Saturday , October 24 2020

Cara dan Manfaat Permainan Scrabble Untuk Anak

Anak yang sudah mengenal huruf pasti senang bermain scrabble. Permainan scarbble adalah permainan mengutak-atik huruf menjadi sebuah kata. Scrabble dapat dimainkan oleh 2-4 orang. Tujuan permainan ini adalah mengumpulkan point berdasarkan nilai kata yang tertulis dari setiap huruf yang ada di keeping scrabble.

Keping scrabble, berbentuk kotak segi empat dan bertuliskan sebuah huruf vocal (a,I,u,e,o) atau konsonan (b,c, d, f, g,h,j,k,l,m,n, p, q,r,s,t,v,w,x,y,x).

Pemain boleh mengambil kepingan huruf paling banyak tujuh buah dari kumpulan huruf yang tersedia. Kemudian, pemain harus menyusun huruf-huruf tersebut menjadi kata-kata sederhana secara mendatar atau menurun, seperti pada kolom teka-teki silang.

Kata-kata yang disusun harus sesuai dengan kata-kata yang diperbolehkan dalam kamus scrabel. Pemenangnya adalah pemain yang mengumpulkan kata-kata terbanyak. Baik dalam bahasa Indonesia, maupun dalam bahasa Inggris, tetapi tidak dalam bahasa Tarzan.

Cara Bermain Scrabble :

  1. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih. Dampingi anak atau undang teman-temannya untuk bermain scrabble bersama anak Anda.
  2. Mulailah bermain sesuai giliran yang ditentukan.
  3. Buatlah keeping-keping huruf itu menjadi satu kata yang mengandung arti , misalnya: makanan (roti).
  4. Teruslah bermain sampai papan bermain menjadi penuh.
  5. Hitung skor setiap pemain pada akhir permainan, dan pemenangnya adalah pemain yang berhasil menyusun kata-kata terbanyak.

Untuk memperkaya kosa-kata anak-anak Anda, bacakan ia buku cerita, atau bangkitkan minat baca anak Anda. Dengan demikian ia terampil menyusun keping-keping scrabble menjadi sebuah kata yang mengandung arti.

Manfaat Permainan Scrabble Untuk Anak :

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif (mengetahui secara teoritis), atau kemampuan mengetahui dan mengingat kata ketika mereka bermain.
  2. Meningkatkan kemampuan motorik yaitu kemampuan mengkoordinasikan tangan dan otak untuk menyusun kata-kata sederhana.
  3. Meningkatkan logika berpikir anak untuk menyusun kata-kata sederhana.
  4. Meningkatkan kreativitas anak dalam menyusun kata-kata baru sesuai kepingan kata yang tersedia.
  5. Meningkatkan kemampuan emosional dan sosial anak, ketika mereka tak dapat menyusun kata-kata mereka akan langsung bertanya kepada teman-temannya.
  6. Meningkatkan daya imajinasi dalam menemukan kata-kata baru.
  7. Meningkatkan kemampuan visual alam anak menangkap warna dan bentuk keeping-kepingan huruf scrabble.

About Bas