Saturday , October 24 2020

Cara Hemat Belanja dengan Kartu Kredit

Hemat Belanja

Tidak dapat dipungkiri bahwa kartu kredit bisa memudahkan transaksi pembayaran ketika Anda berbelanja, baik itu di pusat perbelanjaan maupun di toko online.

Namun, selain menjadi keuntungan, kemudahan tersebut kadang menjadi salah satu penyebab perilaku konsumtif di kalangan pengguna kartu kredit. Yang tadinya ingin berhemat tanpa mengeluarkan uang tunai, justru menjadi kebobolan karena tagihan kartu kredit yang membesar setiap bulan akibat pembelanjaan yang kurang hitungan.

Agar tagihan tidak membengkak dan limit kartu kredit tidak berlebih, cermati empat cara hemat belanja dengan kartu kredit di bawah ini.

1. Buat anggaran belanja tiap bulan dan tentukan limit kartu kredit sesuai anggaran yang telah dibuat

Dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan kartu kredit, Anda memang bisa membeli barang yang diinginkan kapan pun dan di mana pun. Namun, kemudahan tersebut harusnya tidak membuat Anda merasa bebas menghabiskan limit kartu kredit dengan sering berbelanja. Sebaliknya, kartu kredit harus dianggap sebagai media yang bisa turut mengatur pengelolaan keuangan Anda.

Karena setiap kartu kredit memiliki limit, Anda harus menentukan limit yang jumlahnya tidak terlampau jauh dengan rencana pengeluaran Anda setiap bulan. Buatlah anggaran belanja untuk kebutuhan bulanan Anda, lalu sesuaikan limit kartu kredit dengan anggaran tersebut. Jika Anda menganggarkan pengeluaran untuk belanja bulanan sebesar Rp2.500.000, maka limit kartu kredit yang paling sesuai bagi Anda adalah Rp3.000.000.

Atur pengeluaran bulanan berdasarkan anggaran yang telah dibuat dan limit yang telah ditentukan. Cara ini efektif untuk menghindarkan Anda dari biaya tambahan seperti biaya bunga cicilan dan biaya kelebihan pemakaian. Dengan begitu, Anda bisa lebih berhemat saat membayar tagihan kartu kredit Anda.

2. Berbelanja di supermarket yang telah bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit

Bank yang telah menerbitkan kartu kredit biasanya akan bekerja sama dengan supermarket atau pusat perbelanjaan lain untuk menyediakan promo khusus maupun potongan harga bagi nasabah. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan berbelanja di supermarket-supermarket terpilih.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berbelanja di supermarket mitra bank adalah promo cash back dan diskon untuk produk-produk tertentu. Anda pun memiliki kesempatan untuk mengumpulkan poin reward yang bisa ditukarkan dengan potongan harga atau voucher belanja jika sudah mencapai nilai yang telah ditentukan.

Di samping itu, ada pula supermarket yang memberikan hadiah langsung jika Anda membayar dengan menggunakan kartu kredit. Keuntungan yang ditawarkan ini tentu akan membuat pengeluaran belanja Anda menjadi lebih hemat.

3. Jika ingin berbelanja di toko online, pilihlah toko yang terpercaya dan menawarkan keuntungan untuk pengguna kartu kredit

Kartu kredit memang sangat memudahkan Anda saat belanja online. Hanya dengan memasukkan nomor kartu kredit dan menentukan nominal uang yang harus dibayarkan, transaksi online untuk barang yang Anda inginkan akan segera diproses. Dengan kartu kredit, Anda juga bisa memesan barang dari toko online luar negeri.

Dari sekian kemudahan yang ditawarkan, jangan lupa untuk selalu mencari cara hemat belanja dengan kartu kredit, termasuk saat Anda menggunakannya untuk belanja online. Agar Anda bisa lebih berhemat saat berbelanja, pilihlah toko online yang benar-benar terpercaya dan cermati pula layanan serta kebijakan yang ditawarkan.

Memilih berbelanja di toko online yang menawarkan layanan pengiriman gratis adalah keputusan yang bijak. Untuk lebih menghemat pengeluaran belanja,  Anda pun bisa mencari tahu apakah ada toko online khusus yang bermitra dengan bank penerbit kartu kredit. Jika ada, manfaatkan pula fasilitas tersebut untuk mendapatkan diskon saat berbelanja barang-barang yang Anda butuhkan.

4. Batasi penggunaan kartu kredit untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu mendesak

Kartu kredit idealnya digunakan hanya dalam keadaan mendesak. Jika Anda ingin membeli suatu barang yang masih bisa dibayar dengan menggunakan uang tunai, lebih baik Anda menyimpan kartu kredit untuk kebutuhan lain. Hal ini penting dilakukan untuk menekan tagihan kartu kredit serta menghindari biaya cicilan yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Itulah beberapa cara hemat belanja dengan kartu kredit yang bisa Anda jadikan pedoman untuk mengelola pengeluaran belanja. Jangan lupa untuk mengatur tagihan kartu kredit secara bijak agar Anda tetap bisa merasakan keuntungan dan kenyamanan saat menggunakan kartu kredit.

About Bas