Bagaimana Cara Pikiran Bisa Fokus Belajar?

Cara Fokus Belajar

Pelajar dan mahasiswa memang erat kaitannya dengan kata kerja ‘belajar’. Meski demikian, tak menutup kemungkinan juga mereka yang sudah tua juga tetap belajar. Belajar membuat siapa saja menjadi lebih pintar di sekolah, mendapatkan wawasan baru, hingga mendapatkan nilai yang lebih baik di kelas saat ujian dalam pendidikan.

Setiap orang memiliki cara belajar masing-masing. Ada yang nyaman dengan belajar berkelompok, ada juga yang lebih fokus jika belajar sendiri.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk fokus dalam belajar.

1. Ciptakan Ruangan Kondusif

Penting halnya untuk menciptakan suasana ruang yang kondusif dalam kegiatan belajar, baik itu untuk belajar berkelompok maupun belajar secara individu. Dengan suasana ruang yang sedemikian, otak lebih bisa berkonsentrasi sehingga lebih mudah dalam memahami materi baru.

Menciptakan ruang belajar yang kondusif
Menciptakan ruang belajar yang kondusif (images.unsplash.com)

Kamu bisa menciptakan ruangan kondusif ini dengan belajar di ruang yang tidak terlalu ramai, ruangan bersih, dan aksesnya dekat dengan hal-hal yang Anda butuhkan, toilet misalnya. Ruangan yang kondusif terbukti bisa menenangkan pikiran agar tetap  bisa fokus belajar.

2. Mengefektifkan Jam Belajar

Jam belajar juga dinilai cukup penting untuk bisa belajar dengan fokus maksimal. Setelah menentukan waktu yang tepat untuk belajar, Anda bisa membuat durasi belajar supaya otak kamu mampu bekerja secara maksimal.

Jam belajar di masyarakat umumnya pada sekitar jam enam sampai delapan malam, namun Anda tetap bisa menentukan aktivitas belajar di jam lain sesukamu. Jangan sampai kamu memaksa otak berpikir terlalu lama karena nantinya bisa sia-sia saja. Beri pikiran kalian untuk belajar selama dua atau tiga jam saja.

Jika belum cukup, Kamu bisa beristirahat sejenak dan melanjutkan lagi aktivitas belajar. Ya, pokoknya jangan sampai kalian membuat otak luu kelelahan.

3. Tempat Belajar yang Rapi

Mirip dengan poin pertama pada artikel ini, untuk bisa fokus saat belajar kamu akan membutuhkan situasi sekitar yang baik. Kamu bisa mencerminkan hal ini dengan rapinya meja belajar yang agan gunakan.

Dengan meja belajar yang rapi, tersusun, dan bersih, kamu bisa lebih berkonsentrasi daripada belajar di meja yang berantakan dan tidak rapi.

4. Istirahat di Sela Belajar

Salah satu alasan mengapa kamu tidak bisa meningkatkan fokus saat belajar adalah karena otak yang kelelahan. Dengan otak yang kondisinya lelah, belajar menjadi kurang maksimal, dan bahkan menjadi sia-sia saja.

Jika You berencana menghabiskan waktu seharian untuk belajar, jangan lupa untuk menyelakan istirahat diantaranya. Kamu bisa melakukan istirahat selama beberapa menit sampai setengah jam untuk bisa menghilangkan ketegangan pada saraf otak.

Lalu dengan apa istirahat belajar ini diisi? Kamu bisa memakan camilan jika Anda merasa lapar, Kamu bisa pergi ke toilet, mengecek handphone, dan kegiatan lain yang tidak membutuhkan otak berkonsentrasi lebih.

5. Perhatikan Kondisi Perut

Di samping empat poin di atas, ada poin lainnya yang cukup penting untuk dilakukan. Supaya bisa tetap fokus saat belajar, You perlu memastikan perutmu memiliki kondisi yang baik. Disarankan untuk tidak belajar dalam kondisi perut lapar atau terlalu kenyang.

Camilan saat belajar
Camilan saat belajar (images.unsplash.com)

Perut yang lapar hanya akan membuat kalian tidak fokus untuk makan saja saat belajar. Sedangkan perut yang terlalu kenyang hanya akan memberikan kamu rasa ngantuk dan mungkin malas untuk berpikir. Oleh karena itu, pastikan perutmu tidak lapar dan tidak terlalu kenyang saat belajar.

Meski demikian, tak menutup kemungkinan untuk menyiapkan cemilan saat belajar untuk menghilangkan kebosanan dan mengatasi rasa ngantuk.

6. Posisi Duduk yang Nyaman

Bagaimana posisi duduk yang benar supaya bisa fokus saat belajar? Jawabannya adalah dengan duduk lesehan atau duduk di kursi yang tingginya cukup untuk kaki kamu dan duduk dengan punggung lurus.

Jangan belajar dengan punggung yang bungkuk, karena selain tidak baik untuk kesehatan tulang posisi ini juga kurang bisa membuat kamu berkonsentrasi.

7. Jauhkan Gadget

Gadget dianggap menjadi faktor paling besar dalam gagalnya menghadirkan sikap fokus.

Seperti sudah kita pahami jika jaman sekarang ini semua orang tidak bisa lepas dari gadget mereka. Hampir sebagian besar waktu dihabiskan bersama smartphone mereka. Mulai dari bermain game, media sosial dll. Banyak orang mengakui bahwa dengan adanya hp di sekitar mereka akan cenderung sering mengecek handphone dan akhirnya meninggalkan aktivitas belajar.

Apalagi jika saat ini kamu sedang pacaran, atau bahkan baru putus dari pacar dan ingin move on hehee? Tahu sendiri kan anak pacaran, sedikit sedikit buka hp hanya untuk melihat pesan di hp ataupun hanya sebatas memantau status pacar kamu di media sosial. Lalu bagaimana cara fokus belajar tanpa memikirkan pacaran?

Supaya belajar kamu lebih fokus dan bisa berkonsentrasi maksimal pada apa yang akan di pelajari, sementara jauhkanlah handphone dari jangkauan ruang belajar kamu. Kamu juga bisa mematikan handphone supaya tidak ketagihan untuk membukanya. Tapi jangan lupa ya, kasih tahu si Doi jika kamu sedang fokus untuk belajar dan sementara waktu.

8. Pelajari Hal yang Anda Suka Terlebih Dahulu

Tips ini terbukti bisa membuat orang lebih cepat fokus dalam belajar. Misalnya saja, dalam satu buku Biologi ada bab tentang sel, anatomi manusia, taksonomi, dan lainnya. Disini misalnya saja Kamu lebih menyukai tentang anatomi manusia, maka kamu bisa memilih abb ini untuk dipelajari terlebih dahulu.

Dengan mempelajari apa yang kamu suka di awal, rasa ingin mengetahui lebih dalam pun akan muncul dan kamu pun bisa fokus mempelajari abb selanjutnya.

Delapan cara mendapatkan fokus saat belajar di atas cukup mudah dilakukan, bagian terpenting adalah lebih baik belajar sebentar tetapi fokus daripada belajar lama tetapi tidak fokus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *