Internet dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya merupakan sarana promosi secara online yang efektif, efisien, dan hemat. Melalui media ini Anda dapat menjangkau pasar di Indonesia dan di seluruh dunia, tanpa batas waktu sehingga Anda punya waktu promosi 24 jam dalam sehari. Banyak sekali cara yang Anda gunakan untuk mendatangkan pelanggan via internet.

Berikut ini adalah 7 cara efektif untuk mendatangkan pelanggan via internet, yaitu:

1. Promosi Online Lewat Blog

Blog merupakan salah satu website yang pada awalnya digunakan sebagai diari online. Dalam perkembangannya, blog digunakan sebagai situs berita, situs toko online, atau representasi diri kita di dunia maya. Blog adalah alat promosi yang ampuh, karena blog dapat dihubungkan dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, setiap kali Anda menuliskan artikel di blog, teman-teman Anda di media sosial akan dikabari, judul artikel Anda akan muncul di media sosial tersebut.

Contoh blog yang bisa Anda gunakan untuk media promosi adalah: blogger, https://blogger.com, WordPress, https://wordpress.com. Untuk membuat blog Anda hanya perlu alamat email, dan kesungguhan merawat blog dengan rutin menulis setiap hari di blog.

2. Promosi Online Via Facebook

Facebook merupakan salah satu jejaring social yang sangat populer di berbagai kalangan. Jumlah penggunannya dari hari ke hari semakin bertambah banyak. Keunggulan Facebook adalah mudah diakses dari berbagai media (smartphone, tablet, warnet), tampilan layout yg menarik, terdapat fasilitas album foto, chatting, terdapat menu untuk jual beli, dan lain sebagainya.  Facebook efektif digunakan sebagai lapak berjualan, media promosi, mencari teman lama atau sekedar perpanjangan teman nyata di dunia maya.

3. Promosi Online Via Kaskus

Salah satu forum terbesar di internet adalah kaskus, dan forum lainnya adalah adsense, http://adsense-id.com. Pada forum ini Anda dapat belajar bersama, berbagi informasi, berpromosi atau berjualan online, memperkenalkan blog, dan lain sebagainya.

4. Promosi Online Via Newsletter

Newsletter pada prinsipnya merupakan layanan langganan berita (informasi) yang didistribusikan melalui e-mail. Dari pemilik toko online, komunitas (pengelola newsletter) kepada para pelanggan atau para calon pelanggan. Mereka bersedia menjadi pelanggan newsletter karena menganggap setiap informasi yang merek terima adalah sangat berguna bagi mereka. Pengelola newsletter, cukup memberikan form isian yang nantinya jika ada calon pelanggan yang berminat berlangganan, mereka tinggal menuliskan alamat e-mail masing-masing pada form tersebut.

5. Promosi Online Via Review Artikel

Promosi online dengan review artikel adalah dengan memasang sebuah artikel review pada blog orang lain. Anda dapat menulis review artikel pada blog sendiri secara gratis, atau meminta orang lain untuk menuliskan review artikel pada blog mereka dengan kompensasi pembayaran mulai dari 30 ribu s/d 50 ribu. Bahkan lebih, tergantung tingkat kepopuleran blog tersebut. Ribuan freelancer yang dapat menuliskan review tersebut dapat kamu temukan di situs sribulancer.com, alamatnya http://sribulancer.com.

6. Promosi Online Via Iklan Baris

Promosi online gratis dapat Anda lakukan via iklan baris. Masukkan kata kunci iklan baris gratis pada kotak pencarian Mbah Google, dan pilihlah alamat iklan baris dari beberapa alamat situs tersebut.

7. Promosi Online Via Twitter

Anda dapat menuliskan 140 karakter pada situs Twitter, setiap follower Anda akan melihat apa yang Anda tuliskan dalam update status tersebut. Semangat berbagi informasi merupakan kunci keberhasilan Anda pada media social. Tulislah informasi yang berguna dan inspiratif pada update status Twittermu, jangan menuliskan sampah ya.