ke seluruh bagian permukaan dari papan potong tersebut. Kemudian keringkan dengan handuk atau lap kering. Cara ini dapat dilakukan apabila papan potong daging tersebut terbuat dari plastik atau kayu.

6. Sering Menguras Bak Mandi atau Tempat Penampung Air

Hal ini dilakukan untuk mencegah dan juga memberantas jentik-jentik nyamuk. Seharusnya bisa dilakukan selama satu minggu sekali bisa dengan menguras, menimbun dan juga menutup tempat yang dimungkinkan untuk berkembangnya para nyamuk.

Hal ini juga seharusnya dilakukan sedari dini agar menjadi kebiasaan yang tidak membahayakan baik itu untuk anak maupun orang dewasa karena dengan terjangkitnya DBD juga akan menjadikan sakit yang berkepanjangan.

7. Selalu Penuhi Istirahat yang Cukup

Sejatinya, dengan membiasakan istirahat yang cukup adalah sebuah kunci dalam mendapatkan tubuh dan juga pikiran yang sehat.

Anda juga harus memastikan jam tidur agar terpenuhi dengan cara membiasakan tidur dan juga bangun di waktu yang sama.

Idealnya dari tidur yang cukup adalah minimal 8 jam setiap harinya. Bisa juga dengan menambahkan mandi dengan air hangat, mendengarkan music atau bisa juga dengan membaca buku sebagai aktivitas menjelang tidur yang tentunya sangat membantu tubuh agar bisa beristirahat dengan sehat.

Ketika Anda mengabaikan gaya hidup yang sehat, sama saja Anda sudah menggadaikan kesehatan Anda di masa yang akan datang.

Untuk itu memang harus segera memanfaatkan waktu yang ada tentunya dengan mengubah pola hidup agar menjadi lebih sehat. Begitu banyak penyakit yang bersumber dari pola hidup yang buruk. Pola tersebut diyakini terbentuk karena aktivitas sehari-hari yang dilakukan secara berulang dan menjadi kebiasaan.

Untuk itu, memang sangat penting menjaga agar tetap mempunyai kebiasaan sehari-hari yang dapat dijadikan rangkaian pola hidup yang sehat.

Dengan menerapkan pola hidup sehat yang cermat dan juga terencana dengan baik tentunya didasari dengan kesadaran diri sendiri akan pentingnya tetap menjaga kesehatan tubuh agar dapat menjauhkan diri dari berbagai kebiasaan buruk yang bisa saja mengundang penyakit.

Dengan menjadikan pola hidup sehat merupakan sebagian dari kehidupan yang dapat mendatangkan berbagai manfaat dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu, memang harus membiasakan diri mulai dari sekarang untuk bisa merencanakan pola hidup yang sehat dari sejak dini.

8. Selalu Mengontrol Aktivitas Fisik

Bandingkan, orang yang rutin berolahraga dengan orang yang sehari-harinya beraktivitas dengan didominasi duduk untuk mengetik didepan layar komputer selama sepanjang hari dan kurang aktif dalam bergerak.

Sebenarnya para pakar sudah merekomendasikan untuk Anda berolahraga dengan minimal durasi 75 menit untuk setiap minggu dan terus bergerak aktif dalam rangka mengencangkan otot dalam waktu setidaknya dua hari dalam satu minggu.

Anda juga bebas memilih kegiatan yang menyenangkan sebagai pilihan aktivitas fisik yang sekaligus menyehatkan seperti jogging misalnya.

9. Biasakan Mencatat Makanan yang Sudah Dikonsumsi

Ini sangat bisa dilakukan ketika mempunyai masalah pada berat badan atau mempunyai kebiasaan pola makan yang sebenarnya tidak sehat.

Sehingga Anda sangat perlu mendata semua makanan yang akan dikonsumsi dari hari ke hari. Tentu saja catatan tersebut akan sangat bermanfaat sebagai penyadar diri dan bisa juga digunakan sebagai pengingat untuk mengurangi agar bisa menjaga tubuh untuk tetap sehat dan lebih sehat.

10. Mulai Membiasakan Membuang Sampah Pada Tempatnya

Salah satu perilaku yang dapat dilakukan untuk membiasakan pola hidup yang bersih dan sehat adalah dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Selain merupakan sifat yang sangat terpuji, membuang sampah juga dapat mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang. Mengingat sampah merupakan sumber dari penyakit yang bisa menyerang siapa saja.

11. Mulai Mengkonsumsi Makanan yang Sehat Dan Bergizi

Anda sebaiknya mengganti kata-kata sugesti dari “saya harus” menjadi “saya memilih” untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan mempunyai gizi yang cukup tinggi, seperti contohnya sayur dan buah yang dikonsumsi secara teratur.

Hal ini tentunya dapat merefleksikan kesadaran untuk tetap menerapkan pola hidup sehat apalagi jika mengetahui manfaat dan juga resiko ketika tidak menerapkan pola hidup yang sehat.

