Mengajarkan disiplin pada anak tidak perlu dengan suara tinggi kok. Anak-anak ya tetap anak-anak yang ingin bermain dan belum bisa mengontrol emosi. Tugas kitalah mengajarkan dan memberi contoh apa yang namanya disiplin itu.

Ada 6 cara efektif untuk mengajarkan disiplin pada buah hati kita

1. Ucapkan Dengan Jelas Dan Spesifik

Saat mengajarkan anak disiplin, ucapkan peraturan dengan jelas dan spesifik apa yang kita harapkan dari mereka dan spesifik apa yang kita harapkan dari dia selesaikan. Ajari peraturan yang kita terapkan dan beri batasan sampai sejauh mana ia akan mendapat hukuman jika melanggar peraturan tersebut. Lakukan dengan suara yang tenang bukan dengan nada marah. Puji mereka jika mereka mampu memenuhi semua peraturan yang ada. Peraturan pada setiap anak berbeda, peraturan untuk anak usia dua tahun tentu saja berbeda dengan anak usia lima tahun. Jadi, sesuaikan dengan usia mereka dan kemampuan mereka.

2. Konsisten

Jangan berubah-ubah jika berbicara dengan anak kita apalagi jika berhubungan dengan disiplin. Ucapkan apa yang ingin kamu ucapkan dan tepati itu. Saat kita mengatakan akan ada hukuman jika dia melanggar, maka sungguh-sunggulah melakukannya. Hal yang sama juga dilakukan jika kita berjanji akan memberi hadiah saat mereka mentaati peraturan.

3. Berikan Cinta Tanpa Syarat

Berikan disiplin dengan cinta bukan seperti diktator. Jangan gunakan kekerasan karena nanti saat dewasa ia akan meniru apa yang kita lakukan pada orang lain juga. Tunjukkan bahwa disiplin yang diterapkan untuknya bertujuan untuk membuat dia jadi individu yang lebih baik saat mereka dewasa nanti.

4. Harus Berani

Yakinlah apa yang kita lakukan untuk anak. Yakin kalau peraturan yang kita terapkan bagi mereka adalah untuk kebaikan mereka juga saat dewasa nanti. Jangan khawatir mereka tidak akan mencintai kita lagi. Saat dewasa nanti, mereka akan sadar hal ini.