Sebenarnya bukan sebuah keterpaksaan atau malah mengikuti tren. Sejatinya mengolah makanan sendiri memang menjadi salah satu solusi agar bisa menjaga kesehatan dan juga kebersihan dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

 

Cara Hidup Sehat Dengan Pasangan

Ketika Anda memilih menjalin hubungan dengan seseorang, itu tandanya Anda bersedia rela berbagi banyak hal dengan pasangan Anda. Seperti yang pernah dikatakan oleh seseorang, menjalin sebuah hubungan harus rela berbagi kesenangan dan kesedihan. Selain baik untuk kesehatan hati Anda, memiliki pasangan juga memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh ataupun pikiran. Berikut ini ada beberapa penjelasan bagaimana suatu hubungan bisa memberikan efek yang menyehatkan bahkan meningkatkan kebahagiaan seseorang.

1. Pernikahan Dapat Menguatkan Tulang Seseorang

Tahukah Anda? Ternyata, pernikahan bisa berdampak baik bagi kesehatan tulang manusia. Pria yang menikah akan memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan seorang pria yang belum menikah. Meskipun demikian, pernikahan tidak akan selalu memiliki dampak yang besar pada kepadatan tulang dalam tubuh wanita. Namun pernikahan yang bahagia itulah yang bisa memberi dampak positif pada kekuatan tulang wanita. Dampak lainnya, kepadatan tulang yang dimiliki oleh wanita bisa memberikan efek positif pada pasangannya untuk memiliki tulang yang sehat juga.

2. Pernikahan Bisa Membuat Jantung Anda Menjadi Lebih Sehat

Ada penelitian yang menyebutkan, dengan menikah kemungkinan terserang penyakit jantung pun menjadi lebih kecil. Pasangan yang menikah, sebanyak 5% memiliki kesempatan yang lebih rendah terserang akit kardiovaskuler. Sedangkan bagi orang yang bercerai kondisi kesehatannya akan lebih terancam. Pasalnya, kebiasaan-kebiasaan buruk bisa saja terjadi sehingga menimbulkan penyakit salah satunya seperti depresi.

3. Pernikahan Yang Tidak Bahagia Dipercaya Bisa Mengancam Kesehatan

Beragam penyakit seperti penyakit jantung, detak jantung cepat hingga stroke bisa menyerang Anda secara tiba-tiba. Oleh karena itu, pilihlah pasangan yang benar-benar baik dan tepat untuk Anda agar Anda bisa selalu dapat merasa dicintai dan bahagia. Pasangan yang tepat tidak hanya membuat Anda bahagia, namun kesehatan pun menjadi lebih terjaga.

4. Sepasang Kekasih Dapat Mengurangi Rasa Stres dengan Berciuman

Ternyata, berciuman bisa mengaktifkan beragam zat di dalam tubuh yang dapat menurunkan kadar stres seseorang. Untuk memberikan kenyamanan yang maksimal, dianjurkan bagi pasangan yang berciuman sambil mendengarkan musik selama 15 menit. Setelah sesi berciuman, kortisol dan hormon stres pada pria dan wanita akan mengalami penurunan. Jadi, dengan berciuman Anda dan pasangan bisa bersama-sama mengurangi rasa stres dan lelah ketika terhimpit begitu banyak tugas selama satu hari.

5. Dukungan Dari Pasangan Bisa Membuat Anda Menjadi Lebih Sukses dalam Karier

Ketika Anda menemukan pasangan yang tepat dan berkomitmen untuk menjalin hubungan serius, ternyata hal tersebut bisa membantu meningkatkan performa kerja menjadi lebih baik lagi. Anda pun akan menjadi lebih bahagia di tempat kerja. Pasangan bisa membantu Anda lebih berhati-hati dalam menuntun perjalanan karier Anda menuju ke arah yang lebih baik. Hal tersebut bisa dimulai dari gaji yang lebih tinggi, promosi dari atasan yang Anda dapatkan lebih banyak dan berbagai hal lainnya yang menuntun Anda meningkatkan performa kerja ke arah yang lebih baik. Kepuasan kerja Anda pun menjadi lebih meningkat. Selain itu, kepribadian pasangan Anda bisa berdampak pada performa kerja Anda supaya menjadi lebih baik dan dapat mempengaruhi kesempatan Anda untuk menuju kesuksesan.

6. Seorang Wanita Akan Lebih Menghargai Tubuhnya Ketika Ia Menjalin Hubungan Dengan Seseorang

Tahukah Anda? Ternyata, seseorang yang menjalani hubungan bahagia dengan pasanganya akan memiliki bentuk tubuh yang lebih baik. Biasanya banyak wanita yang akan menjadi lebih nyaman dan percaya diri apabila berat badannya ideal ataupun terlihat lebih langsing. Wanita dengan berat badan ideal biasanya cenderung lebih nyaman.

7. Pasangan Anda Dapat Membantu Supaya Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Pasangan yang baik dan tepat untuk Anda dapat membantu Anda meninggalkan kebiasaan buruk dan menggantikan kebiasaan dengan cara yang lebih baik dan sehat. Sebanyak 40% pria dan wanita memungkinkan aktivitas fisiknya menjadi lebih meningkat ketika melakukan hal yang sama. Misalnya, jika Anda perokok dan pasangan Anda tidak merokok, secara otomatis Anda juga akan termotivasi untuk mengurangi atau bahkan mungkin berhenti merokok. Apabila pasangan Anda terbiasa hidup sehat, Anda pun bisa mengikutinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *